Alat BeratKonstruksi

Alat Berat Compactor, Alat Pemadat Tanah Andalan Kontraktor Jalan dan Infrastruktur

Alat Berat Compactor, Alat Pemadat Tanah Andalan Kontraktor Jalan dan Infrastruktur. Pekerjaan pembuatan landasan pesawat terbang, jalan raya, tanggul sungai dan sebagainya tanah perlu dipadatkan semaksimal mungkin.

Pekerjaan pemadatan tanah dalam skala kecil pemadatan tanah dapat dilakukan dengan cara menggenangi dan membiarkan tanah menyusust dengan sendirinya, namun cara ini perlu waktu lama dan hasilnya kurang sempurna; agar tanah benar-benar mampat secara sempurna diperlukan cara-cara mekanis untuk pemadatan tanah.

Pemadatan tanah secara mekanis umumnya dilakukan dengan menggunakan mesin penggilas (Roller) atau alat berat compactor; klasifikasi Roller yang dikenal antara lain adalah:
  • Berdasarkan cara geraknya; ada yang bergerak sendiri, tapi ada juga yang harus ditarik traktor.
  • Berdasarkan bahan roda penggilasnya, ada yang terbuat dari baja (Steel Wheel) dan ada yang terbuat dari karet (pneumatic).
  • Dilihat dari bentuk permukaan roda; ada yang punya permukaan halus (plain), bersegmen, berbentuk grid, berbentuk kaki domba, dan sebagainya.
  • Dilihat dari susunan roda gilasnya; ada yang dengan roda tiga (Three Wheel), roda dua (Tandem Roller), dan Three Axle Tandem Roller.
  • Alat pemadat yang menggunakan penggetar (viberator)
Untuk pemadatan pengaspalan biasanya menggunakan road roller, tire roller, tetapi untuk pemadatan tanah biasanya menggunakan sheep foot roller atau drum roller.
Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi proses pemadatan yaitu berikut ini:
  • Gradasi material yang akan dipadatkan
  • Kadar air dari material (moisture content)
  • Usaha pemadatan (compactive effort)

Jenis-jenis Alat berat Compactor

Pada dasarnya tipe dan jenis compactor adalah sebagai berikut :

a. Smooth steel rollers

(penggilas besi dengan permukaan halus). Jenis ini dibedakan lagi menjadi beberapa macam, jika ditinjau dari cara pengaturan rodanya, diantaranya :
  • Three wheel rollers (penggilas roda tiga)
  • Tandem rollers (penggilas tandem)

 

b. Pneumatic tired rollers (penggilas roda ban angin)

c. Sheep foot type rollers (penggilas kaki kambing)

d.Vibratory rollers (penggilas getar)

e Vibratory plate compactor (alat pemadat – getaran)

f. Alat-alat penggilas lain :

  • Mesh grid rollers (penggilas dengan roda anyaman)
  • Segment rollers (penggilas dengan roda terdiri dari lempengan – lempengan). Jenis-jenis compactor di atas mempunyai spesifikasi tersendiri untuk dipakai dalam usaha pemadatan bagi berbagai jenis tanah, atau dengan memperhatikan berbagai faktor
Baca Juga:  Produsen Genset (Generator Set) Terbaik Dunia, Ini Daftarnya!

Misalnya Untuk tanah plastis dan cohesive, maka alat pemadat sheep foot roller adalah paling cocok. Demikian juga penggunaan pneumatic roller yang cukup berat sangat efektif untuk digunakan. Pasir dan / atau kerikil berpasir, vibrating roller dan pneumatic tired roller sering dipergunakan untuk tanah jenis ini. Pasir bercampur lempung atau tanah liat, compactor yang sesuai untuk jenis tanah in antara lain segmented rollers.

 

Alat Berat Compactor:  Smooth Steel Roller

Smooth steel roller adalah jenis penggilas dengan permukaan roda yang terbuat dari baja rata. Umumnnya digerakkan dengan power unit yang bersatu (self propelled ). Ditinjau dari konfigurasi roda penggilasnya, compactor jenis ini dibedakan atas
  • Three Wheel Roller

Three wheel roller ini sering juga disebut Macadam roller, karena jenis ini sering digunakan dalam usaha-usaha pemadatan material yang berbutir kasar. Untuk menambah bobot dari three wheel roller ini, maka roda silinder yang kosong diisi dengan zat cair (minyak atau air) atau kadang-kadang juga diisi dengan pasir.
tree wheel roller
Gambar tree wheel roller

Pada umumnya berat compactor ini berkisar antara 6-12 ton. Penambahan bobot akibat pengisian zat cair pada roda silinder dapat meningkatkan beratnya 15%-35%.

  • Tandem Roller

Jenis lain dari smooth steel roller adalah tandem rollers yang terdiri atas berporos 2 (two axle) dan berporos 3 (three axle tandem rollers). Penggunaan dari penggilas ini umumnya untuk mendapatkan permukaan yang agak halus, misalnya pada penggilasan aspal beton dan lain-lain.
tandem roller
gambar tandem roller

Tandem roller ini memberikan lintasan yang sama pada masing-masing rodanya, beratnya antara 8-14 ton, penambahan berat yang diakibatkan oleh pengisian zat cair (ballasting) berkisar antara 25%-60% dari berat penggilas. Untuk mendapatkan penambahan kepadatan pada pekerjaan penggilasan biasanya digunakan three axle tandem roller Sebaiknya tandem roller jangan digunakan untuk menggilas batu-batuan yang keras dan tajam karena akan merusak roda-roda penggilasnya.

  • Vibration Roller

Versi lain dari tandem roller adalah vibration roller (penggilas getar). vibration roller mempunyai efisiensi pemadatan yang sangat baik. Alat ini memungkinkan digunakan secara luas dalarn tiap jenis pekerjaan pemadatan. Efek yang diakibatkan oleh vibration roller adalah gaya dinarnis terhadap tanah.
Gambar vibration roller
Gambar vibration roller

Dalam proses pemadatan yang dilakukan dengan menggunakan vibration roller, perlu diperhatikan faktor-faktor berikut :

-frekuensi getaran

-amplitudo getaran

Baca Juga:  Hand Pallet, Solusi Efisien Perpindahan Barang Dalam Gudang

-gaya sentrifugal yang bekerja.

Sistem pendorong, vibrasi dan sistem mengemudi dioperasikan oleh tekanan hidrostatis, untuk menjamin penanganan yang termudah.
  • Mesh Grid Roller

Penggilas jenis lain adalah mesh grid roller dimana roda penggilasnya berbentuk anyaman. Penggilas ini memberi efek “pemadatan dari bawah” yang dikarenakan bentuk roda penggilasnya. Mesh grid roller optimal digunakan untuk menggilas lapisan tanah yang berbutir kasar.

  • Segment Roller

Penggila ini disebut segment roller sebab roda-rodanya tersusun dari lempengan-lempengan. Seperti halnya dengan mesh grid roller, segment roller pun memberika efek “pemadatan dari bawah” walaupun masuknya roda ke dalam tanah tidak begitu dalam. Keuntungan lain adalah kelebihan air yang terdapat pada lapisan tanah dapat ditekan ke luar, sehingga yang tertinggal hanya cukup untuk memberikan kepadatan maksimal.

 

Alat Berat Compactor: Pneumatic Tired Roller

Roda-roda penggilas ini terdiri atas roda-roda ban karet yang dipompa (pneumatic) Susunan dari roda muka dan roda belakang selang-seling sehingga bagian yang tidak tergilas oleh roda bagian depan akan digilas oleh roda bagian depan akan digilas oleh roda bagian belakang.

Roda-roda ini menghasilkan “kneading action” (tekanan) terhadap tanah sehingga membantu konsolidasi tanah. Pneumatic tired roller sangat cocok digunakan pada pekerjaan penggikaasan bahan granular, juga baik di gunakan pada penggilasan lapisan hot mix sebagai “penggilas antara”.

Baca Juga:  Otomasi Proyek Konstruksi Akan Jadi Pilar Industri
Pneumatic Tired Roller
gambar Pneumatic Tired Roller

Sebaiknya tidak digundkan untuk menggilas lapisan yang berbatu dan tajam karena akan mempercepat kerusakan pada roda-rodanya. Bobotnya dapat ditingkatkan dengan mengisi zat cair atau pasir pada dinding-dinding mesin. Jumlah roda biasanya 9 sampai 19 buah, dengan konfigurasi 9 buah (4 roda depan dan 5 roda belakang), 11 buah (5roda depan dan 6 roda belakang), 13 buah (6 roda depan dan 7 roda belakang), 15 buah (7 roda depan dan 8 roda belakang).

 

Alat Berat Compactor: Sheep Foot Roller

Prinsip dari sheep foot roller adalah sebuah silinder yang di bagian luarnya dipasang kaki-kaki. Pada kaki-kaki ini terjadi tekanan yang tinggi, sehingga kaki kaki ini masuk ke dalam tanah dan memberikan efek “pemadatan dari bawah”. Sheep foot roller ini baik digunakan untuk tanah berpasir dengan sedikit mengandung lempung, juga untuk tanah yang plastis dan kohesif. Sangat efektif digunakan untuk memadatkan material lepas dengan tebal lapisan antara 15-25 cm.

Selain sheep foot roller dengan tarikan (towed) juga terdapat sheep foot roller yang bermesin yang dapat bergerak sendiri dengan kecepatan mencapai sekitar 32 km/jam.

Compactor Sheep Foot roller
Gambar Sheep Foot roller
Untuk sheep foot roller yang ditarik, jika tenaga traktor penariknya cukup besar, biasanya ditarik beberapa jauh, berjajar ke samping, satu garis atau kombinasi keduanya. Ukuran sheep foot roller ini antara 3-5 ton , namun ada juga yang 12-30 ton.

Komentar

comments

Tags
alat berat compactor harga compactor jual compactor bekas mesin compactor mesin compactor murah sewa mesin compactor surabaya tandem roller Vibration Roller

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker