Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Alat Berat

Hand Pallet, Solusi Efisien Perpindahan Barang Dalam Gudang

Hand Pallet merupakan peralatan angkut yang digunakan dalam kegiatan operasional suatu perusahaan untuk memindahkan hasil produksi maupun beban lainnya dengan kapasitas besar.

Secara umum terdapat dua jenis handling pallet yaitu Palet tangan manual dan hand pallet electric yang masing-masing dioperasikan dengan sistem hydraulis. Terdapat beberapa kapasitas hand pallet yang beredar dipasaran yaitu kapasitas : 1 ton | 1,5 ton | 2 ton | 2,5 ton | 3 ton | 4 ton | 5 ton.

Selain mesin forklift, masih ada lagi mesin atau alat yang difungsikan sebagai pemindahan barang dalam kegiatan industri. Mesin ini tidak kalah pentingnya, bahkan lebih banyak digunakan oleh gudang-gudang yang memang belum memerlukan mesin forklift karena keterbatasan tempat.

Yang pertama adalah hand pallet, lalu ada juga hand stacker. Walaupun berbeda, namun seringkali penyebutan dan pemahaman orang tertukar-tukar terhadap dua alat ini. Dari segi fungsi memang sama, yakni untuk memindahkan barang. Namun, ada perbedaan mendasar dari kedua benda ini yang tentunya dengan pemahaman yang tepat, maka dapat menjadikan kedua alat ini efektif digunakan dalam situasi yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Membeli Forklift Bekas, Bagian mana yang harus di Cek?

Dari segi penggunaannya, baik mesin forklift, hnd pallet, dan hand stacker dapat digunakan di berbagai jenis industri, khususnya gudang atau yang berkaitan dengan stok barang / supply chain. Hand Pallet seringpula dijumpai di supermarket tempat Anda berbelanja, digunakan untuk memindahkan stok barang dalam bobot dan jumlah tertentu baik dari gudang maupun penempatan barang ke dalam rak.

 

Tipe Hand Pallet

Banyak jenis Palet tangan seperti Pallet Manual, Pallet Electric, Pallet Scissor, dan Pallet Scale dan ada juga Palet tangan berbahan aluminium yang tentu lebih kuat dan tahan korosi di segala macam cuaca.

Fungsi dari Palet tangan sendiri adalah untuk memindahkan barang, menaikkan barang dan juga menurunkan barang bawaan dengan ketinggian bervariasi sesuai dengan jenis Palet tangan itu sendiri.

Baca Juga:  10 Perusahaan Alat Berat Konstruksi Terbesar dan Terbaik Dunia

Jika mengangkut barang yang terletak pada ketinggian tertentu pada Palet tangan Manual/Standart caranya dengan memompa tuas secara manual, dan untuk Hand Pallet Manual tinggi maksimal barang yang akan diangkut adalah 20 cm dan untuk Hand Pallet Scissor tinggi maksimalnya adalah 80 cm.

Untuk Palet tangan Electric pemompaannya tidak perlu memompa tuas secara manual, karena sudah menggunakan battery recharge, hanya dengan cara menarik tuas maka garpu akan terangkat secara otomatis sesuai keinginan. Penggunaan alat ini cukup mudah dan simpel, karena didesain sederhana sehingga bisa digunakan dimana saja.

Palet tangan dapat berfungsi dengan baik apabila digunakan ditempat yang halus, Palet tangan juga memiliki beberapa jenis roda yang disesuaikan dengan tempat kegiatan pengangkutan. Peralatan yang telah berkembang selama bertahun – tahun ini telah terbukti bermanfaat bagi kegiatan industri yang sangat bergantung pada tingkat efisiensi waktu

Baca Juga:  Alat Berat Compactor, Alat Pemadat Tanah Andalan Kontraktor Jalan dan Infrastruktur

Komentar

comments

Tags
hand pallet hand pallet vs hand stacker harga hand pallet jenis hand pallet tipe hand pallet

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker