InteriorTips & Trik

Tips Membeli Lantai Kayu Solid dan Jasa Pemasangan

Panduan Membeli Lantai kayu Solid Agar Tidak Kecewa

Tips Membeli Lantai Kayu Solid dan Jasa Pemasangan. Lantai Kayu semakin hari semakin disukai oleh berbagai kalangan khususnya kelas menengah dan menengah keatas. Sifat lantai kayu yang hangat, membawa kesan natural sekaligus mewah dan elegan. Di Manca negara hampir semua rumah menggunakan lantai kayu sebab lantai kayu mampu meredam panas dan juga meredam dingin sekaligus.

Lantai kayu seperti bahan alam lainnya mempunyai beragam karakter tergantung jenis kayunya. Jenis kayu yang banyak digunakan mulai dari kayu yang medium hard sampai kayu keras. Indonesia sebagai salah satu negara tropis memiliki ragam kekayaan hayati termasuk kayu yang menjadi bahan dasar lantai kayu.

Diantara jenis kayu yang sering dipakai untuk lantai kayu adalah Jati, bengkirai, merbau, Akasia, Mahoni, ulin, poti, kempas, dan kamper.

Baca Juga:  Toilet Kubikal, Toilet Cubicle Lebih Praktis dan Efisien Dibanding Toilet Konvesional

jasa pasang lantai kayu surabaya

Lantai kayu Jati dan lantai kayu merbau merupakan jenis yang paling banyak digunakan bahkan lantai merbau Indonesia merupakan favorit pasar ekspor.

Salah satu produsen lantai kayu sekaligus eksportir yaitu Asia Flooring saat dihubungi menyatakan bahwa permintaan lantai Kayu untuk pasar Lokal semakin meningkat. Bahkan ketika pasar eksport mulai melemah seperti saat ini, permintaan lokal justru semakin tinggi khusunys untuk hotel, villa, dan residennce.

 

Tips membeli lantai kayu Solid

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli Lantai kayu solid diantaranya:

  • Jenis kayu, Pilihlah jenis kayu keras (hard wood) karena memiliki keawetan yang lebih, misalnya kayu merbau, jati, bengkirai, ulin, poti, kumea.
  • Kadar air, Pastikan lantai kayu mempunyai kadar air antara 10-12% kayu yang kurang kering akan mengalami muai dan susut yang tinggi sehingga menyebabkan lantai kayu bengkok, meluntir dan renggang antar sambungan.
  • Profil T&G, merupkan profil dari sistem joint antar sambungan yang berbentuk Tongue and groove (lidah dan alur) usahakan membeli T&G 4 sisi untuk hasil maksimal.
  • Bebas cacat Kayu, cek dan perhatikan lantai kayu yang Anda beli bebas dari cacat kayu seperti pin hole (lubang-lubang kecil), jamur, deffect, flek, dan cacat produksi.
  • Ketebalan, umumnya lantai kayu mempunyai tebal 1,5 cm, semakin tebal tentu semakin bagus.
Baca Juga:  Jalan Raden Saleh, Pusat Penjualan Perkakas Teknik di Surabaya

 

Memilih Jasa Pemasangan Lantai Kayu:

  • Pengalaman, pastikan kontraktor yang Anda pilih sudah berpengalaman memasang lantai kayu.
  • Tanyakan detil lem apa yang digunakan, foam under layer.
  • Tanyakan treatment yang digunakan pada lantai sebelum pemasangan..
  • Bahan finishing, Finishing lantai kayu haruslah memakai standar Cat PU anti gores, finishing menggunakan melamin biasa mudah terkelupas dan tidak tahan lama.
  • Garansi, pastikan meminta garansi setelah pemasangan minimal 6 bulan, untuk mengantisipasi ketika ada kegagalan struktur maupun proses pemasangan.

 

 

Baca Juga:  Kamar Anak Kembar? Lihat Desain Kamar Anak Kembar yang Oke Ini

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker