Pertukangan Kayu

Megenal Gergaji Scroll Saw dan Cara Penggunaannya

Tipe gergaji Scroll Saw dan Cara Menggunakannya

Megenal Gergaji Scroll Saw dan Cara Penggunaannya. Gergaji Scroll saw merupakan gergaji yang mempunyai kinerja dengan sistem menggerakkan mata pisau naik turun. Sroll saw hampir sama kinerjanya seperti jigsaw, hanya bedanya jika jigsaw kita yang bergerak menggerakkan mesin untuk membentuk pola, scroll saw materialnya yang akan kita potong yang kita gerakkan membentuk pola.

Scroll Saw biasanya bersifat stand alone, artinya mesinnya berdiri atau diletakkan diatas meja tumpuan mesin. Scroll saw mempunyai mata gergaji yang sangat tipis dan kecil. Gergaji scroll Saw biasanya dibuat untuk memotong pola yang rumit yang tidak bisa dikerjakan oleh gergaji jigsaw serta membutuhkan ketelitian tinggi.

Material yang bisa dipotong dengan menggunakan mesin gergaji scroll saw adalah MDF, kayu, plywood, akrilik, partikel board. Merek scroll saw yang beredar dipasar cukup banyak, diantaranya merk makita, dewal, namun yang paling favorit biasanya merek china yang lebih murah.

cara menggunakan mesin gergaji scroll saw
cara menggunakan gergaji scroll saw dalam membuat pola

Cara menggunakan Mesin Scroll Saw:

  • Petama membuat pola gambar yang akan dipotong, bisa juga menggunakan kertas yang sudah diprint polanya kemudian di lem dengan lem kertas diatas bidang yang hendak dipotong.
  • Buat lubang bantuan (pilot hole) dari bor untuk memasukkan bilang gergajinya yang kecil. Atau jika tidak memerlukan lubang atau memotong pola bagian luar bisa langsung di potong.
  • Pastikan gerakan tangan stabil dan tekanannya tepat, jangan terlalu cepat karena bisa mengakibatkan mata gergaji putus, tapi juga jangan terlalu lambat.
  • Pastikan kekuatan bentang mata gergajinya pas, tidak terlalu kendor.
  • Gunakan masker dan kaca mata untuk melindungi dari debu.

Merek Gergaji Scroll Saw yang Bagus

Scrollsaw memiliki fitur unggulan yaitu ketelitian dan akurasi potongan. Oleh karena itu jika kita menginginkan hasil berkualitas dengan daya tahan yang tinggi harus memilih merek yang memang terkenal pada kualitas dan akurasinya.

Ada banyak jenis merek yang beredar, namun ada beberapa merek yang bisa menjadi pertimbangan yaitu:

  • Makita
  • WEN
  • Portercable
  • Dewalt
  • Delta

Merek-merek tersebut sudah sangat teruji dan banyak digunakan oleh profesional di seluruh dunia. Namundipasaran juga ada beberapa merek dengan harga terjangkau dan cukup bagus. Diantaranya:

  • Ryu
  • Wipro

 

Perbedaan Sroll Saw dengan Band Saw

Scroll saw, pada pandangan pertama, terlihat seperti versi miniatur gergaji pita (Bandsaw) – kedua mesin memiliki bilah tipis yang melewati meja kerja. Namun, tidak seperti gergaji pita, gergaji gulir mengeluarkan bahan menggunakan gerakan bolak-balik. Mesin ini sering dikatakan mirip dengan mesin jahit dalam cara lengan menggerakkan mata gergaji ke atas dan ke bawah pada kebanyakan model.

Gergaji pita, di sisi lain, bekerja dengan melewatkan bilah panjang tipis ke meja kerja dalam satu arah. Gerakan bolak-balik gergaji pita dan bilah yang lebih kecil yang digunakan semuanya berkontribusi pada hasil akhir yang mulus pada tepi yang berbentuk, sehingga dalam banyak kasus tidak diperlukan pengamplasan tambahan.

Gergaji pita, dengan ketinggian yang dapat disesuaikan, sangat cocok untuk memotong balok dan papan. Mereka juga dapat mengiris papan yang sejajar dengan bidang permukaannya, dalam proses yang disebut ‘resawing’.

Gergaji gulir juga mampu memotong balok kayu yang lebih tebal, meskipun bilahnya tampak rapuh. Tidak seperti gergaji pita, gergaji gulir umumnya bekerja dengan ketinggian tetap (‘ketebalan potongan’ dari gergaji gulir) yang menentukan ketebalan maksimum bahan yang dapat Anda bentuk dengan mesin Anda.

 

Kata Kunci:

gergaji scroll rakitan,mesin scroll saw,fungsi scroll saw,cara membuat mesin scroll saw,jenis mata gergaji scroll saw,scroll saw rakitan,cara memasang mata gergaji scroll saw,cara menggunakan scroll saw,Mesin scroll saw terbaik,mengenal scroll saw

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker