3D Printing & CNC

Inilah 6 Penerapan Mesin CNC dalam Berbagai Sektor Industri

Inovasi teknologi permesinan CNC atau Computer Numerical Control memungkinkan berbagai industri untuk membuat objek-objek yang rumit. Banyak perusahaan menggunakan mesin CNC untuk memenuhi keperluan produksi massal maupun untuk membuat suku cadang khusus untuk bidang tertentu. Mulai dari bidang kesehatan, otomotif, hingga peralatan militer tidak sedikit yang bergantung pada teknologi ini.

Ketepatan dan presisi merupakan hal yang sangat vital dalam penciptaan komponen bidang kesehatan, militer, penerbangan, dan industri lain. Salah sedikit saja pada detail komponen bisa berakibat fatal hingga mengancam nyawa, sehingga sektor-sektor tersebut membutuhkan mesin yang akurasinya tingkat tinggi seperti mesin CNC.

Setiap sektor industri memiliki kebutuhan masing-masing dalam menciptakan produk. Berbagai jenis mesin CNC yang didukung dengan teknik-teknik berbeda telah membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Adapun pengaplikasian mesin serbaguna ini dalam beberapa sektor yaitu:

1. Medis

Pengaplikasian mesin CNC dalam sektor medis meliputi pencetakan massal komponen medis tertentu di bawah pengawasan badan pengawas kesehatan. Hal ini dikarenakan mesin ini bisa digunakan pada tipe material yang aman bagi kesehatan. Apalagi prinsip kerjanya yang memungkinkan untuk membuat bagian sekali pakai dalam jumlah banyak sehingga cocok untuk bidang kesehatan yang seringkali menggunakan peralatan sekali pakai guna menghindari penularan penyakit.

Baca Juga:  Mesin Pemotong Kilat Serbaguna: CNC Plasma Cutting

Tingkat presisi dan akurasi yang tinggi pada mesin CNC sesuai dengan kebutuhan peralatan medis yang harus memenuhi standar tertentu. Contoh benda yang dihasilkan dengan mesin ini yakni instrumen bedah, implan, peralatan riset, instrumen medis, dan perangkat ortotik.

2. Mebel dan Furniture

Industri mebel dan furniture merupakan pengaplikasian mesin CNC yang paling umum ditemukan. Mesin CNC yang mampu melakukan kerja pengeboran, pengamplasan, pemotongan, dan pemahatan secara otomatis berguna sekali untuk membuat produk mebel yang berkualitas.

Produk yang biasa dibuat menggunakan mesin ini mencakup set lemari, pintu, meja, kursi, dan lain sebagainya. Pembuatan desain produk furnitur yang cenderung rumit menjadi mudah direalisasikan melalui mesin CNC yang tersedia dengan berbagai konfigurasi sumbu. Dengan mesin canggih ini, pengerjaan jadi lebih cepat dan hasil semakin bagus.

3. Otomotif

Sektor industri otomotif telah lama sudah mengandalkan mesin CNC untuk membuat prototype dan produksi spare-part. Material berbahan logam yang sudah diekstruksi dibentuk menjadi roda gigi, sumbu, blok silinder, baut, dan komponen lain. Untuk material berbahan plastik diolah mesin CNC menjadi bagian dasbor kendaraan dan komponen pengukur bahan bakar.

4. Peralatan Luar Angkasa

Pesawat ruang angkasa harus dibuat dengan tingkat presisi tinggi agar tidak membahayakan astronot di luar angkasa nantinya. Mesin CNC merupakan pilihan yang tepat bagi ahli permesinan alat luar angkasa. Beberapa komponen yang pernah dibuat menggunakan perangkat ini yaitu dudukan mesin, bagian pengalir bahan bakar, roda pendaratan, hingga panel bahan bakar.

5. Elektronik

Produk perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop saat ini sudah banyak yang diproduksi menggunakan mesin CNC. Dalam sektor industri elektronik, mesin tersebut umum dimanfaatkan untuk membuat prototype serta mencetak produk. Salah satu yang terkenal adalah Sasis Apple Macbook, permesinan CNC yang terbuat dari ekstruksi aluminium yang kemudian dianodisasi. Bagian yang dibuat antara lain casing ponsel (housings), jig, fixture, dll.

6. Militer

Sektor militer tak ketinggalan untuk beralih menggunakan mesin CNC untuk membuat prototype serta memproduksi suku cadang. Apalagi produk hasil mesin CNC memiliki karakteristik kokoh, tangguh, tahan lama, dan tidak mudah rusak meskipun dengan perawatan minimal. Komponen yang biasa dibuat mencakup peralatan komunikasi, perangkat elektronik, suku cadang kendaraan militer, dll.

Baca Juga:  Tips Memilih Mesin CNC dan Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami