Pertukangan Cat & Finishing

Finishing Ulang Lantai Kayu, Tahap Pengecatan ulang Lantai Kayu

Proses Finishing ulang lantai kayu yang tepat

Finishing Ulang Lantai Kayu, Tahap Pengecatan ulang Lantai Kayu. ReFinishing Lantai kayu adalah pilihan yang jauh lebih murah dan hemat daripada mengganti seluruh lantai demi mengembalikan kilau dan tampilan lantai yang bagus.

Saat lantai sudah tua dan aus, lantai tersebut lebih rentan terhadap kerusakan. Mengganti lantai di rumah adalah biaya besar dan banyak orang tidak sanggup membayarnya sementara memperbaiki lantai bisa dengan biaya yang minimal.

Anda dapat menyewa perusahaan profesional atau melakukannya sendiri. Finishing ulang lantai kayu adalah proses yang melibatkan beberapa langkah tetapi tidak memakan waktu dan uang seperti kalau kita ingin menggantinya.

Menurut salah satu vendor lantai kayu AsiaFlooring.com, Waktu pengerjaan tergantung pada area yang akan diperbaiki tetapi rata-rata tiga sampai lima hari akan menjadi waktu yang ideal.

Baca Juga:  Menghilangkan Cat Kayu Dengan Mudah dan Praktis

cara finishing ulang lantai kayu

Tahapan Finishing Ulang Lantai kayu

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam proses finishing ulang lantai kayu adalah membersihkannya. Sisihkan furnitur sebanyak mungkinangan samapai mengganggu proses finishing. Vakum untuk membersihkan lantai dari semua debu dan kotoran.
  • Cuci lantai dengan kain lembab. Peras kain dan lakukan gerakan halus di atasnya sepanjang lantai kayu. Mulailah dengan sudut dalam dan bekerja menuju pintu, agar tidak menginjak lantai yang basah. Pastikan mengelap sisa air yang tersisa di dalamnya.
  • Sebelum memoles lantai kayu, baca instruksi bahan finishing dengan seksama. Beberapa bahan perlu diampelas dan juga instruksi jumlah lapisan yang diperlukan.
  • Lakukan tes pada bagian kecil dari lantai, lihat apakah hasilnya sesuai.
  • Semprotkan cat pada lantai atau letakkan di atas kain sesuai dengan instruksi pada paket bahan finishing. Bekerjalah dari sudut dalam, mencakup satu meter area sekaligus. (biasanya bahan finishing berbasis solvent menggunakan spray gun sedangkan yang berbasis air bisa menggunakan rol atau lap)
Baca Juga:  Menghitung Biaya Cat Duco Pintu Kayu

Agar lantai kayu tidak cepat mengalami kerusakan, perawatan lantai kayu harus benar-benar diperhatikan. Mengelap secara rutin dengan kain lembab ataupun juga dengan bahan pelapis sangat dianjurkan. Secara umum lantai kayu dapat bertahan sangat lama bahkan puluhan tahun. Bisa juga di amplas dan di cat ulang berkali-kali.

Komentar

comments

Tags
finishing ulang lantai kayu refinishing lantai kayu tahap finishing lantai kayu tips finishing lantai kayu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker