KonstruksiPertukangan Bangunan

Kelebihan dan Kekurangan Atap Metal

Kelebihan dan kekurangan atap metal untuk hunian perlu diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan atap teknologi baru ini.

Atap metal adalah sistem atap yang terbuat dari potongan logam atau ubin yang punya karakteristik daya tahan, dan awet. Material seperti:seng, tembaga dan baja umum digunakan sebagai bahan dasar atap metal.

Atap metal mempunyai kelebihan dibandingkan dengan atap genteng biasa, sehingga perlu diketahui apa saja kelebihan material konstruksi ini.

Kelebihan Atap Metal

Tahan Lama.

Atap metal jika dipasang dengan benar mampu bertahan lama disamping atap metal tahan terhadap api, rayap, dan cuaca.

Bobot.

Atap metal cukup ringan sehingga pemasangannya lebih mudah dari pada atap biasa.

Baca Juga:  Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Atap Baja Ringan

Kecepatan dan kemudahan pemasangan.

Dengan bobot yang ringan dan tidak banyak memerlukan penopang, maka pemasangan atap metal cukup cepat sehingga menghemat biaya pembangunan.

Tahan Api.

Umumnya atap metal tahan api, namun perlu diperhatikan jika umumnya penopang atap terbuat dari kayu yang mudah terbakar. Maka kemungkinan kebakaran akan menghancurkan kayu penopang atap saja.

Konduksi Panas.

Atap metal memantulkan sinar matahari sehingga menghemat penggunaan penjeyuk udara.

atap metal rumah hunian pemasangan

Kekurangan Atap Metal

Biaya.

Harga atap metal cukup mahal. Jika penghuni bersifat temporer atau kontrak tentu secara ekonomi akan rugi karena rasio biaya untuk pembelian atap metal dengan manfaat yang didapat kecil. Berbeda jika hunian permanen dan penghuni tidak mempunyai rencana pindah selama lebih dari 25 tahun.

Baca Juga:  Decking WPC Vs Decking Kayu, Mana yang Paling Unggul dan Ekonomis?

Suara.

Saat hujan, atap metal besar kemungkinan akan menimbulkan suara berisik. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan bahan penopang yang memiliki hambatan struktural untuk meminimalkan efek drum dan dengan menerapkannya pada isolasi yang mematikan suara dan selubung kayu lapis padat.

Melekuk.

Atap metal kadangkala mudah melekuk jika banyak beban berat diatas permukaannya.

Perawatan.

Beberapa atap metal yang dicat dapat mengelupas, tergores, dan pudar. Sehingga perawatan untuk pengecatan kembali cukup sulit.

Bocor.

Atap metal harus dipasang dengan benar untuk menghindari kebocoran. Jika sekrup untuk atap metal dipasang melalui permukaan yang rata (bukan bubungan yang terangkat), air hujan dapat mengalir ke atap dan meresap ke dalam lubang sekrup.

Baca Juga:  Pengeringan Beton, Berapa Lama Bisa Kita Lewati?

Kata Kunci:

belajar nukang bangunan,inovasi tentang atap seng

Komentar

comments

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker