Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
KonstruksiPertukangan Bangunan

Scaffolding Atau Perancah yang Digunakan Pada Konstruksi

Berbagai Jenis Scaffolding Pada Pekerjaan Konstruksi

Scaffolding atau Perancah adalah struktur sementara untuk mendukung struktur asli serta pekerja menggunakannya sebagai platform untuk melanjutkan pekerjaan konstruksi. Jenis perancah bervariasi dengan jenis pekerjaan konstruksi.

Perancah terbuat dari kayu atau baja yang stabil dan kuat untuk mendukung pekerja dan bahan konstruksi lainnya yang diletakkan di atasnya.

Berikut ini adalah scaffolding yang digunakan untuk kegiatan konstruksi:

  1. Single scaffolding
  2. Double scaffolding
  3. Cantilever scaffolding
  4. Suspended scaffolding
  5. Trestle scaffolding
  6. Steel scaffolding
  7. Patented scaffolding

 

Scaffolding Tunggal

Juga disebut sebagai atau Brick Layers Scaffolding, Single scaffolding sering digunakan dalam pekerjaan batu bata.

Ini terdiri dari satu kerangka kerja standar, buku besar dan menempatkan log yang sementara dibangun sejajar dengan dinding yang sedang dikerjakan, Ini diletakkan sekitar 1,2 meter dari dinding.

Standar, urutan anggota vertikal yang terbuat dari kayu atau bambu, dipasang dengan kuat ke tanah yang sejajar dengan dinding yang sedang dibangun. Mereka ditempatkan pada jarak sekitar 2 hingga 2,5 meter, 1,2 meter dari dinding.

scafolding tunggal

Komponen horizontal longitudinal yang disebut ledger digunakan untuk menghubungkan standar pada interval vertikal sekitar 1,2 hingga 1,5 meter. Buku besar biasanya diikat dengan standar pada setiap kenaikan 4 hingga 5 kaki menggunakan tali.

Kelas komponen lain, putlog, digabungkan ke salah satu ujung perancah pada buku besar, dengan ujung lainnya di lubang yang tersisa di dinding. Putlog diletakkan pada interval antara 1,2 dan 1,5 meter. Putlog juga diikat dengan buku besar menggunakan cambuk tali.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Sertifikat Tenaga Konstruksi dari Kementrian PUPR

Untuk perancah yang ditempatkan pada ketinggian yang sangat tinggi, kawat gigi biasanya diperbaiki untuk dukungan tambahan dan membantu menjaga stabilitas perancah tinggi. Kawat gigi dipasang silang secara diagonal dengan standar dengan penggunaan cambuk tali.

 

Scafolding Ganda

Perancah ganda juga disebut sebagai perancah tukang batu, pada dasarnya karena perancah ini banyak digunakan untuk pekerjaan batu. Jenis perancah ini umumnya lebih kuat dan memberikan dukungan yang lebih baik untuk pekerjaan konstruksi dibandingkan dengan perancah (tunggal) lapisan bata.

Panda berbeda dari perancah tunggal karena memiliki dua baris standar yang dipisahkan oleh buku besar untuk dukungan yang lebih baik. Perhatikan bahwa satu baris standar biasanya dipasang ke tanah dalam hal perancah lapisan bata. Ini dianggap lebih lemah, sehingga membuat perancah ganda menjadi pilihan yang lebih populer untuk banyak pekerjaan konstruksi.

perancah ganda

Baris pertama standar dalam perancah ganda dipasang di dekat dinding sedangkan baris kedua standar ditetapkan sedikit lebih jauh dari dinding pada jarak sekitar 1,5 meter dari baris pertama. Baris standar pertama ditempatkan sekitar 20 hingga 30 cm dari dinding. Untuk membuat perancah lebih kuat dan lebih tahan lama, transom ditempatkan pada buku besar bersama dengan kawat gigi silang.

Karena dua baris standar yang menyentuh tanah maka kerangka kerja ini disebut sebagai perancah ganda.

Baca Juga:  Bata Merah, Memilih Bata Merah Berkualitas untuk Rumah

Sementara salah satu ujung putlog biasanya diperbaiki dalam lubang yang dibuat di dinding jika perancah lapisan bata, putlog tidak diperbaiki dengan dinding dalam perancah ganda. Sebaliknya, putlog didukung pada buku besar di kedua ujung perancah. Dengan cara ini, perancah batu atau ganda sama sekali tidak tergantung pada permukaan dinding. Sama sekali tidak perlu melubangi permukaan dinding.

 

Scaffolding Baja

Ini adalah jenis perancah yang terlihat seperti perancah tukang batu, tetapi bahan bambu atau kayu diganti dengan baja. Hal ini juga dapat sering mengambil bentuk perancah lapisan bata ketika lubang dibuat di permukaan dinding untuk mendukung salah satu ujung perancah.

Ini juga disebut sebagai perancah tubular karena sifat berongga dari logam baja yang digunakan. Masih menggunakan tabung berdiameter 1,5 inci hingga 2,5 inci sebagai pengganti papan kayu dan bambu. Logam diikat menggunakan beberapa bentuk khusus dari pasangan baja bukannya cambuk tali. Mekanisme pengikat di sini terdiri dari mur penyangga yang menahan masing-masing pipa, baut, mur dan ring, serta baji dan klip.

perancah baja

Standar dalam perancah baja berlabuh pada pelat baja persegi atau bundar yang dikenal sebagai pelat dasar dengan pengelasan, alih-alih memasangnya ke tanah. Biasanya, antara setiap dua standar dalam deretan perancah baja adalah celah 2,5 hingga 3 meter.

Standar dihubungkan menggunakan tabung buku pada interval vertikal masing-masing 1,8 meter. Putlog yang digunakan di sini biasanya sepanjang 1,2 hingga 1,8 meter.

Baca Juga:  Decking WPC Vs Decking Kayu, Mana yang Paling Unggul dan Ekonomis?

Perancah baja memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis lainnya, terutama:

  • Kerangka kerja ini dapat didirikan atau dibongkar lebih cepat daripada jenis lain yang dibangun menggunakan kayu.
  • Ini lebih tahan lama daripada sepupunya yang terbuat dari kayu, membuatnya hemat biaya dalam jangka panjang.
  • Perancah baja dapat menahan api lebih baik.
  • Ini kokoh dan lebih kuat, sehingga dapat digunakan untuk ketinggian yang lebih besar.

Salah satu kekurangannya adalah harganya lebih mahal. Membutuhkan tenaga kerja yang lebih terampil dan juga perlu mengecat ulang dari waktu ke waktu untuk menjaga warnanya dan melindunginya dari kerusakan.

 

Scaffolding kantilever

Perancah kantilever. Juga disebut sebagai perancah jarum, perancah kantilever terdiri dari standar yang didukung pada suksesi jarum yang diambil melalui lubang di dinding. Itu bisa tipe tunggal atau ganda.

Perancah kantilever tipe tunggal terdiri dari standar yang didukung pada serangkaian jarum. Perancah kantilever tipe ganda, di sisi lain, memiliki jarum dan balok proyeksi yang menjorok ke lantai melalui celah.

Scaffolding catilever

Perancah jenis ini digunakan ketika tidak ada tanah yang keras untuk mendukung standar, misalnya, ketika Anda perlu pekerjaan konstruksi dilakukan dilakukan di jalan-jalan yang sibuk. Dan dalam kasus di mana pekerjaan konstruksi dilakukan pada ketinggian di atas bangunan bertingkat.

 

Komentar

comments

Tags
harga scaffolding jasa pembuatan scaffolding jenis scaffolding scaffolding scaffolding bekas sewa scaffolding

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker