Pertukangan Cat & Finishing

Cara Menyimpan Cat, Vernis, dan Thinner Agar Awet dan Aman

Metode Penyimpanan Bahan Cat, Vernis, dan Thinner

Cara Menyimpan Cat, Vernis, dan Thinner Agar Awet dan Aman. Ada berbagai macam jenis cat yang digunakan dalam dunia konstruksi untuk aplikasi interior, eksterior, dan berbagai substrat lainnya. Diperlukan metode penyimapanan yang tepat agar awet dan aman.

Ada beragam jenis cat yang digunakan dalam dunia konstruksi, berikut ini jenisnya:

  1. Cat Alkyd Syntetic.  

Alkyd Syntetic merupakan jenis cat yang memiliki tekstur kilap (gloss) tinggi yang digunakan sebagai cat finishing untuk interior dan eksterior. Memiliki kelebihan yaitu kuat dan tahan terhadap beragam cuaca. Pada umumnya, jenis cat ini gunakan sebagai pelapis permukaan besi dan kayu.

  1. Cat Emulsi Styrene Acrylic.

Pada cat ini terdapat campuran akrilik, jenis cat yang memiliki tingkat glossy tinggi ini biasanya masuk dalam kategori cat eksterior dan interior di mana cat ini memiliki daya yang kuat terhadap cuaca dan jamur. Cat styrene acrylic sangat tepat apabila digunakan untuk permukaan plesteran, beton, batako, asbes dan tripleks.

  1. Zinc Chromate Primer.

Zinc chrome merupakan jenis cat dasar yang digunakan untuk pelapis logam. Cat ini memiliki fungsi untuk menghindari karat-karat pada bagian logam. Biasanya digunakan sebagai pelapis pada logam, seng , besi dan lain sebagainya.

  1. Cat Duco.  

Cat duco atau yang sering disebut dengan cat dempul. Cat ini digunakan sebagai cat dasar untuk menutup permukaan kayu atau logam sehingga permukaan kayu atau logam menjadi lebih rapat.

  1. Cat Melamic. 

Terbuat dari bahan resin amino dan alkyd, biasanya digunakan untuk melapis permukaan kayu sehingga permukaan kayu menjadi lebih rata, dan menghasilkan tingkat glossy yang tinggi. Cat melamic ini cocok digunakan  untuk pengecatan kayu pada interior.

  1. Cat Stoving. 

Jenis cat stoving ini biasa diaplikasikan untuk proses  finishing cat pada logam.  Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari cat ini, biasa dilakukan proses tambahan berupa oven. Biasanya dipergunakan untuk pengecatan barang elektronik, logam, dan lain sebagainya.

  1. Cat Thermoplastic. 

Thermoplastic adalah cat paling sering digunakan untuk pengecetan jalan.

  1. Cat Epoxy.

Jenis cat epoxy ini mempunyai daya lekat yang kuat sehingga sering  digunakan sebagai penutup permukaan sebelum dilakukannya pengecatan. Jenis cat epoxy biasa dipergunakan untuk beton maupun logam.

Baca Juga:  Mengecat Plafon Gypsum dengan Tepat Agar Maksimal dan Hemat Biaya
10. Cat Polyurethane. 

Cat polyurethane memiliki tingkat glossy yang tinggi dan dapat digunakan sebagai anti gores.

 11. Cat Remover.

Cat ini memiliki campuran emulsi dari bahan kimia yang dapat mengelupaskan cat lama yang ada pada dinding.

Cara Menyimpan cat, vernis, dan Thinner

  • Cat, pernis, pernis, pengencer, dan bahan mudah terbakar lainnya harus disimpan dalam wadah tertutup atau tertutup dengan baik.
  • Wadah harus disimpan di lokasi yang berventilasi baik, bebas dari panas berlebihan, asap, percikan api, atau nyala api.
  • Lantai gudang cat harus terdiri dari pasir longgar setebal 10 cm.
  • Bahan cat dalam jumlah selain yang diperlukan untuk penggunaan sehari-hari harus disimpan di tempat penyimpanan biasa.
  • Kabel / fiting listrik sementara tidak boleh dipasang di gudang cat. Ketika lampu listrik, sakelar, atau peralatan listrik diperlukan, mereka harus berdesain anti ledakan.
Baca Juga:  Menggunakan Amplas yang Tepat untuk Pekerjaan Perkayuan

 

Penanganan Cat

  • Untuk mencegah akumulasi uap yang mudah terbakar, ventilasi yang memadai harus disediakan di semua area di mana pengecatan dilakukan.
  • Ketika pengecatan dilakukan di ruang terbatas di mana uap yang mudah terbakar atau meledak dapat terjadi, panas yang diperlukan harus disediakan melalui pekerjaan saluran yang jauh dari sumber nyala api.
  • Sumber nyala api, seperti nyala api terbuka dan elemen pemanas terbuka, tidak boleh diizinkan di area atau kamar di mana pengecatan semprot dilakukan dan merokok dilarang.
  • Bucket yang berisi pasir dan pemadam api (jenis busa) harus selalu siap untuk digunakan jika terjadi kebakaran.
  • Setiap pekerja yang menangani cat berbasis timbal harus meminum ½ liter susu per hari untuk konsumsi pribadinya.
Baca Juga:  Mengenal Thinner dan Solvent untuk Pengecatan Mobil dan Kayu

cara menyimpan cat harus benar-benar diperhatikan sebab selain berkaitan dengan keawetan bahan juga berkaitan dengan kese;lamatan kerja.

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker