Alat Berat

Mengenal Dump Truck, Tulang Punggung Konstruksi & Tambang

Sejarah dump Truck dan Beragam Tipe Dump Truck

Mengenal Dump Truck, Tulang Punggung Konstruksi & Tambang. Dump truck merupakan salah satu tulang punggung transportasi untuk berbagai jenis proyek. Dump truck merupakan truk dengan rangka dan sasis yang diperkuat untuk mengangkut berbagai material berat seperti tanah, pasir, dan batu.

Selain untuk mobilitas konstruksi, Dump Truck juga menjadi transportasi utama untuk angkutan tambang. Tipe Dump truck Ada berbagai macam dengan fungsi yang beragam sesuai target muatan dan tracking yang dilintasi.

Sebuah dump truck memiliki ciri yang khas dilengkapi dengan piranti pembantu hidrolik yang terpasang di bawah bak dump truck dalam posisi tidur dengan bagian belakang berengsel, bagian depan bak yang dapat di angkat memungkinkan isi yang di bawa dalam bak dump truck dengan mudah di turunkan di belakang truk di lokasi pengiriman.

Di Inggris dan Australia istilah tersebut berlaku hanya untuk off road dan pekerjaan konstruksi saja, dan sementara di jalan raya kendaraan ini di kenal sebagai tipper, truck tipper (Inggris) dan tip truck (Australia).

Baca Juga:  Alat Berat Compactor, Alat Pemadat Tanah Andalan Kontraktor Jalan dan Infrastruktur

Sejarah Dump Truck

Dump truck pertama kali di perkenalkan di Saint John, New Brunswick ketika Robert T. Mawhinney memasang kotak dump pada sebuah truk dengan bak model rata (flatbed) di tahun 1920. Perangkat untuk mengangkat adalah sebuah winch yang dihubungkan dengan kabel dan puli katrol yang terpasang pada tiang di belakang kabin truk.

Kabel dihubungkan ke ujung depan bawah kotak dump truck yang dilekatkan oleh pivot di bagian belakang kabin truk. Operator menggerakkan engkol untuk menaikkan dan menurunkan kotak. Saat ini, hampir semua dump truck dioperasikan oleh hidrolik yang di pasang dalam berbagai konfigurasi, masing-masing dirancang untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Dump Truck berdasarkan Berat Muatan

  • Dump Truck Ukuran Kecil: Dump truck yang memiliki kapasitas angkut maksimum 25 ton.
  • Dump Truck Ukuran Sedang: Dump Truck yang memiliki kapasitas angkut maksimum 25 sampai 100 ton.
  • Dump Truck Ukuran Besar: Dump Truck yang memiliki kapasitas angkut maksimum lebih dari 100 ton.
Baca Juga:  Membeli Dump Truck Bekas? Perhatikan 5 Hal Ini

Bagian Dump Truck

Bagian dump truck

  1. Canopy Spill Guard
  2. Dump Body
  3. Rock Ejector
  4. Final Drive
  5. Rear Wheel
  6. Hoist Cylinder
  7. Hydraulic Tank
  8. Front Wheel

Cara Kerja Dump Truck

  • Gerakan Travelling

Gerakan Travelling (Gerakan Jalan) Gerakan yang dimaksud di sini adalah gerakan dari dump truck untuk berjalan mengangkut muatan dari satu tempat menuju tempat lain untuk memindahkan dan menumpahkan muatan tersebut.

Gerakan tersebut dimulai dari suatu sumber tenaga yang dinamakan dengan mesin penggerak. Mesin ini akan memutar poros penggerak, kemudian melalui kopling akan menggerakkan transmisi roda gigi yang diatur oleh handle gigi. Transmisi ini memutar roda-roda dump truck untuk berjalan dan memindahkan muatan, melalui poros propeller dan gigi diferensial.

  • Gerakan Dumpingatau Menumpahkan Muatan

Pada saat menumpahkan muatan dengan pengangkatan bak, dump truckmenggunakan sistem hidrolis. Sistem ini merupakan pemindah daya dengan menggunakan zat cair atau fluida sebagai perantaranya.

Baca Juga:  10 Perusahaan Alat Berat Konstruksi Terbesar dan Terbaik Dunia

Sistem hidrolis merupakan pengubahan tenaga dari tenaga hidrolis menjadi mekanis. Dengan gerakan dumpingyang berprinsip kerja sistem hidrolis tersebut, muatan akan dengan mudah meluncur ke bawah. Saat memiringkan muatan tersebut sistem hidrolis didapatkan dari mesin penggerak kemudian diteruskan pada mekanisme roda gila.

untuk menggerakkan pompa hidrolik. Pompa tersebut akan mendorong atau mengalirkan fluida menuju katup pengontrol. Dari katup inilah aliran fluida akan diatur oleh tekanan minyak oli yang masuk ke dalam silinder hidrolik. Tekanan minyak yang telah diatur tersebut akan mendorong silinder hidrolik untuk menumpahkan muatan material yang ada dalam bak truck.

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker