Kelistrikan dan Elektronika

Konektor Led Strip, Antara 2 Pin dan 4 Pin

Konektor Led Strip, Antara 2 Pin dan 4 Pin Mempunyai Fungsi Berbeda

Konektor Led Strip, Antara 2 Pin dan 4 Pin Mempunyai Fungsi Berbeda. Menghubungkan rangkaian lampu led strip ke sumber listrik, led driver, atau bahkan menghubungkan antar led strip membutuhkan kemampuan menyolder yang baik dan teliti.

Sebab Led konektornya sangat kecil dan membutuhkan upaya tinggi untuk bisa menyolder dengan tepat. Namun saat ini berbagai alat bantu telah mempermudah proses koneksi antar led strip maupun ke sumber daya listrik dengan praktis.

Jika koneksi buruk, lampu akan berkedip, mati tiba-tiba atau lebih buruk, tidak bekerja sama sekali.

Konektor LED memberikan solusi koneksi cepat yang memungkinkan orang menghindari penggunaan solder. Konektor LED bekerja sangat baik untuk membuat banyak koneksi dengan mudah. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara menggunakan konektor dengan benar.

Baca Juga:  Solid State Relay (SSR), Fungsi dan Cara Kerja Saklar SSR

 

Konektor LED Strip  2 Pin dan 4 Pin

Ada dua jenis koneksi berbeda untuk konektor lampu LED. Konektor LED 2-pin digunakan untuk strip warna tunggal. Led Strip satu warna hanya memerlukan koneksi dua port karena hanya membutuhkan satu koneksi positif dan satu negatif.

Sementara Konektor 4 pin RGB memiliki satu jalur positif serta koneksi untuk masing-masing LED warna Merah, Hijau dan Biru sehingga semuanya dapat dikontrol secara terpisah untuk membuat bermacam-macam warna yang berbeda.

Ada versi pin 2 dan 4 konektor LED berikut:

Strip-to-Strip: Untuk menghubungkan dari led strip satu ke led strip lain.
Strip-to-Wire: Menghubungkan led strip ke sumber listrik atau driver dengan menggunakan kabel yang terkoneksi dengan konektor.

Baca Juga:  Limit Switch: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi Saklar Batas

Menghubungkan Konektor

Konektor mudah dihubungkan ke ujung led strip yang telah dipotong. Konektor akan memiliki 2-4 ujung tajam yang menempel lurus ke atas, strip akan menancap ke ujung-ujung ini:

Konektor led strip untuk menghubung lampu led

  • Pastikan untuk mengangkat penutup plastik bening dan geser strip sampai menyentuh backstop.
  • Setelah Strip masuk, tekan tab ke bawah untuk memastikan masing-masing sisi masuk ke tempatnya.
  • Setelah mengkliknya, gigi harus menembus bagian bawah bantalan tembaga pada strip, membuat koneksi yang solid.

Konektor led ini sangat memudahkan pekerjaan dan memiliki sambungan yang kuat dan solid. Selain itu juga membuat led strip mudah dilepas dan disambung lagi.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami