Pertukangan Cat & FinishingTeknik Otomotif

Mengenal Thinner dan Solvent untuk Pengecatan Mobil dan Kayu

Mengenal Thinner dan Solvent untuk Pengecatan Mobil dan Kayu. Solvent adalah suatu cairan yang dapat melarutkan resin dan mempermudah pencampuran pigment dan resin dalam proses pembuatan cat. Solvent sangat cepat menguap apabila cat diaplikasi.

Kegunaan solvent (thinner) ini untuk mengencerkan campuran pigment (zat pewarna) dan resin (zat perekat) sehingga menjadi agak encer dan dapat disemprotkan selama proses pengecatan. Thinner juga menurunkan kekentalan cat sampai tingkat pengenceran tertentu yang tepat untuk pengecatan dengan kuas, semprot atau roll.

Thinner menguap sesaat setelah cat disemprotkan, thinner akan menguap dan meninggalkan resin dan pigment yang kemudian kedua zat tersebut akan membentuk lapisan yang keras. Solvent berdasarkan kegunaannya dibedakan menjadi dua macam. Solvent untuk cat lacquer (thermoplastic resin) disebut thinner dan solvent untuk cat dengan pelarut yang berkualitas baik.

Baca Juga:  Merawat Kompresor Agar Awet dan Selalu Top Perform
Proses pencampuran thinner
Proses mencampur thinner harus tepat dengan gelas ukur

Solvent murni, adalah larutan yang mampu melarutkan sesuatu yang mengakibatkan cairan tersebut masuk kedalam larutan. Solvent murni melarutkan bahan residu dan binder. Jenis solvent (pengencer) yang biasa dipergunakan dalam pengecatan antara lain :

  • Pengencer lambat kering, ini digunakan pada pengecatan warna sistem acrylic yang ruangannya bersuhu 650 C keatas. Pengencer lambat kering berfungsi¬† untuk cat warna yang hasilnya kurang mengkilap, untuk pemakaian cat acrylic enamel di bengkel-bengkel,¬† untuk memadukan dua buah permukaan yang diperbaiki pada bodi kendaraan.
  • Pengencer cepat kering, ini digunakan untuk perbaikan cat acrylic lacquer yang asli. Jika menggunakan pengencer yang lambat kering akan terjadi keretakan. Fungsi pengencer ini adalah untuk mempercepat penguapan pengencer yang lambat kering jika diperlukan, digunakan pada cat primer surfacer pada suhu kurang lebih dibawah 60 C, mencegah terjadinya keretakan pada suhu rata-rata 65-85 C, untuk perbaikan setempat.
  • Retarder, adalah pengencer paling lambat kering yang digunakan untuk cuaca sangat panas. Fungsi retarder adalah mencegah pudarnya cat, memungkinkan penggunaan cat warna pada cuacayang panas, menyiapkan waktu yang cukup bagi cat untuk mengalir karena penguapannya lama, menambah kualitas untuk perpaduan warna karena over spraying kecil sehingga ada kesempatan untuk mengalir keluar lebih lama dan menambah kilap cat.
Baca Juga:  Memilih Kompresor untuk Pengecatan dan Finishing

 

Kata Kunci:

harga thinner a special 2017,jenis jenis masking mengecat mobil,AGAR PROSES PENGECATAN CEPAT KERING MENGGUNAKAN THINNER,jenis thinner dan fungsinya,harga thinner a spesial untuk finishing melamine,perbedaan thinner a dan b,Harga Thinner a spesial,beda thinner a dan b,proses pengecatan master cat duco,fungsi solvent

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker