Pertukangan BangunanTips & Trik

Strategi Menghemat Biaya Bangun Rumah dan Konstruksi Rumah

Strategi Menghemat Biaya bangun Rumah dan Struktur Rumah. Proses pembangunan rumah biasanya menimbulkan banyak baiya yang tidak terduga. Khususnya dalam hal biaya konstruksi, hampir separo dari biaya pembangunan rumah biasanya terserap untuk biaya konstruksi. Diperlukan strategi yang tepat agar biaya konstruksi rumah tidak membengkak dan membebani anggaran.

Ada beberapa langkah untuk menghemat biaya bangun rumah, diantaranya:

  • Gunakan angka genap saat menentukan ukuran rumah. Dapat juga memakai kelipatan ukuran panjang material bahan bangunan untuk membuat konstruksi. Contohnya jika memakai konstruksi dari baja, ukurannya yaitu tiga, enam atau sembilan meter. Itu merupakan ukuran yang paling ideal. Sedangkan untuk yang memilih bahan dari beton, pakailah ukuran kelipatan empat.
  • Gunakan Bentuk model konvensional seperti kotak atau persegi panjang. Hal ini membuat biaya untuk membuat kontruksinya jauh lebih murah dibanding dengan bentuk yang lain seperti segitiga, bundar atau bentuk yang lain.
  • Tepat dalam memilih lahan. Usahakan untuk mendapat lahan yang bentuknya datar dan kondisi tanahnya cukup keras, tidak berlumpur atau gembur. Dan sebaliknya jangan pula memilih lahan yang sangat keras dan berbatu.Kondisi tanah atau lahan seperti ini bisa membuat biaya pembuatan konstruksi bisa membengkak karena membutuhkan teknik dan metode yang khusus. Demikian pula dengan tanah yang sudut kemiringannya terlalu curam karena harus diratakan lebih dahulu. Proses pemerataan tanah ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  • Perhatikan Cuaca. Sedapat mungkin proses pembuatan rumah ini dilakukan pada waktu musim kemarau. Lebih bagus lagi jika berada di awal musim tersebut. Karena jika dikerjakan pada waktu musim hujan, tentu ada beberapa jenis pekerjaan yang harus dihentikan sementara karena hujan sedang turun. Padahal di sisi yang lain kita tetap harus mengeluarkan biaya untuk gaji tukang meski dia tidak bekerja.
  • Cari SDM Handal, carilah tukang dan mandor yang berpengalaman dan punya jam terbang yang tinggi. Apalagi jika tidak punya banyak waktu atau kesempatan untuk melakukan pengawasan secara terus menerus. Meski mereka minta upah yang lebih tinggi, tapi bila kualitas hasil kerjanya memang bagus lebih baik memilih mereka saja, daripada memakai tukang atau mandor yang bayarannya lebih murah namun hasil kerjanya mengecewakan.
  • Maksimalkan Bahan Lokal. Pilihlah bahan yang merupakan produk lokal saja. Apalagi jika tinggal di daerah pedesaan, tentu akan lebih mudah menemukan kayu, batu bata dan sebagainya dengan harga yang jauh lebih murah.  Lalu untuk bahan lainnya, pilihlah yang memakai teknologi alternatif. Sekarang ini sudah banyak material yang dibuat menggunakan teknologi tersebut. Misalnya beton aerasi, semen mortar dan sebagainya.

Ingat bahwa properti adalah salah satu instrumen investasi, sehingga mendapatkan biaya konstruksi yang hemat dengan hasil maksimal tentuk akan memberikan keuntungan yang maksimal di masa depan.

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker