3D Printing & CNC

Bambu Lab A1 Mini, 3D Printer Murah Tapi Sangat Canggih

Teknologi 3D Printer Bambu Lab A1 Mini Mengguncang Komunitas Percetakan 3 D

Bambu Lab menggemparkan komunitas percetakan 3D dengan peluncuran resmi kreasi terbaru mereka, A1 Mini. Secara mengejutkan, mereka menggunakan desain “bed slinger”, berbeda dengan model sebelumnya yang menampilkan print bed bergerak dalam sumbu z.

Fitur-Fitur Bambu Lab A1 Mini

Bambu Lab A1 Mini siap digunakan tanpa memerlukan perakitan, pengkuadratan, atau penyetelan lebih lanjut. Ini menangani semua kalibrasi secara otomatis. Sebelum setiap pencetakan, A1 mini secara otomatis mengkalibrasi offset Z, level alas, dan resonansi getaran sumbu X & Y. Dilengkapi dengan sensor tekanan nosel inovatif untuk mengkalibrasi dinamika aliran serupa dengan kemajuan tekanan.

Antarmuka pengguna layar sentuh baru ramah pengguna dan lugas. Dilengkapi dengan layar sentuh IPS, memberikan kelancaran pengoperasian seperti menggunakan smartphone.

Sistem ini dengan lancar menavigasi pengguna melalui semua langkah yang diperlukan dan menawarkan bantuan yang tepat melalui sistem HMS untuk setiap masalah yang dihadapi. Berkat platform MakerWorld yang inovatif, A1 Mini dapat dengan mudah memuat file cetak preset dalam format 3mf dan memulai pencetakan dengan satu klik.

AMS Lite menawarkan pendekatan yang anggun dan lugas untuk pencetakan 3D multi-material. Jika digunakan bersama dengan A1 Mini, dapat mendukung hingga 4 warna. Dibandingkan dengan pendahulunya, AMS Lite memiliki komponen yang lebih sedikit dan mengekspos semua bagian yang memerlukan perawatan intensif, sehingga meningkatkan keandalan dan kemudahan perawatan.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Filamen 3D Printer: Perbandingan dan Kegunaannya

bambu lab a1

Misalnya, melepaskan filamen yang patah dari tabung PTFE sangatlah sederhana. Selain itu, AMS Lite dilengkapi pembaca Bambu RFID untuk sinkronisasi filamen otomatis. Ini dapat mendeteksi dan menyinkronkan jenis filamen Bambu dengan Bambu Studio dan secara otomatis mengoptimalkan profil printer yang sesuai.

Bambu Lab A1 Mini: Licin, senyap, dan elegan

Bambu A1 Mini dilengkapi dengan teknologi Active Motor Noise Cancellation yang mutakhir, yang secara efektif mengurangi kebisingan yang dihasilkan motor, sehingga menghasilkan pengoperasian yang lebih senyap.

Saat Anda menghidupkan A1 Mini untuk pertama kalinya, proses kalibrasi motor akan dimulai untuk menyempurnakan karakteristik getaran motor tertentu di unit Anda. Setelah dikalibrasi, driver motor secara aktif meredam kebisingan, seperti fungsi peredam bising yang terdapat pada teknologi headphone terbaru.

Bambu Lab A1 Mini menonjolkan palet warna yang tersembunyi dan desain CMF (Warna, Bahan, Selesai) yang halus dan rapi. Dibuat dengan mempertimbangkan keabadian, alat ini menampilkan ukuran yang relatif kompak yang menyatu dengan sempurna ke dalam lingkungan yang beragam, sedikit lebih besar dari dimensi lembaran kertas A4.

Bambu Lab A1 Mini menggunakan rel yang seluruhnya terbuat dari logam dan bantalan linier, menawarkan keunggulan dibandingkan roda V plastik tradisional dengan menghadirkan peningkatan kekakuan dan presisi. Selain itu, pengaturan ini memerlukan penyetelan dan pemeliharaan minimal, sehingga mengurangi rintangan umum bagi pemula.

Baca Juga:  Teknologi Mesin Cetak Logam 3D, Era Manufaktur Printer 3D Dimulai

Untuk mengutamakan keselamatan dan kebersihan, sistem penggerak A1 Mini dilindungi dengan penutup pelindung, mencegah kecelakaan dan mencegah masuknya kotoran yang tidak diinginkan. Khususnya, sumbu Z yang tertutup memastikan tangan Anda tetap bersih dan bebas dari kontak dengan batang sekrup yang kotor.

Membedakan dirinya dengan salah satu sistem pemantauan filamen tercanggih, A1 Mini melampaui printer 3D konvensional yang dilengkapi dengan sensor runout filamen sederhana. Alat ini bekerja ekstra dengan mengukur berbagai faktor, termasuk keberadaan filamen, kecepatan, odometri, tegangan ekstruder, dan tekanan ekstruder.

Kemampuan pemantauan komprehensif ini memungkinkan pelacakan runout filamen, kusut spool, dan slip ekstruder secara real-time. Sistem cerdas memantau parameter ini dengan cermat dan dapat menghentikan sementara pencetakan ketika ada masalah yang terdeteksi. Selain itu, sistem Bambu HMS (Help Me Solve) unggul dalam menemukan masalah secara tepat.

Kecepatan dan Stabilitas Pencetakan 3D Printer bambu Lab A1 Mini

Bambu Lab A1 Mini menawarkan kecepatan pencetakan yang mengesankan hingga 500mm/s, ditambah dengan tingkat akselerasi tertinggi 10.000 mm/s². Untuk menjamin keakuratan maksimal selama pencetakan kecepatan tinggi, A1 Mini melakukan kalibrasi getaran untuk sumbu X dan Y di awal setiap pencetakan. Hal ini membedakannya dari printer lain di pasaran yang mengandalkan nilai preset tetap.

Baca Juga:  Stepper Motor Nema 23, Spesifikasi & Aplikasi Penggunaannya

Sebaliknya, Bambu Lab A1 Mini menyempurnakan nilai-nilai ini sebelum setiap pencetakan, dengan memperhitungkan tegangan printer dan suhu lingkungan. Selain itu, A1 Mini dilengkapi sensor Eddy Current di bagian hotend, yang mengukur tekanan ekstrusi sebelum pencetakan dimulai. Sensor ini secara aktif menyesuaikan laju aliran ekstrusi, memastikan ekstrusi yang konsisten dan stabil di seluruh proses pencetakan.

Mudah untuk Dipelihara

Bambu Lab A1 Mini dilengkapi dengan Quick Swap Hotend, menyederhanakan proses penghapusan hotend hanya dengan satu klip untuk dilepaskan. Anda dapat dengan mudah menyelesaikan seluruh operasi pertukaran hotend dalam waktu kurang dari 30 detik, dan tidak perlu berurusan dengan konektor elektronik. Sistem kode Bambu HMS berfungsi seperti sistem diagnostik OBD2 untuk printer 3D.

Ini menyederhanakan diagnosis masalah dengan menyediakan kode spesifik yang dapat dirujuk dengan mudah. Selain itu, semua suku cadang habis pakai bersifat modular dan mudah diganti. Mendapatkan suku cadang pengganti sangat mudah dan hemat biaya, memastikan pengalaman pemeliharaan dan perbaikan yang bebas kerumitan.

Ini benar-benar terlihat seperti printer 3D yang akan membantu banyak orang mengekspresikan kreativitas mereka tanpa harus khawatir tentang tuntutan teknis yang sangat menuntut dari hobi yang luar biasa ini. Sempurna untuk pendatang baru dan profesional.

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami