Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pengelasan & Welding

Cara Mengatur Besar Arus Amper Pada Pengelasan dengan Mesin Las Listrik

Cara Mengatur Besar Arus Amper Pada Pengelasan dengan Mesin Las Listrik. Bagi para pemula yang menggunakan las busur listrik (Las SMAW) menentukan besar arus untuk menyesuaikan elektrodan dan material las agak sulit. Berbeda dengan para profesional yang sudah berpengalaman dan mempunyai feeling yang bagus. Namun semua tentu ada waktunya, bagi pemula memulai adalah sebuah langkah besar untuk menjadi profesional.

Besar kecilnya amper las terutama tergantung pada besarnya diameter elektroda dan tipe elektroda. Kadang kala juga terpengaruh oleh jenis bahan yang dilas dan oleh posisi atau arah pengelasan. Biasanya, tiap pabrik pembuat elektroda mencantumkan tabel variabel penggunaan arus las yang disarankan pada bagian luar kemasan elektroda.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Las TIG dan Panduan Dasar TIG Welding (Tungsten Inert Gas)

Di lain fihak, seorang operator las yang berpengalaman akan dengan mudah menyesuaikan arus las dengan mendengarkan, melihat busur las atau hasil las. Namun secara umum pengaturan amper las dapat mengacu pada ketentuan berikut :

mengatusr arus listrik mesin las
Diagram cara mengatusr arus listrik mesin las

 

Memulai dan menghentikan pengelasan

Penyalaan busur las dapat dilakukan dengan menyentuhkan ujung elektroda dengan benda kerja, sebaliknya untuk memadamkan busur las dengan cara menjauhkan ujung elektroda dari benda kerja. Benar tidaknya penyalaan dan pemadaman busur las akan memepengaruhi mutu lasan terutama pada sambungan alur las.

Setelah diperoleh busur las maka kemudian elektroda dijalankan pada kecepatan tertentu untuk membentuk alur las. Menjalankan elektroda boleh ditarik lurus maupun diayun dengan selalu menjaga busur las pada ukuran yang stabil. Sudut elektroda terhadap benda kerja tergantung posisi pengelasan.

Baca Juga:  Mengenal Kode dalam Kawat Las Listrik Atau Elektroda

sebelum mengangkat elektroda untuk emnghentikan pengelasan sebaiknya panjang busur dikurangi dengan merapatkan elektroda, baru kemudian elektroda ditarik agak miring. Pemadaman busur las sebaiknya tidak dilakukan di tengah – tengah kawah las tetapi diputar sedikit kembali kemudian ditarik

Kata Kunci:

cara mengatur ampere las listrik,cara setting las co2,cara setting las argon,cara setting mesin las mig,cara mengatur las mig,setelan las argon,cara setting mesin las co2,ukuran kawat las dan ampere,cara setting las mig,teknik las co2

Komentar

comments

Tags
belajar pengelasan pemula mengatur arus las pengelasan pengelasan adalah pengelasan smaw pengelasan aluminium pengelasan baja pengelasan bawah air pengelasan gmaw pengelasan gtaw pengelasan kapal pengelasan listrik pengelasan mig pengelasan oksi asetilen pengelasan pipa pengelasan stainless steel pengelasan tig setting amper las setting arus mesin las

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker