3D Printing & CNCNews

Perbedaan Software Mach3 Vs Mach4 untuk Mesin CNC

memilih OSftware mac3 atau mac4 untuk Mesin CNC?

Software Mach3 sudah sangat populer di kalangan pengguna CN indonesia baik untuk skala industri ataupun hobi.Mach3 sendiri sudah ada sejak tahun 2000an sehinggga default mainboard aslinya masih menggunakan port LPT lawas yang sudah tidak ditemukan saat ini.

Namun beberapa produsen board mach3 dari China sudah memodifikasi dengan port USB dan tambahan plugins sehingga Mach3 tetap compatible dengan komputer saat ini. Pihak pengembang software MAch3 sendiri sudah mengehntikan dukungan dengan menghadirkan software terbaru mereka yaitu mach4.

Alasan mereka menghentikan pengembangan MACH3 karena Mach4 dikembangkan dengan sistem yang sama sekali baru. Sistem Mach3 sudah sangat mentok untuk bisa dikembangkan mengikuti zaman sehingga lebih baik mereka membuat software yang benar-benar baru dibandingkan mengembangkan Mach3.

Baca Juga:  Tren Teknologi 2023 yang Akan Mendisrupsi Tatanan Masyarakat Global

Gambar Tampilan Mac3

Mach3 mengubah komputer biasa menjadi pengontrol mesin CNC, sangat kaya fitur dan memberikan nilai bagus bagi mereka yang membutuhkan paket kontrol CNC. Mach3 bekerja pada sebagian besar PC Windows untuk mengontrol gerakan motor (stepper & servo) dengan memproses G-Code.

Meskipun terdiri dari banyak fitur canggih, ini adalah perangkat lunak kontrol CNC paling intuitif yang tersedia. Mach3 dapat disesuaikan dan telah digunakan untuk banyak aplikasi dengan berbagai jenis perangkat keras.

Tampilan Mach4

DiIndonesia sampai saat ini pengguna MAch3 masih dominan, sementara Mach4 masih jarang karena baru berusia 4 tahunan. Namun mesin CNC build up produksi saat ini sudah banyak yang menjadikan Mac4 sebagai software utama.

Baca Juga:  Bayraktar TB3 SIHA Akan Ditenagai Mesin Turbo-diesel TEI PD170

System Requirements for Mach3 and Mach4

Mach3Mach4
CPU1GHz2GHz
RAM512MB1GB
OSWindowsWindows
Video Card (for large files)512MB512MB

Perbandingan Mach3 Vs Mach4

Dibandingkan dengan perangkat lunak Mach3, Mach4 memiliki fitur luar biasa di bawah ini:

  • Mach4 adalah perangkat lunak yang benar-benar baru dengan kurang dari 1% kode pemrograman yang sama dengan Mach3.
  • Program ditulis dari bawah ke atas agar dapat diperluas, fleksibel, dan sangat responsif untuk digunakan dengan file yang sangat besar.
  • Mach3 dirancang untuk mesin hobi sederhana dan masih melayani tujuan ini dengan baik. Ketika kualitas, kecepatan, dan kemampuan untuk menggunakan atau mempelajari kontrol dan metode gaya industri adalah yang dibutuhkan, Mach4 adalah pilihan yang tepat.
  • Meskipun hanya ada satu versi Mach3, Mach4 ditawarkan dalam versi yang berbeda. Mach4 telah digunakan pada peralatan Industri yang berjalan terus-menerus selama lebih dari setahun.
  • Software Mach4 standar akan mengontrol pabrik, bor, mesin bubut, dan router. Sementara kami mengontrol jenis mesin lain dengan perangkat lunak Industri kami, solusi hobi lengkap dengan layar dan fungsi terintegrasi hanya diselesaikan untuk jenis mesin ini.
  • Karena produk mach4 benar-benar baru dan mengalami pengembangan ekstensif, tim Artsoft tidak dapat menawarkan peningkatan dari Mach3.
  • Menjadi versi terbaru, UI Mach4 lebih canggih dari Mach3 dan membutuhkan memori video minimal 256MB untuk pengoperasian yang optimal. Di sisi lain, Mach3 hanya membutuhkan memori video sebesar 32MB.
Baca Juga:  iROSA, Panel Surya Tercanggih dari NASA untuk Stasiun Angkasa ISS

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami