Farm & GardenInterior

Tanaman Aquascape, Tips Memilih Berbagai Tanaman Aquascape

Cara Tepat Memilih Tanaman Air Aquascape

Tanaman Aquascape, Tips Memilih Berbagai Tanaman Aquascape. Bagaimana memilih tanaman untuk aquascapes – ini adalah salah satu pertanyaan paling penting ketika seseorang memutuskan untuk memulai proyek aquascaping pertamanya (atau selanjutnya).

Aquascapes menggabungkan sejumlah komponen dan mereka harus dipilih dengan cermat untuk menciptakan lingkungan yang seimbang dan kesan untuk menciptakan kembali bagian dari alam. Ini membutuhkan tanaman air yang tertata dengan baik, keseimbangan antara warna dan bentuk tanaman, elemen hardscape yang cocok (jika digunakan) dan lingkungan yang menguntungkan bagi ikan.

Saat memulai proyek aquascaping pertama Anda, Anda harus ingat bahwa ide utamanya adalah menggunakan elemen dekoratif minimum untuk mencapai ekspresi maksimum. Anda perlu mengikuti hukum eksposisi, perspektif dan Anda mungkin akan terkejut, tetapi ada banyak matematika yang terlibat dalam desain akuarium yang spektakuler.

Sangat penting dalam desain akuarium alami diberikan kepada tanaman karena mereka adalah “paru-paru” akuarium. Keragaman spesies dan pengaturannya (seperti akuarium gaya Belanda) sangat penting, tetapi pembangunan gambar yang harmonis bahkan lebih penting.

Seringkali, Tanaman Aquascape hanya didasarkan pada satu atau dua spesies. Spesies penutup tanah memiliki peran khusus dan mereka adalah elemen yang memberikan dasar pada sebagian besar gaya aquascaping. Dalam proses fotosintesis, tanaman akuarium mengeluarkan oksigen dan menjamin keseimbangan biologis yang stabil.

 

Faktor memilih tanaman untuk aquascapes

Agar tanaman aquascape tumbuh optimal bisa dicapai dengan memilih pencahayaan yang tepat, tanah netral, konsentrasi pupuk yang tepat dan parameter air yang tepat.

Intensitas pencahayaan dan ketersediaan cahaya matahari memiliki peran yang sangat penting bagi tanaman. Bagaimanapun, proses fotosintesis tidak akan terjadi tanpa cahaya. Beberapa spesies membutuhkan banyak pencahayaan, beberapa tidak.

  • PH Tanah harus netral dengan ketebalan 5 hingga 7 cm, ringan dan halus. Anda perlu memberikan ketebalan tanah yang cukup untuk memungkinkan tanaman berakar dengan baik.
  • Pupuk menyediakan unsur makro dan mikro – nitrat, fosfat, kalium, dll. Ada banyak pupuk tanaman di pasaran – ada yang cair, ada yang tablet. Pupuk memberikan nutrisi esensial yang kompleks. Mereka melindungi dan memperkuat tanaman baru, mempromosikan pembentukan akar, meningkatkan kelangsungan hidup akar selama penanaman dan transplantasi, dll.
  • Berapa banyak tanaman yang Anda butuhkan di akuarium? Hal yang paling penting ketika memilih tanaman untuk aquascapes adalah jangan berlebihan desain. Sesuai para ahli, akuarium yang baik dan stabil harus terdiri dari 50-75% tanaman. Tentu saja, ini bukan aturan ketat atau dogma tetapi praktiknya menunjukkan bahwa ini adalah persentase untuk lingkungan yang sehat.

 

Tipe Tanaman Aquascape

Seperti ikan, ada sejumlah besar tanaman untuk aquascapes dan setiap spesies memiliki tempat di akuarium. Spesies berdaun tinggi dan besar ideal sebagai tanaman latar, spesies yang lebih kecil dapat digunakan dalam rencana menengah sementara spesies yang tumbuh rendah harus ditempatkan di latar depan.

Namun, tidak ada aturan ketat apa spesies untuk latar depan atau latar belakangnya, dan seringkali lebih baik untuk membuat campuran yang menyenangkan secara visual. Secara umum, tanaman besar harus ditempatkan di belakang yang kecil, ini karena alasan yang jelas, tetapi mereka dapat dikelompokkan dan diatur dalam berbagai cara untuk membuat aquascape yang menarik.

Baca Juga:  Skirting, Jenis dan Fungsi Skirting Pada Konstruksi Interior

Meskipun tergoda untuk menggunakan banyak spesies yang berbeda, seringkali lebih mudah dan lebih efisien untuk menggunakan sejumlah spesies dalam kelompok besar. Mari kita melihat lebih dekat pada kelompok tanaman yang berbeda untuk aquascapes.

Tanaman Untuk Background Aquascape

Tanaman aquascaping yang cocok untuk latar belakang biasanya disusun di sepanjang dinding belakang akuarium. Mereka terlihat mengesankan dan menciptakan dinamika. Anda dapat membeli beberapa tanaman ketika Anda ingin menambahkan rasa kedalaman dan tekstur. Tergantung pada tujuan dan desain khusus tanaman dapat diatur di sisi akuarium untuk menciptakan lingkungan yang lebih tertutup dan berfungsi sebagai “batas”. Berikut adalah beberapa spesies yang paling populer:

  • Rotala rotundifolia – adalah tanaman batang yang populer dengan daun kecil berwarna oranye pucat dan hijau atau merah muda kemerahan. Ini membutuhkan banyak cahaya tetapi sebaliknya tidak menuntut dan tumbuh cukup cepat.
rotala-rotundifolia tanaman aquarium
rotala-rotundifolia
  • Pedang Amazon (Echinodorus) adalah pilihan yang baik untuk Tanaman Aquascape besar karena tumbuh cukup tinggi. Pabrik ini adalah titik fokus yang baik dan menawarkan keuntungan karena pemeliharaannya rendah. Instalasi aquascaping ini bekerja sangat baik dalam kondisi pencahayaan sedang hingga rendah.
Tanaman pedang amazon 9amazon sword)
Amazon-Sword
  • Tanaman Vallisneria memiliki banyak spesies berbeda yang panjangnya bervariasi tetapi mudah tumbuh. Yang paling populer adalah Vallisneria spiralis, Vallisneria tortifolia, Vallisneria gigantean, dll. Semua varietas tanaman Vallisneria bekerja dengan baik dalam kondisi pencahayaan sedang hingga rendah dan menjadi padat cukup cepat. Anda harus berhati-hati karena mereka dapat mengambil alih seluruh tangki dan menghapus beberapa pelari bila perlu.
Vallisneria-spiralis tanaman air
Vallisneria-spiralis
  • Cryptocoryne adalah salah satu tanaman yang lebih menyukai pencahayaan rendah dan pilihan ideal untuk pemula dan mereka yang menginginkan tanaman akuarium dengan pemeliharaan rendah. Ia tumbuh relatif lambat dan jika diberikan waktu yang cukup akan berkembang menjadi semak besar dan padat.
Cryptocoryne Tanaman Background aquarium
Cryptocoryne
  • Cabomba, juga dikenal sebagai fanwort, adalah tanaman akuarium yang luar biasa dengan tampilan lembut yang indah. Itu membutuhkan pencahayaan yang sangat bagus. Variasi hijau paling populer tetapi varietas merah dan ungu dapat digunakan serta aksen warna di akuarium.
red-Cabomba tanaman aquarium alami
red-Cabomba

Dalam akuarium yang lebih luas, spesies dengan daun besar, seperti spesies besar Echinodorus dapat digunakan sebagai kelompok atau sebagai tanaman tunggal. Tanaman batang yang lebat, seperti Limnophila atau Myriophyllum, terlihat bagus di latar belakang ketika dikelompokkan dan dikombinasikan dengan tinggi, batang tanaman dengan daun kecil seperti Rotala, Egeria, Bacopa atau Ludwigia.

 

Tanaman mid-ground untuk aquascaping

Tanaman aquascaping yang cocok untuk mid-ground biasanya digunakan untuk memadukan latar depan dan latar belakang. Spesies mid-ground bukan penanam cepat dan mereka dapat dipotong ke ketinggian yang berbeda untuk membuat transisi dari spesies yang lebih tinggi di latar belakang menuju tanaman rendah di latar depan. Tanaman tangkai dengan daun besar dan panjang adalah pilihan yang sangat baik.

  • Alternanthera reineckii Roseafolia, juga dikenal sebagai lindung nilai air Magenta dan Alternanthera Osiris, adalah tanaman yang luar biasa dan pilihan yang sempurna ketika Anda ingin membuat kontras dan aksen warna. Itu mudah dan terasa sama baiknya dalam air keras dan lunak.
Baca Juga:  Problematika Ruang Dalam Desain Interior dan Solusinya
Reineckii-Rosaefolia
Reineckii-Rosaefolia
  • Bacopa tersedia dalam berbagai varietas – Bacopa australis, Bacopa caroliniana, Bacopa monnieri (moneywort) – dan telah digunakan dalam aquascaping selama bertahun-tahun. Ini membutuhkan kondisi pencahayaan yang relatif baik tetapi selain itu tanaman air ini tidak terlalu menuntut. Ini adalah penanam lambat dan terlihat paling baik ketika ditanam dalam kelompok kecil.
Bacopa-caroliniana
Bacopa-caroliniana
  • Heteranthera zosterifolia adalah tanaman aquascape yang berasal dari Amerika Selatan. Ini adalah tanaman yang indah yang membentuk banyak tunas samping. Batangnya bisa mencapai tinggi 30-50 cm dan lebar 6-12 cm. Anda harus memangkas tanaman karena menjadi sangat kompak dan cahaya tidak dapat mencapai daun bagian bawah.
Heteranthera-zosterifolia
Heteranthera-zosterifolia
  • Hygrophila datang dalam banyak varietas – Hygrophila corymbosa, Hygrophila polysperma, Hygrophila pinnatifida, Hygrophila difformis dan varietas yang berbeda berasal dari berbagai belahan dunia. Ini adalah tanaman aquascape air yang sangat baik untuk pemula di aquascaping karena tidak banyak menuntut dan akan tumbuh dalam kondisi apa pun. Beberapa varietas tumbuh cepat sementara yang lain tumbuh pada tingkat sedang. Tergantung pada varietasnya, warna, bentuk dan panjang daun akan bervariasi juga.
Hygrophila-corymbosa
Hygrophila-corymbosa
  • Lysimachia Nummularia Aurea, juga dikenal sebagai Creeping Jenny dan Lloydiella, adalah salah satu tanaman aquascape yang beradaptasi dengan hampir semua lingkungan. Itu mudah dan mudah untuk tumbuh, dan mencapai ketinggian sedang – hingga 16 inci (40 cm). Merayap Jenny mentolerir air lunak atau keras dan akan tumbuh sangat baik jika disimpan dalam pencahayaan yang terang.

     

Tanaman yang tumbuh di atas batu kayu dan keropos juga cocok untuk rencana menengah. Anubias, Bolbitis, Fontinalis, Microsorium, dan Vesicularia – semua ini dapat digunakan. Tanaman tunggal akan terlihat baik jika memiliki cukup ruang di sekitar. Denah menengah juga merupakan tempat yang ideal untuk menggunakan elemen dekoratif bersama dengan tanaman. Batuan dan kayu dapat digunakan untuk membuat pembagi visual antara area yang berbeda dan titik fokus.

Tanaman latar depan untuk aquascaping

Tumbuhan air untuk latar depan aquascape akan membantu membuat desain yang mengesankan dan ini adalah tugas yang paling sulit. Biasanya untuk desain latar depan, spesies pertumbuhan rendah digunakan, yang mencapai ketinggian hingga 10 cm, karena tanaman yang lebih tinggi di latar depan tidak hanya akan menutupi latar belakang, tetapi juga secara visual membuat akuarium lebih kecil. Berikut adalah beberapa opsi yang merupakan pilihan yang baik untuk pemula:

  • Java Moss (Vesicularia Dubyana) adalah salah satu tanaman akuarium paling populer. Tumbuh cepat seperti gulma dan sering digunakan untuk membentuk tampilan seperti karpet di akuarium, sangat tahan lama dan tidak banyak menuntut. Tanaman ini tumbuh dengan cepat dalam kondisi cahaya sedang, tetapi Anda harus tahu bahwa tanaman tersebut perlu ditambatkan ke elemen hardscape atau dapat mengapung ke atas akuarium Anda.
tanaman aquascape java-moss-driftwood
java-moss-driftwood
  • Dwarf Baby Tears (Hemianthus callitrichoides), juga dikenal sebagai Kuba, Hemianthus Kuba, rumput pir atau HC, adalah yang terkecil dan salah satu tanaman air paling menarik untuk aquascpes. Ini adalah tanaman latar depan yang sempurna yang membentuk karpet hijau cerah, cerah. Kondisi terbaik untuk tanaman adalah pencahayaan yang terang, langsung dan basis nutrisi yang kaya dan akan berkembang di akuarium Anda.
Dwarf-Baby-Tears
Dwarf-Baby-Tears
  • Marsilea Minuta, juga dikenal sebagai Semanggi Air Kecil, Semanggi Kerdil Air, adalah salah satu tanaman foreground akuarium paling populer. Anda dapat dengan mudah mengenalinya karena terlihat seperti semanggi. Pabrik mentolerir sebagian besar lingkungan dan kondisi pencahayaan. Pencahayaan sedang adalah yang terbaik tetapi akan tumbuh dengan baik di pencahayaan rendah juga.

Tanaman untuk karpet aquascape

  • Pogostemon helferi adalah tanaman unik untuk latar depan akuarium Anda. Ditemukan oleh aquarists di Thailand, tanaman ini memiliki daya tarik visual yang luar biasa dan dedaunan berbentuk zig-zag yang indah. Warna hijau cerah membuat karpet akuarium terlihat sangat mengesankan.
Pogostemon-helferi tanaman aquascape jepang
Pogostemon-helferi
  • Glossostigma Elatinoides, populer sebagai tikar lumpur kecil atau Glosso, adalah salah satu tanaman akuarium terkecil yang membentuk karpet hijau pekat dan merupakan pilihan tepat untuk latar depan akuarium. Ini sangat dihargai untuk aquascapes gaya Jepang tetapi Anda harus tahu bahwa tanaman itu menuntut dan sulit dirawat. Perlu banyak cahaya dan tidak boleh diarsir oleh tanaman lain.
glossostigma-elatinoides tanaman akuarium
glossostigma-elatinoides

Jelas, ini hanya beberapa dari Tanaman Aquascape paling populer. Sebagai kesimpulan, kami dapat memberi Anda beberapa tips yang berguna untuk diikuti saat merancang Tanaman Aquascape pertama Anda.

  • Lebih baik menanam berbagai spesies dalam kelompok dan dalam jumlah ganjil.
  • Posisikan tanaman dengan daun tebal di tepi akuarium.
  • Dianjurkan untuk menghindari tanaman berwarna gelap (merah atau hijau) di tengah akuarium. Spesies seperti itu akan terlihat lebih baik di sudut-sudut tangki.
  • Gabungkan tanaman dan hardscape dengan cara yang harmonis, mencoba menciptakan kontras visual antara terang dan gelap.
  • Rencanakan dengan hati-hati komposisi dan elemen-elemen proyek aquascaping Anda. Gambar sketsa untuk memvisualisasikan ukuran dan tempat elemen hardscape – batu dan kayu – dan susunan tanaman di sekitarnya.

Jangan takut untuk bereksperimen dengan Tanaman Aquascape, ingat bahwa aquascaping adalah proses yang membutuhkan kesabaran dan pengabdian, tetapi yang paling penting adalah menikmati setiap langkah dari proses ini!

 

Kata Kunci:

tanaman aquascape,perawatan tanaman aquascape hygrophila pinnatifida

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker