Kelistrikan dan ElektrikPLTS

Mengenal Hybrid sistem panel surya, solusi listrik murah untuk rumah tangga.

Hybrid sistem panel surya adalah solusi listrik murah untuk rumah tangga jika dibandingkan dengan sistem Off-Grid panel surya. Sistem hybrid panel surya dapat diterapkan sebagai langkah awal untuk mengaplikasikan panel surya jika belum siap menggunakan sistem off-grid.

Hybrid sistem panel surya mirip dengan sistem tie-grid, perbedaannya terletak pada penggunaan baterai. Artinya, daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya tidak langsung dikonsumsi, melainkan disimpan dahulu ke baterai.

Sistem Kerja.

Sistem hybrid panel surya ini mirip dengan kinerja UPS pada perangkat computer dimana arus listrik dialirkan ke inverter untu diubah menjadi tegangan AC dan disalurkan ke baterai sebelum dapat digunakan untu konsumsi peralatan listrik.

Baca Juga:  Mengenal Micro-inverter untuk Panel Surya

hybrid-panel-surya-diagram

Dengan menggunakan sistem panel surya Hybrid memungkinkan menyimpan energi matahari dan menggunakannya ketika berada di rumah pada malam hari saat biaya listrik biasanya pada tingkat beban puncak.

Hybrid Inverter dan Baterai.

Umumnya Inverter hybrid untuk sistem panel surya ini sudah dilengkapi baterai, sebagai contoh Tesla Powerwall 2. Namun harganya masih tidak ekonomis untuk masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan baterai mobil yang diset parallel, sedangkan kebutuhan baterai aki tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi listrik.

hybrid-panel-surya-teslapowerwall

Kemampuan untuk menyimpan dan menggunakan energi matahari saat diinginkan dalam sistem hybrid panel surya disebut sebagai self-consumption. Pola kerjanya dengan cara yang sama seperti sistem daya off-grid tetapi kapasitas baterai yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dapat disesuaikan dengan kebutuhan, biasanya hanya cukup untuk menutup konsumsi puncak (8 jam atau kurang) dibandingkan dengan 3-5 hari dengan sistem off-grid.

Jika melihat trend penggunaan sistem hybrid di luar negeri, untuk sementara waktu sistem inilah yang cukup sesuai untuk digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai solusi listrik murah rumah tangga. Hal tersebut dikarenakan dari sisi biaya dapat ditekan dengan menggunakan baterai aki, dan tidak sepenuhnya menggunakan panel surya untuk konsumsi peralatan listrik.

Baca Juga:  Harga Panel Surya (Solar Panel) Berbagai Merek, Type, dan Ukuran

 

Sehingga hal ini sangat pas dilakukan sebagai pembiasaan dan pembelajaran mengenai manfaat panel surya sebelum beralih ke sistem off-grid yang sepenuhnya menggunakan panel surya sebagai sumber daya listrik rumah tangga.

Komentar

comments

Tags
baterai listrik tenaga surya hybrid sistem hybrid sistem panel surya listrik tenaga surya sistem panel surya solusi listrik murah

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker