Beton dan SemenKonstruksi

Abu Sekam Padi dalam Bangunan Konstruksi Berkinerja Tinggi

Penggunaan Abu Sekam Padi untuk Bangunan Konstruksi

Abu Sekam Padi dalam Bangunan Konstruksi Berkinerja Tinggi. Abu sekam padi (RHA) memainkan dua peran dalam konstruksi beton. Peran pertama adalah menggunakan sekam padi sebagai pengganti semen Portland yang mengarah pada pengurangan biaya beton, dan peran lainnya adalah sebagai campuran dalam produksi beton mutu tinggi.

Perlu diketahui bahwa, jenis abu sekam yang digunakan dalam beton adalah amorf, yang cocok untuk aktivitas pozzolan, bukan kristal

Ada banyak aplikasi abu sekam padi dalam konstruksi seperti beton kinerja tinggi, isolasi, beton hijau, lantai kamar mandi, lantai pabrik industri, waterproofing dan rehabilitasi, dan juga digunakan glasir keramik dan sirap atap.

Balok Bangunan Berbiaya Rendah

Semen Portland biasa mahal untuk negara-negara yang belum berkembang dan kebutuhan akan bahan bangunan berbiaya rendah tinggi. Karena kenyataan bahwa semen adalah komponen beton yang paling mahal, mengganti bagian semen dengan abu sekam padi akan sangat menurunkan biaya beton.

Baca Juga:  Jenis Marka Jalan dan Model Penandaannya Secara Internasional

abu sekam bakar beton

Hal ini menunjukkan bahwa, mengganti 50% semen dengan abu sekam akan mengurangi biaya beton sebesar 25%. Perusahaan Indonesia telah menggunakan proporsi campuran 10% semen, 50% agregat, dan 40% RHA ditambah air untuk menghasilkan balok. Kekuatan rata-rata balok adalah 12MPa.

 

Batu Bata Tahan Api

Abu sekam telah digunakan untuk memproduksi batu bata tahan api karena sifat isolasi. Ini dapat digunakan sebagai pengisi organik dalam batu bata tahan api di mana bahan organik terbakar selama pembakaran untuk menghasilkan produk berpori ringan. Batu bata tahan api digunakan dalam tungku yang terkena suhu ekstrem.

Bahan Konstruksi Ringan

Beton dengan kekuatan lebih tinggi dengan RHA memungkinkan produk dengan bobot lebih ringan, seperti balok berlubang dengan sifat insulasi termal yang ditingkatkan, yang menyediakan dinding yang lebih ringan untuk bangunan berbingkai baja.

Baca Juga:  Botol Plastik untuk Material Dinding Bangunan

Ini juga menyebabkan berkurangnya jumlah semen dan agregat. Abu sekam digunakan untuk menghasilkan papan isolasi ringan.

Abu Sekam padi sebagai Bahan isolasi

Ini digunakan sebagai insulant longgar di tempat tinggal, struktur pertanian dan pabrik penyimpanan dingin. Jika diinginkan mereka dapat tahan api dengan merendamnya dalam larutan asam borat dan boraks. Nilai isolasi sekam padi cukup tinggi.

 

Perbaikan Tanah

Abu sekam padi dalam kombinasi dengan semen dalam jumlah kecil dapat digunakan untuk stabilisasi dangkal.

 

Abu Sekam Padi untuk Industri baja

Abu sekam digunakan dalam industri baja untuk menghasilkan baja datar berkualitas tinggi. Abu sekamĀ  digunakan sebagai isolator karena karakteristik yang diinginkan seperti konduktivitas termal rendah, titik lebur tinggi, kepadatan curah rendah, dan porositas tinggi.

Baca Juga:  Pondasi Jembatan, Jenis dan Metode Konstruksi Pondasi untuk Jembatan

Ini digunakan untuk mencegah pendinginan baja yang cepat dan memastikan pemadatan yang seragam. Namun, ada kekhawatiran kesehatan mengenai penggunaan abu sekam dalam produksi baja karena oksida dengan elemen dalam baja seperti aluminium untuk membentuk alumina (Al2O3).

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker