3D Printing & CNC

Rekomendasi Merk Produk 3D Printer Terbaik Agar Tak Salah Pilih

Merek 3D Printer Terbaik dan Terpopuler

Prospek penggunaan teknologi 3D Printer dalam berbagai sektor kehidupan sangat menjanjikan. Semenjak masuk ke Indonesia pada tahun 2010 silam, perlahan tapi pasti teknologi ini mulai dilirik industri kreatif untuk membantu proses pembuatan prototype proyek, miniatur, hingga mainan.

Penggunaannya kemudian merambah ke bidang lain seperti industri manufaktur, pendidikan, hingga dunia medis. Pasalnya, 3D Printer sangat memudahkan proses produksi sehingga dampak jangka panjangnya dapat meningkatkan perekenomian secara signifikan.

Oleh karena itu, apabila berminat memiliki perangkat canggih ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa merk 3D Printer terbaik agar tak salah pilih dan sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut ini rekomendasi merk-merk 3D Printer terbaik yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Anycubic Photon 3D Printer

3D Printer pertama yang sangat direkomendasikan adalah Anycubic Photon karena merk ini telah ditunjang oleh teknologi DLP yang berarti kinerjanya menggunakan teknik LCD Shadow Masking. Ukuran layar sentuhnya 2,8 inch dengan Color TFT. Printer ini sanggup mencetak objek berketebalan 25-100 mikron dengan tingkat kecepatan sekitar 10-20 mm/jam. Dari segi tampilan juga sangat cantik dan termasuk unik jika dibandung produk lain.

Baca Juga:  Mesin Cetak Bangunan 3D, Cara Kerja Mesin Cetak Beton 3D

2. Replicator MakerBot+

Replicator MakerBot+ merupakan upgrade terbaru dari 3D Printer MakerBot Replicator yang telah familiar digunakan. Ciri khasnya adalah desainnya yang sangat bagus serta dilengkapi dengan fitur keamanan. Setara dengan harganya yang mahal, printer ini memiliki tingkat akurasi yang juga tinggi sehingga kualitas hasil cetaknya sangat bagus. Material filamen yang dipakai adalah PLA (polylactic acid) berketebalan 1,75 mm.

3. Printer 3D Creality CR-10S

Selanjutnya adalah 3D Printer yang body-nya dibuat dengan material logam kokoh bernama Creality CR-10S. Merk ini mempunyai dua versi kecepatan yaitu kecepatan untuk proyek reguler sebesar 60-80 mm/s dan kecepatan khusus untuk proyek maksimal mencapai 200 mm/s.

Baca Juga:  5 Cara Merawat Mesin 3D Printer Agar Terhindar dari Kerusakan

Alat merk ini didukung oleh 5 motor penggerak sehingga mampu mencetak objek berukuran besar dengan dimensi sebesar 300x300x400 mm. Tingkat ketelitiannya juga sangat tinggi yaitu 0,005 mm.

4. Snapmaker 1.0 3-in-1 3D Printer

Sesuai namanya, printer merk ini menawarkan tiga fungsi sekaligus dalam satu perangkat. Ketiga fungsi tersebut yaitu mencetak objek 3D, mengukir objek dengan laser ataupun kayu, dan serta tersedia fitur CNC atau Computer Numerical Control yang berguna untuk mengukir atau memotong permukaan objek.

Alat ini biasanya direkomendasikan untuk pemula yang baru pertama belajar menggunakan 3D Printer karena pengoperasiannya termasuk mudah. Hasil cetaknya sangat baik karena ditunjang dengan resolusi lapisan sebesar 50-300 mikron.

5. Anet A8 Prusa i3 Autoleveling 3D Printer

Merk ini termasuk merk unggulan karena pencetakannya mendukung semua jenis material seperti kayu, nilon, PVA, TPE, HIPS, PLA, PETG, serta ABS. Dengan harga yang terjangkau, produk ini mampu memproduksi objek berukuran hingga 220x220x240 mm dengan tingkat ketebalan 0,1-04 mm. Produk printer rakitan ini mendukung pengaturan tingkat kekuatan barang yang akan dicetak.

Baca Juga:  8 Software Grafis Terbaik untuk Menyiapkan Desain Digital Laser Cutting

6. LuzBot Taz 6

Merk terakhir ini merupakan 3D Printer yang menggunakan teknologi FDM. Desain kerangkanya kokoh dengan bed yang cukup besar berukuran 280 mm x 280 mm x 250 mm. Ditunjang dengan hardware open source sehingga perangkat ini sangat fleksibel dalam penggunaannya. Merk ini juga memiliki versi mungilnya yang bernama LuzBot Mini. Luzbot Mini memiliki fungsi serupa namun dengan skala yang lebih kecil dibanding LuzBot Taz 6.

Demikianlah beberapa merk 3D Printer yang terekomendasi dan sudah umum digunakan. Pilihlah merk yang sesuai dengan kebutuhan Anda baik dari segi harga, kebutuhan, dan kualitasnya agar printer termanfaatkan secara maksimal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami