InteriorPengetahuan

Kesalahan Interior Rumah Mungil yang Kerap Dilakukan

Interior rumah mungil harus memperhatikan banyak faktor agar tak tampak sempit.

Pada umumnya orang mengalami masalah ketika mengatur interior rumah karena terbatasnya ruangan. Rumah yang kecil ternyata tetap bisa memberikan kesan ruang yang mewah dan elegan. Namun sebaiknya kamu menghindari kesalahan interior rumah mungil berikut yang sering dilakukan. 

Memasang Wallpaper Motif Besar di Interior Rumah Mungil

Pemasangan wallpaper bisa menjadi pilihan untuk menjadi dekorasi rumah yang menarik. Tak masalah jika kamu memang mau memasang wallpaper pada rumah yang kecil. Namun, hindari memakai motif dengan model yang besar. Sebut saja memakai motif bunga-bunga dengan ukuran besar. 

Hal ini ternyata membuat ruangan tampak semakin kecil dan sempit. Tidak hanya wallpaper, kamu juga harus berhati-hati dengan hiasan yang dipakai. Sebaiknya pakai hiasan yang kecil dan sederhana. Dengan hiasan yang sederhana pada dinding dan langit rumah maka ruangan tampak luas. 

Maka ada baiknya kamu bermain aman dengan cukup membuat rumah lebih polos khususnya bagian dinding atau langit rumah. Jika memang ingin memakai hiasan, kamu bisa memilih hiasan dengan ukuran yang kecil saja. Sesuaikan saja dengan luas rumah. Keseimbangan adalah hal yang penting dalam membuat interior rumah. 

Furnitur Dibuat Merapat Ke Dinding

Banyak orang yang membuat siasat interior rumah mungil supaya tampak luas. Salah satunya adalah dengan mendorong perabot atau furnitur ke bagian dinding. Hal ini dilakukan dengan maksud akan membuat ruangan jadi lebih luas. Tapi hal ini sebenarnya kurang tepat.

Ada baiknya kamu memberikan jarak antara perabot dan dinding sekitar 15 cm. Hal ini akan membuat ruangan jadi lebih proporsional. Tak hanya itu, cara ini juga membuat ilusi ruang jadi lebih besar. Cara ini juga mencegah kerusakan pada dinding. 

Terlalu Banyak Barang di Interior Rumah Mungil

Tentu saja sesuai dengan luas ruangan, ada baiknya kamu tidak memasukkan barang terlalu banyak. Jangan sampai ruangan kecil diisi oleh banyak perabot. Rumah yang kecil ada baiknya diletakkan satu furnitur yang ukurannya besar misalnya sofa. Memang perabot besar memang bisa memberikan kesan rumah yang besar.

Namun, kamu harus memilihnya dengan hati-hati. Jangan asal pilih karena justru akan membuat ruangan semakin kecil. Bahkan jika kamu memiliki ruangan yang kecil dengan langit-langit pendek, maka ada baiknya kamu tidak memakai furnitur yang besar. Biasanya perabot yang besar hanya diperuntukkan bagi ruangan yang punya langit-langit tinggi. Intinya, kamu harus menyesuaikan besaran perabot dengan kondisi ruangan.

Baca Juga:  Trend Desain Interior 2019, Antara Imajinasi, Ecofriendly dan Kearifan Lokal

Menggantung Hiasan Terlalu Tinggi

Banyak orang yang tidak betah dengan kondisi dinding yang kosong. Maka dari itu, banyak orang yang memasang lukisan atau foto. Hal ini tak masalah saat kamu membuat interior rumah mungil. Kamu bisa memakai lukisan apapun. Hanya saja jangan membuat hiasan terlalu tinggi.

Kondisi yang terlalu tinggi malah membuat ruangan jadi terasa terputus-putus dan membuat canggung. Jika ingin menempatkan lukisan di atas perabot misalnya, kamu perlu memberi jarak 20 sampai 25 cm. Pasang ukuran hiasan yang besar pada bagian tengah. 

Tidak Memperhatikan Warna Lantai dan Dinding

Banyak orang yang kerap kali salah dalam pemilihan warna terutama pada bagian dinding dan lantai. Salah satu tips dan triknya adalah lantai dan dinding yang berwarna terang. Dengan demikian, ruangan bisa terlihat lebih luas. Hal ini sering terlewatkan saat menyusun interior rumah mungil. Jangan hanya memilih warna karena berdasarkan warna kesukaan saja. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker