Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Mesin dan Power ToolsPengelasan & Welding

Mesin Plasma Cutting, Alat Pemotong Logam Murah Tanpa Gas Berbahaya

Mesin Plasma Cutting, Alat Pemotong Logam Murah Tanpa Gas Berbahaya. Pernahkah kita melihat orang memotong plat besi dengan tabung gas? cara pemotongan logam besi dengan gas Oxy-Acetylene memang banyak dilakukan. Namun saat ini ada mesin untuk memotong logam dengan hanya menggunakan udara dari kompresor sehingga relatif aman dan murah.

Prinsip dasar Plasma Cutting ialah menggunakan listrik untuk memanasi udara dengan sangat tinggi hingga pada titik plasma. (panas diatas ribuan derajat celcius) yang kemudian ditiup melalui logam yang akan dipotong. Plasma Cutting sangat sederhana dan hanya memerlukan pasokan udara yang dipadatkan dan stopkontak listrik AC untuk beroperasi.

Plasma Cutting adalah alat terbaru dan alat yang paling ekonomis yang sering digunakan, cara yang mudah dan simple untuk memotong berbagai logam berat dan tebal dengan bentuk lebih akurat. Plasma Cutting dapat memotong lebih halus,lebih cepat dan efisien dari Oxy-Acetylene Torch.

Baca Juga:  Alat Tukang Tenaga Baterai (Cordless Power tools), Panduan Pembeli!

cara kerja mesin plasma cutting

Prinsip dasar dari Plasma Cutting adalah menggunakan aliran listrik DC untuk memanasi udara hingga suhu yang sangat tinggi sampai pada titik plasma ( panas diatas ribuan derajat celcius ) yang kemudian didorong melalui logam yang akan dipotong. Plasma Cutting sangat sederhana dan hanya memerlukan pasukan udara ( dari Kompresor ) dan Stop kontak listrik untuk beroperasi

Bagian dari Plasma Cutting terdiri dari Power Suply, klem tanah atau Ground Negative dan Hand Torch. Fungsi Utama dari power supply adalah mengubah tegangan AC ke adjustable diatur pengguna ( secara kontinu ) menjadi arus DC. Hand Torch berisi pemicu untuk mengendalikan pemotongan dan nozzle tempat keluarnya udara dari kompresor. Sebuah elektrida juga terpasang didalam Hand Torch di belakang ujung nozzle.

Baca Juga:  Mengoptimalkan Sambungan Las dan Menghindari Kegagalan Struktur

 

bagian mesin plasma cutting

Mesin plasma cutting sangat aman karena hanya menggunakan kompresor untuk memampatkan udara. Tidak memerlukan tabung oksigen dan tabung oxyteline sehingga lebih murah, bahkan nyaris tanpa biaya kecuali pengeluaran untuk listrik.

 

Pengopersian Mesin Plasma Cutting

Diawali dengan kontak antara elektroda ( menyentuh ) nossel

  • Ketika Hand Torch dinyalakan ,arus DC mengalir melalui proses ini Ketika Tombol ditekan.
  • Kemudian , Udara Panas menekan dan mulai berusaha keluar bersamaan dan keluar dari ujung mulut nozzle.
  • lalu kompresor mendorong udara yang sudah dimampatkan keluar dari nozle.
  • Udara mengalir dan menetapkan celah tetap antara elektroda dan ujungnya, (Power Suplai secara otomatis meningkatkan tegangan untuk mempertahankan supaya arus stabil dan konstan, melalui proses berkesinambungan, arus listrik kemudian menjadi memanas dan panas menjadi plasma ).
Baca Juga:  Mata Gerinda, Berbagai Jenis Pisau Mata Gerinda yang Umum Digunakan

Harga Mesin Plasma Cutting

harga mesin plasma cutting atau mesin potong plasma sangat bervariasi tergantung spek dan merek. Sebagai gambaran mesin Plasma cutting Redbo 40 AmpereĀ  Rp 2.850.000 dan 60 Ampere Rp. 6.000.000. Mesin RHINO Plasma Cutting Machine CUT-70 Rp. 5.600.000. lalu merek Krisbow 40 Ampre harganya mencapai Rp. 12.000.000. Harga tersebut masih belum termasuk kompresor sebagai sumber pendorong udara.

 

Kata Kunci:

bagian bagiangas cutting machine,cara kerja mesin plasma cut,kekurangan dari mesin plasma arc cutting (pac)

Komentar

comments

Tags
harga mesin plasma cutting harga mesin potong plasma jual mesin plasma cutting mesin plasma cutting mesin potong plasma

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker