Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Interior

Kitchen Set Tahan Rayap Terbuat Dari Material Apa?

Kitchen Set Tahan Rayap Terbuat Dari Material Apa?. Selama ini material untuk interior khususnya kitchen set banyak menggunakan bahan dari plywood atau MDF. Kendala yang sering dikeluhkan oleh user atau pengguna adalah mudah lapuk dan tidak tahan rayap.

Padahal kitchen set banyak digunakan untuk dapur yang pasti terpapar air. Menurut Manajer TataGriya.com Muhammad Yatari, saat ini tersedia banyak bahan alternatif pengganti plywood yang lebih ramah lingkungan dan tahan lama.

Bahkan di beberapa negara maju penggunaan plywood atau multiplek sudah sangat berkurang. beberapa beralih ke bahan yang lebih tahan lama namun juga ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri material yang awet dan tahan rayap ada yang terbuat dari bahan PVC board, namun sayanagnya masih banyak juga PVC board yang belum bebas timbal sehingga tidak ramah lingkungan.

Baca Juga:  Tujuan Desain Interior, Memperbaiki Fungsi dan Nilai Estetika Ruang

Tata Griya Interior menyarankan untuk membuat Kitchen set tahan rayap ada beberapa Opsi material yaitu:

  • Akrilik, Akrilik banyak dugunakan untuk interior dan dunia advertising, bahannya tahan lama dan mempunyai tampilan yang menarik. Sayangnya akrilik jarang yang mempunyai tebal hingga 1 –  2 cm kalaupun ada harganya sangat mahal.
  • Aluminium, Materialkitchen set dan interior juga bisa menggunakan bahan aluminium. harganya relatif terjangkau dan tahan lama. Sayangnya aluminium kurang fleksibel.
  • PVC Board, PVC board termasuk material papan bangunan yang baru-baru ini mulai populer. PVC Board mulai banyak diterapkan karena mudah dibentuk, awet, dan mempunyai tampilan yang bagus.

untuk mencari material pengganti Plywood atau MDF dengan keunggulan tinggi memang pilihannya ada pada PVC Sheet atau PVC Board. Dari segi ukuran dan bentuk PVC Board mirim dengan plywood. Secara umum berikut ini kelebihan PVC Board:

  • Insulasi suara, penyerap suara, insulasi panas, dan mampu mengontrol panas.
  • Flame retardancy, yaitu tahan api dan aman digunakan.
  • Moistureproof, mouldproof, ketahanan terhadap asam dan alkali.
  • Ringan, penyimpanan dan transportasi mudah.
  • Kinerja jauh lebih baik daripada pemrosesan kayu, merupakan pengganti yang ideal untuk kayu, aluminium, plat komposit.
  • Karakteristiknya mudah digergaji, pengeboran, perencanaan, dipaku, sambungan dan cetakan panas.
  • Dapat digunakan dengan proses pembentukan panas, pembengkokan panas dan lipat.
  • Permukaan halus, kekerasan tinggi, tahan gores, sering digunakan untuk membuat furnitur, dan dapat dicetak.
Baca Juga:  Kitchen Set Tidak Harus Ada Kabinet Atas, Lihat Desain Kitchen Set Ini

Selain itu PVC board banyak digunakan untuk partisi kamar mandi karena kedap air dan mudah diaplikasikan. Diperkirakan penggunaan PVC Board akan mengalami kenaikan signifikan pada masa mendatang.

Komentar

comments

Tags
kitchen set anti rayap kitchen set tahan air kitchen set tahan rayap pvc board pvc sheet

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker