Beton dan SemenPertukangan Bangunan

Memoles Lantai Beton Agar Nampak Mengkilap dan Elegant

Cara Membuat Beton Poles Secara Efektif

Memoles Lantai Beton Agar Nampak Mengkilap dan Elegant. Permukaan lantai beton yang dipoles dibuat dengan proses mekanis dan pemolesan dengan bahan kimia penetran untuk memberikan tekstur yang berbeda. Pemolesan lantai beton adalah proses multi-langkah yang membutuhkan alat dan keahlian khusus. Penetrasi kimia yang digunakan untuk memoles disebut sebagai pengeras.

Bagaimana cara Memoles lantai Beton?

Properti beton yang dipoles diperoleh melalui efek permukaan. Ada beberapa cara untuk menghadirkan efek permukaan dari tampilan yang sudah dipoles ini. Apa pun metode yang dipilih, pendekatan dasarnya sama.

1. Proses Pengamplasan (Grinding)

Untuk memoles lantai beton, digunakan mesin yang dilengkapi dengan abrasive segmen berlian. Mesin ini membantu menggerus permukaan beton hingga kilau dan kehalusan yang diinginkan tercapai.

Pengamplasan biasanya dimulai dengan menggunakan pad berukuran paling kasar, kemudian pad yang paling halus. Sisa-sia serbuk amplas biasanya disiran dengan air agar bisa meningkatkan kualitas kilap.

Baca Juga:  Metode Pabrikasi Beton Pracetak, Jenis dan Aplikasinya

 

2. Metode Poles Beton

Beton dapat dipoles dengan dua metode, yaitu:

  • Metode Basah
  • Metode Kering
Metode Basah untuk Poles Beton

Dalam metode basah memoles beton, selama proses penggilingan, air digunakan untuk mendinginkan abrasive berlian. Juga untuk mengurangi jumlah debu yang dihasilkan selama proses pemolesan. Air yang digunakan dalam metode pemolesan basah membantu mengurangi gesekan. Air ini juga bertindak sebagai pelumas, sehingga meningkatkan masa pakai abrasive pemoles.

 

Metode Kering Poles Beton

Dalam metode pemolesan kering, tidak ada air yang digunakan selama proses. Untuk penggosok lantai, sistem penahanan dipasang sehingga debu yang terbentuk disedut langsung melalui mesin vakum. Dengan sistem penyedot debu built in, maka polusi akibat debu bisa diminimalisir. Metode kering umumnya digunakan dalam pemolesan lantai industri karena lebih nyaman, cepat dan ramah lingkungan.

Baca Juga:  Memilih Pipa Tembaga untuk Kebutuhan Properti dan Ledeng

 

Prosedur Memoles Lantai Beton

Prosedur langkah demi langkah untuk mendapatkan beton yang dipoles adalah:

  • Langkah pertama adalah menyiapkan permukaan beton dengan mengamplas. Permukaan beton yang akan dipoles disiapkan dengan menghilangkan lapisan yang ada di atasnya. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan diamond abrasive 16 hingga 20 grit.
  • Jika ada retak atau sambungan pada permukaan beton, harus didempul dengan menggunakan pengisi (semi-grid) atau epoxies.
  • Setelah didempul, permukaan amplas dengan abrasive diamond pad. Grit yang digunakan bisa berkisar dari 30 hingga 40. lalu grit 80 dan grit 150.
  • Setelah serangkaian pengamplasan, permukaannya dipadatkan dengan menggunakan pengeras kimia.
  • Pemolesan dilakukan dengan menggunakan diamond pad dengan grit bervariasi dari 100 hingga 200. Kombinasi keduanya juga dapat digunakan.
  • Pemolesan berikutnya dilakukan oleh 400 grit diikuti oleh 800 grit. Finishing akhir dilakukan oleh 1500 atau 3000 grit diamond-bond. Untuk menjaga permukaan, disarankan untuk menggunakan pelindung noda pada permukaan beton.
Baca Juga:  Skirting, Jenis dan Fungsi Skirting Pada Konstruksi Interior

Manfaat Beton Poles

  • Daya tahan tinggi
  • Menciptakan permukaan yang tidak licin karena memiliki koefisien gesekan yang tinggi
  • Perawatan yang rendah
  • Serangan serangga dan pertumbuhan jamur tidak dianjurkan
  • Membantu meningkatkan pencahayaan alami
  • Beton yang dipoles dapat dengan mudah dibersihkan dengan air atau pembersih netral
  • Beton yang dipoles dapat tahan terhadap lingkungan industri yang ekstrem
  • Bentuk 3D dapat dengan mudah dicapai dengan pemolesan beton dibandingkan dengan batu alam.

 

 

 

Komentar

comments

Tags
beton poles cara memoles lantai beton memoles lantai beton panduan memoles lantai beton tips memoles lantai beton

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker