Interior

Dapur Bersih dan Dapur Kotor, Ini Perbedaan dan Fungsinya

Perbedaan Dapur bersih Vs Dapur Kotor Pada Interior

Dapur Bersih dan Dapur Kotor, Ini Perbedaan dan Fungsinya. Jika ada cukup space ruang untuk rumah, banyak pemilik hunian yang membagi fungsi dapur menjadi dua yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Pembagian dapur ini berdasarkan pada fungsinya, namun sebenarnya kita bisa membuat dapur dalam kedua fungsi sekaligus.

untuk tipe rumah dengan luas dibawah tipe 40/45 agak sulit untuk mengatur ruangan dapur menjadi dua. Sehingga biasanya model dapur kotor dan bersih

Perbedaan Dapur bersih dan Dapur Kotor

Dapur bersih cenderung memiliki keunggulan visual yang menawan, perabot dapur yang minimal, dan kebersihan yang terjamin. Dapur jenis ini jauh lebih terjaga dari noda masakan, cipratan minyak, dan tumpukan piring kotor.

Baca Juga:  Desain Kamar Tidur Dinding Bata Ekspose yang Keren

Tipikal dapur ini adalah letaknya di dekat ruang makan atau ruang tamu. Ruangan ini diisi microwave, pemanggang roti, talenan, dan beberapa alat dapur sederhana lain. Fungsi lain dapur bersih adalah untuk menyajikan dan menghangatkan hidangan.

Dapur ini kerap diletakkan di dekat ruang tamu atau ruang makan. Dapur ini dimanfaatkan juga untuk menyimpan piring dan alat makan lainnya yang cantik untuk dipajang.

Istilah dapur kotor digunakan untuk dapur pada umumnya yang mengedepankan fungsinya. Aktivitas dalam dapur ini seperti meracik, mengolah makanan, menyimpan bahan makanan, serta membersihkan peralatan dapur.

Tingginya kemungkinan adanya noda saat memasak di sekitar dapur, maka muncul istilah dapur kotor. Terlebih pada masakan berat orang Asia dengan segala kerumitan teknik memasak dan keragaman bumbunya. Maka tak heran, jenis dapur ini banyak ditemukan di hunian orang Asia daripada yang lain.

Baca Juga:  Gaya Aquascape, ide desain, dan Model Aquascape yang Populer

Dapur kotor terletak di ruang tersendiri yang memiliki akses pembuangan akhir. Biasanya ada pada ruang di ujung hunian yang terpisah dari ruang tidur dan ruang tamu. Perabotan yang besar dan lebih komplit seperti kompor, kulkas, oven, rak penyimpanan alat masak, ada di dapur ini. Tak jarang, area dapur kotor lebih luas.

Dalam prakteknya kita tidak harus memaksakan adanya kedua dapur yang terpisah ini. Justru ada banyak dapur kombinasi dengan desain yang menarik namun juga sangat fungsional.

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker