Pertukangan Kayu

Memilih Mesin Serut Kayu yang Bagus, Berikut ini Panduannya!

Tips Memilih Mesin Serut yang bagus

Memilih Mesin Serut Kayu yang Bagus. Sebelum  kami memberikan tips memilih mesin serut kayu yang bagus, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu mesin serut kayu atau yang biasa kalian sebut mesin ketam. Mesin serut kayu merupakan sebuah alat modern yang dapat menghaluskan permukaan kayu dengan cepat dan rapih.

Dalam penggunaanya tidak perlu keahlian khusus, tidak seperti mesin serut sebelumnya yaitu mesin serut kayu manual yang memerlukan keahlian khusus untuk menggunakannya. Namun untuk pengguna baru hanya perlu sedikit adaptasi dalam menggunakan mesin serut kayu ini.

Ada banyak nama penyebutan dalam mesin serut kayu yang sebenarnya sama saja. Alat ini biasa disebut juga mesin pasah kayu, planer, dan ketam. Dan tentunya juga mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Secara umum mesin serut kayu berguna sebagai finishing dari hasil pembuatan kreasi kayu. Baik itu bangku, meja, dan berbagai jenis furniture yang lain.

Pada dasarnya mesin serut kayu adalah alat perkakas listrik yang wajib dimiliki oleh para pengrajin kayu. Agar hasil pekerjaan menjadi optimal diperlukan ketam atau serut kayu untuk menghaluskan permukaan pada kayu. Oleh sebab itu tidak bisa sembarangan dalam memilih mesin serut kayu yang bagus. Selain itu carilah tempat yang Penjualan mesin dan peralatan teknik yang bagus dan terpercaya.

Baca Juga:  Pintu Kayu Kurang Panjang? Begini Cara Menambah Panjang Pintu

 

Tips Memilih Mesin Serut Kayu (Planer)

Berukut ini poin-poin sebelum membeli mesin planer, antara lain:

  • Pilih produk dengan pengaturan ketebalan sesuai kebutuhan

Saat memilih mesin serut kayu, penting untuk memastikan apakah kedalaman serutan pada penyerutan kayu bisa digunakan maksimal dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika kalian mendapati balok kayu yang banyak sekali gundukan. Jika menemukan masalah ini, mau tidak mau kalian harus menggunakan pengaturan serutan yang lebih dalam.

Kalian akan membutuhkan waktu yang lebih banyak jika pengaturan maksimal serutan tidak memadai. Karna banyak di jual dipasaran mesin ketam atau serut kayu yang kedalaman ketam serutannya hanya  1 mm, sehingga akan membuat pekerjaan menjadi lebih lama. Maka pilihlah produk mesin serut dengan ketebalan dikisaran 2mm agar bisa mengatasi masalah ini.

  • Pilih Produk Dengan Mata Pisau yang Bisa di Asah kembali
Baca Juga:  Panduan Menggunakan Mesin Router dan Profile untuk Pemula Agar Aman

Ketika menggunakan mesin serut dengan daya pakai yang rutin, maka semakin sering digunakan membuat mata pisau pada mesin serut kayu akan semakin tumpul. Oleh karena itu mata pisau pada mesin serut kayu baiknya bisa diasah agar kembali tajam. Akan tetapi bila kalian baru pertama kali menggunakan mesin serut kayu jarang mengetahui perihal ini.

Mata pisau mesin serut kayu yang banyak beredar dipasaran terdapat berbagai jenis, yaitu SKH, HSS dan TCT. Kebanyakan untuk jenis mata planer TCT dan HSS ini bisa diasah, hanya saja untuk tipe TCT lebih tajam. Untuk mengasah pisau ini diperlukan batu diamond asah dan tidak bisa diasah dengan batu gerinda biasa.

Ada sebagian produk dipasaran yang hanya bisa menggunakan satu jenis mata pisau. Yaitu mesin serut yang menggunakan mata pisau serut kayu multi. Betuknya lebih tipis dengan dimensi panjang 82.7mm lebar hanya 5.5mm. Dan tentunya jenis mata pisau seperti ini tidak bisa di asah dan jarang dijual dipasaran. Sedangkan yang umum dipasaran untuk  mata pisau mesin serut kayu dengan tipe SKH, HSS, dan TCT yang mempunyai dimensi 82mmx29mm.

Baca Juga:  Aneka Jenis Sarung Tangan Keamanan ( Safety Gloves) yang Wajib Diketahui

 

  • Pilih Produk dengan dorongan angin lebih besar

Pada hakikatnya mesin serut kayu akan menghasilkan serbuk kayu dalam jumlah yang banyak. Apalagi menggunakan pengaturan serutan maksimal tentunya mengasilkan serutan kotoran kayu dalam serbuk kayu yang lumayan banyak. Berbeda dengan serut kayu manual yang hanya menghasilkan serpihan-serpihan kayu yang tipis dan tidak berbentuk serbuk.

Dorongan angin yang besar dari mesin planer membuat kotoran serbuk kayu dengan mudah dan cepat untuk keluar dan tidak menghambat, membuat kinerja mesin menjadi lebih optimal. Oleh karena itu baiknya kalian pastikan kalian memilih serut kayu dengan RPM yang tinggi dan memiliki spesifikasi dorongan angin yang besar pada moncong keluarnya serbuk kayu.

Dengan memperhatikan poin-poin sebelum membeli mesin serut kayu untuk kebutuhan kalian. Maka tidak akan terjadi kesalahan pada pembelian unit yang membuat kalian menyesal dikemudian hari. Terlebih lagi mesin serut kayu pada dasarnya akan meringankan pekerjaan kalian dalam hal menghalukan permukaan kayu dengan cepat dan tepat.

 

 

 

 

 

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami