Pertukangan Cat & Finishing

Takaran Clear Melamine dan Sanding Sealer Finishing Impra Melamine

Takaran Clear Melamine dan Sanding Sealer Finishing Impra Melamine. Saat finishing dengan melamine system, perhitungangan takaran clear melamine dan juga sanding sealer dengan kombinasi thiner dan pewarna (woodstain) memang harus jeli. Sering kali kita sebagai user melakukan takran berdasarkan feeling. Padahal akurasi antara Melamine : Hardener : Thiner haruslah sesuai standar.

Metode penakaran untuk komposisi bahan pada umumnya dilakukan dengan cara:

  • Perbandingan volume dengan gelas ukur.
  • Perbandingan Berat dengan menggunakan timbangan digital.

kedua cara diatas bisa digunakan, namun akan lebih efektif dengan menggunakan gelas ukur karena berdasarkan volume. Sementara kalau menggunakan timbangan seringkali berat jenis bahan clear, hardener, dan Thinner mempunyai berat jenis yang berbeda.

Baca Juga:  Mengenal Thinner dan Solvent untuk Pengecatan Mobil dan Kayu

 

Komposisi Takaran Clear Melamine dan Sanding Sealer

Komposisi takaran sebenarnya harus mengacu pada standar pabrik yang sudah tertulis di kaleng kemasan. Namun berdasarkan pengalamana penulis, akan dipaparakan sebagai berikut:

Komposisi Sanding Sealer + Pewarnaan

Komposisi sanding sealer jika dilakukan sekaligus dengan pewarnaan. Artinya didalam sanding sealer yang hendak disemprotkan juga diberi pewarna atau woodstain maka komposisinya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan 9 bagian bahan Sanding Sealer.
  • Tambahkan Thinner 6 Bagian (Jika digunakan pewarna 1 bagian maka bagian thiner dikurangi jadi 5 bagian)
  • Tambahkan 1 bagian hardener.

 

Komposisi Takaran Celar Gloos atau Doff

Komposisi finishing clear baik glossy maupun doff mengacu pada standar yang disarankan pabrik, yaitu sebagai berikut:

  • Gunakan 9 bagian Bahan Clear
  • Tambahkan Thinner 6 Bagian.
  • Tambahkan 1 bagian hardener.
Baca Juga:  Masalah Pengecatan Dinding dan Solusinya

 

Prosedur Aplikasi Melamine :

  • Amplas permukaan kayu dengan kertas amplas No.180 searah serat kayu. Bersihkan debu amplas dan kotoran lainnya dari permukaan kayu.
  • Isi pori-pori kayu dengan Wood Filler menggunakan kape, biarkan kering & amplas dengan kertas amplas no. 240 sampai permukaan kayu terlihat kembali
  • Warnai dengan Impra Woodstain WS-162 B. Aplikasikan dengan kuas kemudian lap sebelum kering.
  • Aplikasikan Impra Melamine Sanding Sealer MSS-123 (Spray) dengan perbandingan campuran : A : B : Thinner Serbaguna = 9 : 1: 6. Setelah kering, amplas ambang dengan kertas amplas no. 400. Ulangi tahap ini sekali lagi.
  • Aplikasikan Impra Melamine Lack ML-131 Clear Gloss/Dof/Semi Gloss (Spray) dengan perbandingan campuran A : B : Thinner = 9 : 1 : 6 sebagai lapisan akhir.
Baca Juga:  Mengecat Kitchen Set Lama Agar Fresh dengan Cat Duco

 

 

Kata Kunci:

cara aplikasi sanding sealer impra,ukuran campuran impra dengan tiner,kegunaan impra melamine hardener,jenis polyture impra,cara oerwarnaan melamine,cara mencampur melamin,cara mencampur clear impra,Cara memakai melamin yg benar,cara melamin kayu,campuran impra dan hedener takaran

Komentar

comments

Tags
komposisi clear dan thinner takaran clear dan thinner takaran clear melamine takaran sanding sealer takaran tiner melamin

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker