EksteriorTips & Trik

Cara Membuat Kolam Renang di Halaman Belakang Rumah

Cara Membuat Kolam Renang di Halaman Belakang Rumah. Kolam renang selain sebagai sarana hiburan dan olah raga juga bisa digunakan sebagai media landscaping yang mempercantik tampilan.Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, membangun kolam renang perlu perawatan ekstra sehingga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Proses pembuatan kolam renang bisa memakan biaya antara 100 Juta – 400 Juta tergantung pada desain dan kualitas yang diinginkan.

Jika ingin membuat kolam renang untuk halaman belakang rumah, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

Cara Membuat Kolam Renang: Tentukan Desain

 Anda bisa memulai dengan merancang kolam renang yang ingin Anda bangun. Apakah bentuknya bulat? Bujur sangkar? Seberapa dalam? Warna apa yang Anda inginkan? Semakin rumit desainnya, semakin tinggi biayanya.

Cara Membuat Kolam Renang: Mengurus Izin

Hubungi kontraktor dan ajukan izin ke Pemerintah Daerah. Anda juga harus minta izin RT (Rukun Tetangga), karena tidak semua RT mengizinkan adanya kolam renang di lingkungannya. Kontraktor Anda mungkin bisa mengajukan izin tersebut untuk Anda, apabila mereka berpengalaman dan layanannya berkualitas.

  • Perlu diketahui bahwa di beberapa daerah, kolam renang dikenakan pajak tambahan dan Anda bisa mendapat masalah apabila tidak mendaftarkan kolam renang Anda. Hal tersebut bisa dianggap penghindaran pajak.
Baca Juga:  Cara Menaikkan PH Air Kolam Renang Begini Tahapannya!

 

Cara Membuat Kolam Renang: Penggalian

Sewa alat konstruksi yang diperlukan (biasanya paling tidak satu backhoe-traktor) dan gali area tempat kolam renangnya. Sangat penting untuk sudah memiliki izin dari pemda di tahap ini, karena tentunya Anda tidak mau menghadapi risiko menghancurkan pipa infrastruktur kota yang tidak Anda ketahui.

Jika tidak memungkinkan menyewa alat berat meski dengan skala kecil, Anda bisa menggunakan tenaga kerja penggali. Namun pastikan semua bisa termonitor dengan baik.

cara membuat kolam renang

Cara Membuat Kolam Renang: Meratakan Dasar Kolam

Anda harus meratakan tanah di dasar kolam serata mungkin. Karena ini penting agar pembangunan dinding dan lantainya lebih mudah. Ada banyak cara untuk meratakan tanah, namun bila Anda menginginkan lantai yang menurun kedalamannya, Anda memerlukan seseorang yang berpengalaman melakukannya.

Setelah tanah digali dan diratakan, Anda sudah siap untuk memasang rangka dinding. Dimulai dengan memasang rangka kayu dan besi. Pastikan dindingnya rata dan bertemu di tiap sisi.

 

Cara Membuat Kolam Renang: Pemipaan

Panggil tukang pipa berlisensi untuk datang dan memasang pemipaan yang diperlukan untuk kolam renang. Anda hanya perlu membuat sistem pasokan dan penyaringan yang sesuai dengan peraturan daerah Anda. Hanya tukang pipa yang berpengalaman mengerjakan kolam renang yang bisa Anda pekerjakan karena yang tidak berpengalaman akan mengacaukan kolam renang Anda.

Baca Juga:  Lantai Vinyl, Panduan Membeli Lantai Vinyl dan Cara Memasang Lantai Vinyl

tips membangun kolam renang

Cara Membuat Kolam Renang: Kelistrikan

Pekerjakan tukang listrik untuk memasang instalasi listrik yang diperlukan untuk sistem pencahayaan atau penyaringan. Untuk ini Anda juga tentunya perlu menyewa yang profesional, bisa dibayangkan apa yang bisa terjadi apabila instalasi listrik yang buruk bertemu dengan air.

 

Cara Membuat Kolam Renang: Pembetonan Lantai

Ketika sistem rangkaian pipa dan listrik sudah masuk, Anda bisa mulai membangun dinding dan lantai. Sewa mobil pengaduk semen dan tuang beton lantai, ratakan dan haluskan setelah dituang. Pastikan Anda memperhatikan sudut lantai ketika membangun kolam dengan variasi kedalaman.

 

Cara Membuat Kolam Renang: Dinding Kolam

Setelah lantai selesai Anda bisa mulai membangun dinding. Dinding kolam biasanya dibuat dengan bata atau beton. Anda bisa mendiskusikan keuntungan penggunaan masing-masing material tersebut dengan kontraktor Anda. Pastikan bagian atas dinding yang dibangun rata dan tingkat ketinggian dari tanah sekitarnya cukup.

 

Cara Membuat Kolam Renang: Pelapis Kedap Air

Kolam renang memerlukan satu penghalang kelembaban, untuk menjaga agar air tidak rembes keluar. Ada banyak pilihan berbeda, diskusikan denga kontraktor apa yang cocok untuk Anda. Pilihan yang umumnya digunakan termasuk:

  • Tabung plastik dasar
  • Keramik
  • Lapisan semen
  • Lapisan plastik semprot

Cara Membuat Kolam Renang: Pengisian Air

Ketika kolam renang sudah selesai, Anda hanya tinggal mengisinya! Tergantung bagaimana sistem pemipaannya, Anda bisa mengisi kolam renang dengan air dari sistem air rumah Anda sendiri atau Anda bisa mendatangkan perusahaan pemasok air mengisi kolam renang Anda. Nikmatilah!

Baca Juga:  Memasang HPL Dinding, Berikut Ini Panduannya
  • Jaga kebersihan kolam renang Anda.
  • Panggil pelatih renang apabila Anda atau anak-anak Anda tidak bisa berenang.
  • Jangan lupa mengosongkan kolam sebelum musim dingin kalau Anda tidak mau kolam Anda jadi arena ice skating.
  • Singkirkan semua daun dan ranting yang jatuh ke kolam renang Anda setiap hari.

demikian tahap dan perencanaan dalam proses membuat kolam renang. Pikirkan baik-baik dan rencanakan dengan seksama sebab membuat kolam renang selain memerlukan perawatan rutin juga berimbas pada besarnya pengeluaran untuk air dan listrik.

 

Sumber: Wikihow.com

Kata Kunci:

cara membuat kolam renang,cara bangun kolam renang,cara membuat kolam kecil pake bata ringan,download video pembuatan kolam renang dari kayu,kolam renang dinding bata merah,membuat kolam dari hebel

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami