Konstruksi

Tips Meningkatkan Produktifitas Perusahaan Konstruksi

Strategi Meningkatkan Produktifitas Kontraktor

Industri konstruksi menghasilkan Puluhan Triliun Rupiah dari PDB Nasional dan menyediakan mata pencaharian bagi lebih dari 10 juta karyawan. Namun, jika ingin perusahaan konstruksi Anda menjadi lebih kompetitif, Kita perlu meningkatkan produktivitas. Berikut ini lima cara untuk melakukannya:

 

1. Jaga tenaga kerja Anda

Tenaga kerja adalah sumber kehidupan perusahaan. Karyawan memberikan upaya fisik yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Mereka juga memberikan upaya mental yang diperlukan untuk mengendalikan biaya, mengatur jadwal dan memastikan bahwa proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.

Selain itu, karyawan mewakili perusahaan ketika mereka sedang bekerja. Karena itu, penting bagi Anda untuk merawat mereka. Berikut ini beberapa cara untuk melakukannya:

  • Beri mereka waktu istirahat

Pastikan karyawan memiliki cukup waktu jauh dari pekerjaan mereka untuk mengurus masalah pribadi. Hadiahi karyawan jangka panjang dan karyawan yang telah melampaui panggilan tugas dengan cuti tambahan. Jika mereka harus bekerja pada hari libur untuk menyelesaikan proyek konstruksi Anda tepat waktu, selesaikan dengan mereka dengan cuti tambahan atau dengan memberi mereka hadiah.

  • Reward

Ketika karyawan Anda memenuhi atau melampaui harapan Anda, Anda harus memberi penghargaan kepada mereka. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membayar bonus tunai. Anda juga dapat memberikan fasilitas seperti keanggotaan gym atau tiket ke acara olahraga. Anda juga dapat menyelenggarakan acara di seluruh perusahaan seperti piknik. Cara lain untuk memberi penghargaan kepada karyawan adalah dengan mengakui upaya mereka. Karyawan ingin lebih dari sekadar dibayar untuk kinerja mereka. Mereka ingin merasa dihargai dan menjadi bagian dari tim.

Baca Juga:  Inspeksi konstruksi, Pilar Manajemen Kualitas Konstruksi

2. Gunakan teknologi baru

Anda juga dapat meningkatkan produktivitas dengan memanfaatkan teknologi baru. Ini dapat menurunkan biaya pekerjaan per unit yang dilakukan dan meningkatkan efisiensi operasional. Dalam banyak kasus, teknologi baru akan memungkinkan untuk meningkatkan komunikasi, memberikan perkiraan biaya yang lebih baik dan lebih akurat melacak kemajuan berbagai proyek konstruksi Anda.

Teknologi baru, juga dapat membuat perusahaan Anda menonjol sebagai pemimpin teknologi. Hal lain yang teknologi baru akan lakukan untuk Anda adalah memastikan bahwa pelanggan Anda menerima perhatian yang layak mereka dapatkan.

3. Perhatikan detail

Ketelitian dan kurasi adalah kunci keberhasilan usaha. Namun, di situlah keuntungan berada. Misalnya, proyek Anda akan jauh lebih menguntungkan jika menggunakan bahan yang hemat biaya. Jika Anda perlu memperluas ruang kerja atau menambah gedung baru, Anda harus meluangkan waktu mengevaluasi dan membandingkan efektivitas biaya dari berbagai bahan. Dalam banyak kasus, misalnya, Anda akan menemukan bahwa bahan yang paling hemat biaya untuk digunakan adalah baja. Ini karena baja berlimpah, sangat kuat dan pasokannya melimpah.

4. Temukan perangkat lunak manajemen konstruksi yang tepat

Jika sudah cukup lama menginstal perangkat lunak manajemen konstruksi (CMS), Anda harus mempertimbangkan untuk memutakhirkannya ke versi yang lebih baru atau menemukan alat baru yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan baik. Banyak kemajuan telah dibuat dalam CMS selama beberapa tahun terakhir, termasuk kemajuan dalam teknologi cloud dan aplikasi mobile. Ini terutama berlaku untuk perusahaan konstruksi yang beroperasi di area yang luas atau secara global.

Baca Juga:  Pembiayaan Kontraktor, Berbagai Biaya yang Dikeluarkan Oleh Kontraktor

Solusi perangkat lunak (Software) yang andal akan memudahkan Anda melacak biaya, meningkatkan proses pembangunan, dan tepat waktu. Anda juga dapat menggunakan CMS untuk mengalokasikan tenaga kerja dan peralatan. Selain itu, Anda akan dapat membuat perubahan dengan cepat untuk menyelesaikan tantangan yang tidak terduga.

5. Visualisasi yang efektif

Untuk merencanakan dan melaksanakan proyek konstruksi secara efektif, Anda perlu menerapkan Software teknik dan solusi digital terbaru. Penggunaan grafik komputer dan teknologi IT terbaru dalam industri konstruksi membuka sejumlah peluang seperti:

  • Penerapan manajemen basis data memungkinkan potensi untuk mengatur dan mempercepat proses pengadaan
  • Di era teknologi yang berkembang cepat, alat dan otomatisasi terbaru, seperti kecerdasan buatan, akan mempercepat dan meningkatkan proses pengambilan keputusan.
  • Komunikasi dan transmisi antara berbagai pihak dapat diatur menggunakan teknologi internet alih-alih kerja keras dalam bentuk kertas.
  • Internet dan metode pembayaran online yang luas juga dapat digunakan untuk transaksi cepat, pengadaan barang, tender, dan banyak lagi.

6. Meningkatkan manajemen rantai pasokan

Salah satu perhatian utama dari setiap perusahaan konstruksi adalah pengadaan dan perolehan bahan dan pasokan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Jelas bahwa ada peluang besar untuk peningkatan manajemen rantai pasokan di bidang konstruksi karena saat ini, situasinya memiliki digitalisasi rendah atau tidak ada sama sekali. Waktu tenggang yang diperpanjang dan transaksi antara memesan dan menerima bahan yang sudah dibeli memiliki dampak besar tidak hanya pada waktu dan kualitas proyek tetapi juga pada anggaran.

Baca Juga:  Manajer Konstruksi VS Manajer Proyek, Ini Perbedaannya!

Sebagai perusahaan konstruksi, Anda harus selalu mengembangkan dan memelihara hubungan positif dengan semua pemasok Anda. Dengan membangun hubungan akrab dan ramah dengan pemasok, akan mudah bagi perusahaan Anda untuk bernegosiasi dan mendapatkan penawaran dan harga yang lebih baik. Selain itu, manajer Anda akan dapat menghitung dan memprediksi waktu pemenuhan pesanan dan proses yang dapat memengaruhi garis waktu dan biaya proyek.

Akan selalu ada situasi yang tidak dapat diprediksi ketika pemasok tidak dapat menyediakan materi tepat waktu. Untuk kasus seperti itu, manajer harus memiliki daftar luas vendor dan pemasok material lain yang akan dapat segera memenuhi permintaan.

Saat ini, permintaan untuk perusahaan konstruksi meningkat, skala dan kompleksitas proyek konstruksi terus meningkat. Perusahaan konstruksi perlu menghilangkan masalah efisiensi mereka sebelum perusahaan yang jauh lebih baru dan lebih kuat dan mengganggu dapat menangkap mereka lengah. Meskipun kompetisi yang bagus selalu membuka ruang untuk perbaikan.

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker