InteriorPertukangan Bangunan

Mengenal Void dan Fungsinya Dalam Hunian Interior

Apa Itu Void? Manfaat Void dalam Properti

Mengenal Void dalam konsep interior. Pernahkah kita melihat gedung atau rumah yang mempunyai plafon tinggi, namun disebelahnya ada lantai dua yang menyatu dengan ruangan?. Ya, itulah gambaran sederhana tentang void.

Secara harfiah void berarti ruang kosong. Dalam dunia arsitektur, void merujuk pada ruang tanpa lantai, yaitu bagian ruang atau lantai bangunan yang dibiarkan kosong atau terbuka dan dikelilingi oleh lantai, struktur kolom atau dinding rendah atau pagar sebagai pengaman. Jika Anda menginginkan rumah bertingkat yang sejuk, membuat void merupakan pilihan yang bagus.

Kehadiran void rumah bisa dimanfaatkan sebagai strategi menangkap lebih banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam hunian. Hal ini tentunya akan membuat pencahayaan alami rumahmu jadi lebih baik. Untuk itu, selalu perhatikan arah dan sudut datang matahari dalam merancang void rumah agar pencahayaan alami yang didapat dari menghadirkan void rumah menjadi lebih maksimal.

Selain menangkap sumber pencahayaan alami, sifat terbuka yang dimiliki void rumah juga akan membantu persebaran cahaya sehingga ruangan di dalam rumah jadi jauh terasa lebih terang.

Baca Juga:  Kegunaan Besi Siku, Mempunyai Daya Support Terbaik

Void Bisa menyejukkan Rumah

Ruang tanpa lantai atau lubang yang disebut void berlaku seperti cerobong yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara. Secara konseptual udara panas selalu bergerak ke atas, sebaliknya udara dingin turun ke bawah. Oleh karena itu, melalui lubang void akan terjadi aliran udara dari lantai bawah ke lantai atas, dan sebaliknya.

Agar aliran udara berjalan lancar, idealnya harus didukung pembuatan jendela atau bukaan pada sisi-sisi setiap lantai bangunan. Dengan demikian udara akan mengalir secara horizontal dan vertical sebagaimana konsep sistem ventilasi silang (cross ventilation). Nah, terhalaunya panas karena lancarnya aliran udara akan menciptakan ruangan yang sejuk meski tanpa penghawaan buatan (AC).

mengenal void dan aplikasinya
Void bisa menyejukkan ruangan karena sirkulasi udara lebih tinggi

Manfaat Void dalam Hunian

•    Aliran udara yang terjadi karena keberadaan void akan mengurangi kelembaban ruang.
•    Kombinasi void dan skylight akan memasukkan cahaya alami ke lantai bawah secara lebih efektif. Pemanfaatan terang alami otomatis akan mengurangi pemakaian lampu (hemat listrik).
•    Lubang void mengurangi ketertutupan bangunan sehingga menciptakan kesan lega dan lebih lapang terutama untuk hunian dengan luas terbatas.
•    Secara visual void menyatukan lantai bawah dan atas sekaligus memudahkan komunikasi. Jika terpaksa, antaranggota keluarga bisa saling berbicara lewat lubang void tanpa harus turun/naik.
•    Void berpotensi menambah keindahan interior, misalnya dengan menempatkan chandelier atau lampu gantung sesuai gaya hunian.
•    Membantu menciptakan kesejukan ruang, void juga membuat hunian bertingkat terasa lebih nyaman dan terkesan lebih menarik

Baca Juga:  Penggunaan Bata Ekspose untuk Dinding Interior

 

Lokasi Void yang Tepat

Tidak ada batasan khusus untuk menempatkan void pada rumah tinggal. Void bisa diletakkan di mana pun sesuai kebutuhan dan selera, semisal di atas ruang tamu, ruang keluarga, dapur, pantry, atau ruang makan. Pastikan penempatan void efektif dan tidak mengganggu kenyamanan ruang bawah. Misalnya, void di atas ruang tamu mungkin memberi kesan elegan, namun saat ada tamu tentu tidak mungkin anggota keluarga sembarang berteriak dari lantai dua.

Meletakkan void di atas ruang keluarga, bisa dibilang lebih efektif karena ruang tersebut biasanya menjadi pusat aktivitas, sehingga void mendukung terjalinnya komunikasi antaranggota keluarga meski berada di lantai berbeda. Jika luas hunian terbatas, void bisa dibentuk pada lubang di area tangga dengan membuatya jauh lebih besar.

Baca Juga:  Desain Interior, Teori Umum dan Sejarah Desain Interior

Void rumah juga sering dijadikan sebagai media untuk mengimplementasikan elemen yang biasanya ada pada bagian luar rumah seperti taman dan juga kolam ikan. Karena kemampuannya menangkap udara dan cahaya yang alami, void rumah sangatlah mungkin untuk dimanfaafkan sebagai taman di dalam rumah. Ketinggian yang lebih memungkinkanmu memiliki pohon atau vegetasi tinggi lainnya di dalam rumah.

 

Kata Kunci:

apa arti void dalam arsitektur,fungsi lubang di lantai ruangan,perhitungan void cerobong,Void pada bangunan

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker