PLTS dan Turbin Angin

Robot Pembersih Panel Surya Bernama Shreem ini Canggih Banget

Shreem Robot Pembersih Solar Panel Sistem Airwash

Robot Pembersih Panel Surya Bernama Shreem ini Canggih Banget. Aegeus Technologies yang bermarkas di Bengaluru telah memperkenalkan bot pembersih Shreem yang dirancang khusus untuk instalasi surya di atap. Robot ini sepenuhnya otonom dan beratnya hanya 5 kg (dengan baterai), cukup portabel untuk dibawa dalam ransel.

Shreem dapat dioperasikan melalui aplikasi berbasis web dari lokasi terpencil mana pun, dan mengatasi masalah aksesibilitas untuk instalasi atap yang berbahaya atau sulit dijangkau. Bot, karena berkemampuan Bluetooth, juga dapat dioperasikan secara manual menggunakan aplikasi seluler atau melalui pengontrol yang dioperasikan dari jarak jauh RF. Ini dapat diatur untuk mulai pada waktu yang diinginkan dalam sehari secara otomatis.

Baca Juga:  Manfaat Drone untuk Instalasi Listrik Tenaga Surya dan Turbin Angin

Shreem menggunakan teknologi airwash (pembersih udara) untuk membersihkan panel, tidak membutuhkan air atau bahan kimia berbahaya. Ini terdiri dari dua set sikat penyeka (aksial dan radial) yang terbuat dari kain mikrofiber. Aliran udara terkendali meniup debu dari panel secara efisien. Sikat radial memastikan debu yang tersisa di tepinya juga tertiup angin.

Bot menggunakan algoritme dan sensor cerdas untuk mendeteksi tepi dan bergerak di jalur lurus yang mencakup seluruh area. Ini sejajar secara otomatis untuk memperhitungkan gelombang atau permukaan yang tidak rata. Selanjutnya, adalah cerdas untuk membedakan antara ujung tabel dan celah antar tabel. Bot menggunakan jaringan saraf komputasi untuk melatih dirinya sendiri tentang jumlah baris, kolom, modul, sudut kemiringan, perencanaan jalur, dan arah untuk operasi yang efektif.

Baca Juga:  Lithium Ion Vs LiFePo4, Perbedaan Baterai Lithium Ion Vs Lifepo4

Robot Pembersih Panel Surya Shreem dilengkapi dengan stasiun dok bertenaga surya, yang terus memantau parameter cuaca seperti hujan, kecepatan angin, dll. Bot akan kembali atau terus berada di stasiun dok jika cuaca tidak aman untuk pengoperasiannya.

Robot Pembersih Panel Surya Shreem dapat membersihkan sekitar 200 panel per jam. Ini didukung oleh paket baterai lithium-ion 10Ah dengan masa pakai sekitar 2000 siklus.

Dengan adanya berbagai inovasi pembersih panel surya yang efektif diharapkan terus bisa menjaga performa panel surya agar selalu optimal dan memiliki efisiensi tinggi.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker