Pertukangan KayuTips & Trik

Tips Membersihkan Lem dari Permukaan Kayu

Tips membersihkan permukaan kayu dari Lem agar bersih dan tetap menjaga kualitas kayu. Sering dijumpai Lem yang menempel di permukaan kayu dan mengendap cukup lama menyebabkan noda lem sulit dibersihkan.

Pada umumnya untuk membersihkan Lem tersebut dari permukaan kayu diperlukan tenaga ekstra dengan menggosok dengan amplas. Namun cara ini jika tidak hati-hati akan merusak permukaan kayu.

Tips Membersihkan permukaan kayu dari Lem

Cara berikut dapat dipraktekkan untuk membersihkan permukaan kayu dari lem dan noda lainnya tanpa merusak permukaan kayu.

Cuka(Vinegar).

Menggunakan cuka pada lap atau kain adalah salah satu cara untuk menghilangkan lem dan residunya dari permukaan kayu. Cuka adalah bahan kimia tidak beracun umum dimiliki di dapur. Bahan kimia ini akan menghilangkan epoksi dan banyak jenis lem lainnya. Rendam lap atau kain dalam mangkuk yang berisi sekitar setengah cangkir cuka. Kemudian peras kain, kemudian mulai menyeka permukaan kayu dengan lap atau kain yang sudah direndam cuka.

Baca Juga:  Memasang HPL Dinding, Berikut Ini Panduannya

Mayones.

Mengoleskan mayones ke titik lem yang menempel dipermukaan kayu. Biarkan mayones sekitar lima menit, lalu bersihkan dengan lap atau handuk bersih. Oleskan kembali mayones dan biarkan lebih lama untuk tempat-tempat lem yang sulit.

Heat Gun.

Dapat digunakan dengan salah satu metode penghapusan lem di atas untuk mempercepat proses. Aplikasikan heat gun selama sekitar dua menit sekaligus untuk membantu melelehkan lem. Setelah itu segera gosok perlahan dengan kain.

Tiga tips diatas dapat diaplikasikan ke-berbagai macam permukaan kayu. Dengan tidak menggunakan amplas untuk membersihkan noda Lem dari permukaan kayu, maka permukaan kayu tetap terjaga dari goresan sehingga tidak perlu melapisi bagian yang tergores dengan politer atau cat transparan.

Baca Juga:  Cara Menghitung Biaya Produksi Pintu Kayu

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami