Pertukangan BangunanTips & Trik

Solusi Memperbaiki Dinding yang Retak dan Penyebabnya

Cara Perbaikan Dinding Retak

Solusi Memperbaiki Dinding yang Retak. Terkadang karena suatu hal dinding rumah mengalami keretakan. keretakan dinding tentu bisa membahayakan struktur bangunan jika terus dibiarkan.

Guna mengatasinya, Anda perlu memahami penyebab keretakannya terlebih dahulu. Ini karena beda penyebab, beda pula cara mengatasi dinding yang retak. Makanya, Anda perlu mencari tahu kenapa dinding di rumah retak dan segera atasi.

Contohnya seperti 3 penyebab dinding yang mudah retak berikut ini. Yuk simak penyebab dan solusinya.

  • Dinding Retak Karena Tanah Bergerak

Keretakan di dinding bisa disebabkan oleh pergeseran struktur dinding. Contohnya pergerakan pondasi, defleksi balok atau gerakan yang terjadi karena gempa.
Biasanya, retak hanya terjadi pada lapisan luar, plesteran dan aciannya. Sementara bata di dalam dinding masih baik dan bisa digunakan.

Jika hal ini terjadi di dinding Anda, solusinya mudah. Buka retak di dinding dengan lebar sekitar 1 cm. Lalu isi celah yang dibuka dengan campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:5. Biarkan kering hingga 3 hari, lalu rapikan celah yang sudah terisi plester dengan acian putih.

  • Dinding Retak Karena Celah Saluran Pipa

Retak di dinding juga bisa disebabkan oleh celah saluran pipa yang ditanam atau ditempelkan ke dinding. Saluran tersebut biasanya berhubungan dengan listrik atau air. Celah tersebut sering membuat keretakan lurus di sepanjang garis pipa.

Solusi perbaikannya yakni dengan membuka kembali pipa saluran, lalu bungkus dengan kawat ayam. Setelah itu, isi celah dinding yang retak dengan campuran semen dan pasir. Perbandingannya 1:5 dan biarkan mengering sekitar 3 hari. Langkah terakhir, tutup dan rapikan celah dengan acian putih.

  • Dinding Retak Karena Material Berbeda

Perbedaan plesteran yang menutupi sambungan dinding juga bisa memicu keretakan. Contohnya, bata dipasangkan dengan kayu atau beton. Sambungan ini membuat dinding mudah retak karena sifat gerakan kedua material yang berbeda.

Retak ini biasanya berbentuk lurus panjang di sambungan kedua material tersebut. Meski mudah diperbaiki, umumnya keretakan akan muncul kembali.

Solusi perbaikannya, sebaiknya berikan dilatasi di antara kedua permukaan tersebut. Buka plester yag retak dengan lebar maksimal 1 cm, kemudian diisi dengan plester baru. Lalu teruskan dengan acian putih dan diamkan satu hari. Setelah itu, buat tali air selebar 3 mm dan dalam 3 mm sepanjang garis retak.

Jika ragu untuk memperbaiki dinding yang retak sendiri, sebaiknya konsultasikan dulu kepada ahli bangunan. Atau bisa meghire jasa tukang bangunan yang Anda percaya.

 

Solusi Dinding Rembes

  • Dikelilingi Area yang Basah

Kelembaban tinggi yang ada di sekitar dinding rumah inilah yang biasanya menjadi faktor mengapa dinding rumah menjadi mudah rembes oleh air ketika musim penghujan tiba. Kelembaban ini juga terjadi karena ada ruang yang dikelilingi oleh area basah dan berair, seperti kamar mandi salah satunya.

Jika hal ini dibiarkan tentu akan menjadikan dinding atau tembok retak yang menyerupai helaian rambut atau biasa disebut dengan retak rambut.

  • Proses Pengacian Dinding Kurang Maksimal

Kedua adalah proses pengacian yang kurang maksimal atau belum sempurna (tidak sepenuhnya kering). Pengeringan acian biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 7 hari. Untuk itu, sebelum melakukan pengecatan pada dinding, pastikan terlebih dahulu jika dinding tersebut benar-benar sudah kering.

  • Talang Air Bocor

Dan penyebab yang terakhir biasanya karena dak beton atau talang air mengalami kebocoran. Hal ini mengakibatkan dinding mudah rembes karena curah hujan yang tinggi dalam durasi yang lama sehingga air masuk melalui celah-celah dinding rumah.

Cara Mengatasi Dinding Rembes Paling Mudah

Setelah kita mengetahui penyebabnya, langkah selanjutnya adalah mengatasi atau memperbaiki dinding yang rembes tadi. Caranya dapat kalian simak berikut ini.

  • Lakukan Pengecatan Kembali

Cara yang pertama adalah dengan melakukan pengecatan kembali pada dinding yang rembes. Biasanya dinding tersebut retak seperti helaian rambut. Sebelum kalian melakukan pengecatan juga pastikan terlebih dahulu untuk mengelupas sisa cat yang menempel dan membersihkannya dari permukaan.

Jangan lupa juga beri komponen waterproffing pada dinding yang dapat berperan sebagai penghalang air yang rembes pada dinding. Jika sudah kalian dapat langsung melakukan pengecatan.

  • Perhatikan Sirkulasi Udara di Rumah

Kalian juga dapat memastikan jika rumah kalian memilikki ventilasi udara yang cukup. Dengan udara yang cukup dan baik dirumah tentu akan membuat dinding tidak mudah lembab karena sering terkena sinar matahari dan angin.

  • Beri Lapisan Waterproofing Pada Dinding yang Rembes

Biasanya tembok kamar mandi yang sering mengalami rembes. Nah disini kalian dapat menggunakan waterproofing pada permukaan dinding yang dicampur dengan komponen lain serta acian. Setelah teksturnya menyerupai acian, kalian dapat oleskan dengan alat bantu kape pada dinding yang rembes.

Tunggu beberapa hari hingga tembok kering, setelah itu kalian dapat melakukan acian pada dinding dan kemudian lakukan pengecatan ulang.

  • Memperbaiki Talang Air

Penyebab dinding rembes adalah karena talang air yang mengalami kebocoran. Nah disini kalian dapat langsung memperbaiki talang air yang bocor dengan cara menambalnya dengan lem khusus talang air atau sejenisnya yang dapat digunakan untuk menambal.

  • Pastikan Pengacian Dinding Benar-benar Kering

Kalian dapat melakukan plester dan pengacian ulang pada dinding bagian luar yang rembes. Kemudian tambahkan waterproofing agar lebih aman. Setelah selesai, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi dinding bagian dalam.

  • Tingkatkan Kualitas Plester dan Acian

Dan cara mengatasi dinding rembes yang terakhir adalah denganĀ  meningkatkan kualitas plester dan acian serta pengecatan ulang. Jangan lupa juga untuk melakukan pengelupasan cat yang lama baru kemudian menggantinya dengan metode transram.

Kata Kunci:

cara memperbaiki tembok retak,produk untuk perbaiki dinding retak,perbaiki tembok retak,perbaikan retak tembok,penyebab tembok retak,menutup retak tembok karena pipa,mengatasi dinding retak,dinding retak,cara untuk memperbaiki dinding retak,soolusi untuk keretakan dinding

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker