Pengelasan & WeldingTeknologi dan Inovasi

Pengelasan Robot Bisa Meningkatkan Produktifitas Perusahaan Kecil

Kelebihan Pengelasan Robot Dibanding Manual

Pengelasan Robot Bisa Meningkatkan Produktifitas Perusahaan Kecil. Pengelasan robot menawarkan banyak manfaat bagi perusahaan dari semua ukuran – mulai dari peningkatan produktivitas dan konsistensi pengelasan hingga biaya produksi, juga tenaga kerja dan material yang lebih rendah.

Ketika diterapkan dengan benar, sistem pengelasan ini juga membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan yang belum melakukan transisi ke teknologi ini. Banyak perusahaan kecil mulai melakukan investasi dalam otomatisasi dan menyadari hasil positif.

Namun, ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan sebelum menambahkan robot pengelasan ke workshop. Memilih sistem yang tepat, menilai ruang fasilitas yang tersedia, dan melatih operator pengelasan dengan benar adalah beberapa faktor yang dapat membantu perusahaan memperoleh efisiensi terbaik dan pengembalian terbaik.

Baca Juga:  Industri Konstruksi Harus Adaptif Hadapi Revolusi Industri 4.0

Apa keuntungan dari Pengelasan Robot?

Sistem pengelasan ini menawarkan konsistensi dan pengulangan yang dapat mengarah pada peningkatan signifikan dalam produktivitas dan kualitas bagian jadi. Kualitas yang lebih baik itu juga membantu mengurangi waktu dan uang yang dihabiskan untuk pengerjaan ulang.

Selain itu, sistem ini dapat menurunkan biaya produksi dengan mengurangi limbah dan kebutuhan tenaga kerja. Misalnya, robot pengelasan memiliki kemampuan untuk meletakkan jumlah logam las yang sama setiap kali lulus dengan pengawasan terbatas, menghilangkan masalah pengelasan berlebih dan limbah logam pengisi serta biaya terkait.

Manfaat tersebut diterjemahkan ke banyak aplikasi di toko-toko besar dan kecil. Namun investasi dalam satu sel robot di toko yang lebih kecil dapat mengakibatkan otomatisasi pengelasan mengambil alih persentase yang lebih tinggi dari total hasil pengelasan, untuk pengembalian investasi (ROI) yang berpotensi lebih besar.

Baca Juga:  Sensor & Internet of Things Akan Jadi Trend Industri Bangunan

Sementara perusahaan yang lebih besar mungkin memiliki lebih banyak sumber daya untuk digunakan ketika menambahkan otomatisasi pengelasan, toko-toko kecil berpotensi mendapatkan fleksibilitas yang lebih besar sambil menambahkan otomatisasi. Namun, aturan praktis yang baik untuk perusahaan yang mempertimbangkan pengelasan robotik – termasuk yang kecil – adalah mengevaluasi operasi pengelasan dan suku cadang sebelum melakukan pembelian.

Ada teknologi dan solusi yang tersedia yang membuatnya lebih mudah dan lebih layak untuk perusahaan kecil menambahkan robot pengelasan. Salah satu contohnya adalah sel las robot pra-kabel dan pra-rakitan. Bahkan, beberapa sistem yang sudah dikonfigurasikan dapat berjalan dan beroperasi dalam hitungan jam.

Pemrograman offline juga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan. Hal ini memungkinkan toko untuk memprogram bagian-bagian dan perlengkapan desain sebelum pengelasan sebenarnya terjadi di sel las.

Baca Juga:  Robot Pengelasan, Kelebihannya Dibanding Pengelasan Manual

Fitur ini menawarkan kemampuan untuk menghilangkan kesalahan apa pun sebelum material dipotong untuk perlengkapan dan dapat mengurangi waktu henti alat berat untuk pemasangan. Hasilnya adalah uptime dan throughput yang lebih besar yang secara konsisten tinggi.

Komentar

comments

Tags
biaya pengelasan robot harga robot las investasi pengelasan robot kelebihan pengelasan robot merek robot las terbaik pengelasan robot

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker