3D Printing & CNC

Tips Memilih Mesin CNC dan Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli

Panduan Membeli Mesin CNC Agar Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Mesin CNC dan Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli. Dunia perindustrian manufaktur saat ini lebih mengutamakan efisiensi dan pemenuhan standar kualitas produk. Untung saja ada teknologi CNC (Computer Numerical Control) yang mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Melalui pemrograman khusus, mesin-mesin produksi bisa beroperasi secara otomatis hanya dengan pengontrolan komputer. Barang yang dihasilkan mesin ini unggul dengan kualitas presisinya, ditambah lagi prosesnya tidak memakan waktu lama. Sekali produksi, mesin CNC bisa menciptakan banyak barang dengan kualitas sama persis.

Nah, output produksi yang menakjubkan tersebut tidak secara ajaib terjadi. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda harus mempelajari seluk beluk tentang mesin CNC mulai dari komponen, cara kerja, jenisnya, dan riset harga. Selanjutnya Anda wajib mempertimbangkan beberapa hal dasar dalam memilih mesin CNC yang tepat. Mesin yang tepat adalah mesin yang sesuai dengan kebutuhan, awet, berfungsi dengan baik, dan terjamin kualitasnya.

Baca Juga:  Panduan Dasar Pengoperasian Mesin CNC untuk Pemula

 

Tips Memilih Mesin CNC

Di bawah ini ialah beberapa Tips Memilih Mesin CNC yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Berat Mesin

Rata-rata perkakas mesin CNC terbuat dari tiga jenis material yakni aluminium, cor besi, atau komposit polimer. Mesin CNC berbahan aluminium dan polimer memiliki berat yang ringan dan lebih disarankan untuk pengerjaan produksi kecil. Sedangkan yang berbahan besi lebih cocok untuk produksi besar yang menuntut pekerjaan berat. Dibanding dua jenis lainnya, mesin berbahan besi memang lebih berat namun terbilang lebih awet sehingga tepat untuk keperluan jangka panjang.

2. Kecepatan Mesin

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat kecepatan mesin CNC. Kecepatan mesin sangat menentukan produktivitas. Semakin cepat mesin beroperasi maka semakin banyak produk yang bisa dihasilkan dalam sekali produksi. Dengan begitu biaya produksi bisa terpangkas signifikan karena ada penghematan waktu.

Baca Juga:  Harga Mesin 3D Printer Berbagai Tipe dan Merk

3. Kemampuan Kerja

Sebelumnya Anda pasti sudah menentukan mesin jenis apa yang Anda butuhkan untuk keperluan produksi Anda. Pilihlah mesin yang kemampuannya melampaui target produksi maksimum Anda. Nah, semisal Anda membutuhkan mesin CNC Plasma Cutting, pilihlah tipe mesin yang mampu memotong material yang lebih sulit dan lebih besar daripada material yang pernah Anda potong sebelumnya.

4. Ketersediaan Suku Cadang

Tak ubahnya seperti kebanyakan perkakas lain, mesin CNC ada saatnya mengalami kerusakan. Kerusakan bisa terjadi karena komponen mesin sudah aus atau karena terjadinya kesalahan operasi saat mesin digunakan. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa mesin CNC yang Anda pilih memiliki ketersediaan suku cadang yang melimpah dan mudah ditemukan. Sehingga teknisi bisa dengan sigap memperbaiki mesin setiap kali ada kerusakan. Dengan begitu, Anda tidak harus menunggu lama saat mesin mogok sampai bisa beroperasi kembali.

Baca Juga:  3 Kegunaan Mesin Router CNC dan Panduan Pengoperasian untuk Pemula

5. Konsumsi Daya

Mesin-mesin besar selalu identik dengan boros energi karena memerlukan konsumsi daya yang tinggi. Mesin CNC tersedia dalam beberapa jenis dan tipe yang bisa Anda pilih sesuai keperluan. Pastikan mesin CNC yang dibeli mengonsumsi daya lebih rendah dari kapasitas daya yang ada di pabrik atau tempat kerja. Sekiranya tidak ada, maka pabrik itu yang harus menambah kapasitas daya agar mesin bekerja secara optimal.

Harga mesin CNC termasuk sangat tinggi, maka lakukan survei benar-benar sebelum membelinya. Peralatan harus sesuai dengan ketersediaan dana dan kebutuhan agar Anda tidak merugi di kemudian hari. Mesin CNC dirancang lebih unggul daripada mesin-mesin konvesional, sehingga jika terjadi kegagalan bisa jadi karena kita terlalu terburu-buru dan asal membeli. Selain beberapa hal di atas, Anda bisa konsultasi dengan ahli permesinan atau teknologi agar pertimbangannya lebih mantap dan kredibel.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker