Alat Berat

Membeli Dump Truck Bekas? Perhatikan 5 Hal Ini

Panduan Membeli DUmp Truck Bekas Agar tidak Kecewa

Membeli Dump Truck Bekas? Perhatikan 5 Hal Ini. Membeli alat berat sejenis dump truck bekas akan memiliki tantangan tersendiri. Alat Berat bekas memerlukan ketelitian tinggi saat inspeksi agar tidak kecewa akibat kerusakan atau perawatan yang membutuhkan biaya tinggi.

Jika ingin membeli Dump truck Bekas perhatikan 5 Hal Beikut ini:

1. Cek Body dan Ban

Mulailah pemeriksaan dengan berjalan perlahan di sekitar dump truck. Cari adanya retakan, karat, penyok, atau perbaikan besar pada bodi truk. Periksa kotak bak dan lapisan kotak untuk melihat tanda-tanda kerusakan.

Saat memeriksa bak dump truck, perhatikan apakah terbuat dari aluminium atau baja. Bak aluminium lebih ringan daripada kotak baja dan dapat membantu Anda mengurangi biaya bahan bakar dalam jangka panjang. Lebih kuat dan lebih tahan lama daripada aluminium, kotak pembuangan baja adalah pilihan yang lebih baik jika Anda akan mengangkut puing-puing atau material berat yang kasar dan berukuran besar.

Baca Juga:  Produsen Genset (Generator Set) Terbaik Dunia, Ini Daftarnya!

Saat Anda melanjutkan pemeriksaan bak dan kotak pembuangan, berhenti dan lihat ban, perhatikan keausan tapak yang tidak rata di sekitar seluruh lingkar ban, tanda kemungkinan masalah kesejajaran.

 

2.  Periksa rangka, rel, dan as

Selanjutnya, perhatikan lebih dekat rel rangka truk, perhatikan adanya tikungan yang kendur atau bengkok. Tikungan yang melorot bisa jadi akibat kelebihan muatan, sedangkan tikungan ke atas bisa jadi akibat operator mengemudikan truk dengan kotak yang dimuat dan tegak.

Saat Anda memeriksa rel rangka, perhatikan adanya korosi atau tanda-tanda keausan lainnya. Perhatikan juga keberadaan as dorong (as roda angkat di depan tandem penggerak) atau as roda penanda (as roda angkat di belakang tandem penggerak).

Gandar angkat menyebarkan beban ke beberapa gandar. Gandar angkat yang dapat dikemudikan juga membantu operator menavigasi belokan dengan lebih mudah, yang juga dapat dicapai dengan alas roda truk yang pendek.

Baca Juga:  Buldoser, Jenis Bulldozer dan Aplikasinya di Lapangan

 

3. Membeli Dump Truck Bekas: Kabin

Lihat kabin truk dan nilai keseluruhan kondisi interiornya. Periksa odometer dan catat jarak tempuh. Nyalakan dump truck dan periksa apakah semua pengukur, sinyal, dan lampu berfungsi dengan baik.

Perhatikan apakah dump truck memiliki transmisi manual atau otomatis. (Jika banyak operator dengan tingkat pengalaman berkendara yang berbeda-beda akan menggunakan dump truck, Anda mungkin ingin memilih transmisi otomatis.)

Mulailah mengemudikan dump truck, periksa fitur di kemudi. Menghentikan dump truck dan gunakan mekanisme kontrol pengangkatan untuk menaikkan kotak pembuangan, periksa kelancaran operasi silinder dan batang pengangkat.

 

4. Silinder dan komponen hidrolik

Apakah truk Dump yang Anda minati dilengkapi dengan ram tunggal, ram ganda, atau mekanisme pengangkatan kotak sampah gunting, keluarlah dari kabin dan periksa silinder dan batang pengangkat secara menyeluruh untuk mengetahui adanya retakan, kebocoran, atau penyok.

haidraulik dump truck

Periksa pompa dan tangki penampung apakah ada tanda-tanda cairan bocor. Mundur ke dalam kabin dan turunkan kotak pembuangan, sekali lagi periksa untuk kelancaran pengoperasian.

 

5. Membeli Dump Truck Bekas: Cek mesin

Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman alat berat, sebaiknya mintalah mekanik yang berkualifikasi atau operator yang berpengetahuan untuk melakukan inspeksi atas nama Anda.

Karena pengecekan mesin dump truk membutuhkan keahlian khusus dan feeling yang kuat sehingga Anda membutuhkan montir berpengalaman untuk diajak melakukan inspeksi.

Baca Juga:  Perawatan Mesin Konstruksi dan Alat Berat Agar Optimal

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker