InteriorPertukangan Bangunan

Dinding Semen Ekspos: Murah, Menarik, dan Kian Digandrungi

Cara Membuat Dinding Semen Ekspose yang Artistik dan menarik

Dinding Semen Ekspos: Murah, Menarik, dan Kian Digandrungi. Unik, artistik dan natural, adalah alasan kenapa pemakaian dinding semen ekspos makin digemari. Selain meminimalkan biaya perawatan, mengekspos dinding semen pun menjadi lebih ekonomis karena tidak mengeluarkan biaya untuk cat atau material finishing lainnya.

Pemakaian semen ekspos tidak terbatas pada tampilan eksterior atau fasad bangunan saja. Ruang tamu, kamar mandi, dapur, ruang makan, bahkan kamar tidur bisa menggunakan semen ekspos, baik pada dinding, lantai ataupun plafon. Desain yang clean, simpel dengan satu warna yaitu abu-abu, membuat tampilan terlihat “minimalis”.

Semen Ekspos pada ruang tamu
Dinding Semen ekspos pada ruang tamu memberi kesan elegan namun natural

Rumah-rumah jenis ini akan banyak bermain dalam pengolahan material untuk menampilkan estetikanya. Bisa melalui teknik yang digunakan, bentuk atau  media penempatannya. Teknik yang digunakan akan memberikan hasil akhir yang berbeda-beda, berikut adalah teknik pengaplikasiannya:

 

Cara membuat Dinding Semen Ekspos

  • Teknik Kamprot

Cara ini akan memberikan hasil akhir berupa tekstur kasar atau lembut, tergantung dengan butiran pasir yang digunakan.  Terdapat dua teknik pengerjaan, yaitu manual dan mesin. Cara manual akan menghasilkan dinding bertekstur kasar dan tajam dengan bentuk butiran-butiran pasir.

Gunakan alat bantu sekop dan kawat ayakan. Caranya, satu sekop berisi campuran semen yang masih berbentuk butiran kasar dilempar menembus kawat ayakan, dengan jarak 5-10 cm  ke arah permukaan bidang yang akan ditutup.

Baca Juga:  5 Ide Kreatif Kamar Tidur Kecil di Ruang Sempit

Dalam menggunakan teknik mesin, bisa dengan alat bantu concrete spraying yaitu semacam alat penyemprot campuran semen.  Keunggulan menggunakan alat ini adalah hasil yang diperoleh pada bidang permukaan terlihat lebih halus, rata dan rapi.

 

  • Teknik Garuk

Hasil akhir dari teknik garuk, tergantung pada alat yang digunakan. Jika alat cetak dibuat dari papan, pola desain yang dihasilkan bisa dibentuk sesuai selera, misalnya dalam pola gerigi tegak lurus (persegi) atau pola meruncing. Untuk arahnya, bisa dibentuk arah horizontal, vertikal, miring atau membentuk pola-pola tertentu seperti kurva, motif ombak dan sebagainya. Dalam membuat motif cetak garuk yang rapi dan teratur, membutuhkan ketelatenan dan ketelitian tinggi.

Baca Juga:  Kitchen Set Tidak Harus Ada Kabinet Atas, Lihat Desain Kitchen Set Ini

Dinding Semen Ekspos: Teknik Acian

Teknik ini menampilkan permukaan semen yang halus dan licin. Untuk tampilan warnanya, adalah  abu-abu, seperti warna semen umumnya. Namun, jika ingin menampilkan warna yang lebih gelap atau terang dari warna standar, bisa digunakan zat additive, misalnya bisa ditambahkan tepung kapur untuk efek lebih terang pada hasil akhirnya.

Waspadai permasalahan yang biasa terjadi pada dinding semen ekpsos, yaitu retak rambut. Hal ini sering terjadi meski dalam pengerjaannya sudah benar-benar diperhatikan prosesnya. Retak rambut bisa terjadi karena pergeseran akibat gempa, hilangnya kandungan air pada saat membuat adukan plester/acian, dan perubahan suhu yang terus menerus. Untuk meminimalkan jumlah retak, lakukan hal berikut :

Baca Juga:  Kitchen Set Tahan Rayap Terbuat Dari Material Apa?

– Sejak awal, pastikan bata dinding harus basah saat hendak dipasang.
– Gunakanlah semen berkualitas baik dan pasir yang tidak bercampur dengan tanah untuk plesteran. Setelahnya, beri waktu yang cukup, kira-kira dua minggu, antara proses plesteran dan pengacian.
– Apabila retak rambut masih terjadi, tutup retaknya dengan plamir. Pilihlah warna plamir abu-abu yang sesuai dengan warna dinding ekspos.

Berikut ini adalah aplikasi Semen Ekspos Pada beragam ruangan

Dinding semen ekspos pada kamar
Aplikasi dinding pada kamar tidur bisa memberi kesan santai dan tenang

 

dinding semen
semen ekspos juga begitu indah jika digunakan pada kamar mandi

 

dinding semen
Dapur juga kian menarik dengan semen ekspos

 

Sumber Artikel: Keluargakokoh.com

Kata Kunci:

semen ekspos,Kebutuhan semen dinding kamprot,harga semen expOse,harga semen ekspos,harga ekpos buat acian tangga,harga dinding ekspos beton,dinding semen ekspos,cara membuat motif pada dinding dengan semen,cara membuat acian tembok abu-abu,biaya semen ekspos per m2

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker