Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pertukangan Bangunan

Jenis Lantai Olahraga yang Tepat untuk Dalam dan Luar Ruangan

Jenis Lantai Olahraga yang Tepat untuk Dalam dan Luar Ruangan. Dunia atletik sangat beragam tidak hanya karena banyaknya jenis olahraga yang dimainkan, tetapi juga karena berbagai jenis permukaan yang digunakan untuk setiap olahraga. Semua olahraga secara fisik menuntut atlet dan seperti aktivitas fisik lainnya, cedera selalu menjadi perhatian.

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah cedera olahraga adalah untuk memastikan bahwa atlet bermain di jenis lantai olahraga yang tepat dan permukaan baik di dalam maupun di luar ruangan. Jenis lantai olahraga dibuat dengan perawatan khusus untuk memberikan penyerapan goncangan serta permukaan yang cocok untuk setiap olahraga.

Berikut ini adalah panduan lengkap tentang berbagai jenis lantai olahraga yang digunakan untuk aplikasi indoor dan outdoor. Jika Anda masih tidak yakin jenis permukaan olahraga apa yang terbaik untuk fasilitas Anda,

Lantai Olahraga Dalam Ruangan

Ada berbagai jenis olahraga yang dimainkan di dalam ruangan termasuk bola basket, bola voli, gulat, tenis, dan trek, dan beberapa jenis permukaan olahraga dalam ruangan untuk mengakomodasi mereka.

Saat memilih jenis lantai olahraga, Anda harus mempertimbangkan untuk apa fasilitas itu digunakan. Kayu keras cocok untuk gimnasium yang digunakan untuk bola basket dan bola voli, tetapi lapangan di mana olahraga lain dimainkan mungkin lebih baik dengan lantai karet. Berikut ini adalah jenis lantai olahraga dalam ruangan yang paling umum digunakan.

 

  • Lantai Kayu Keras

Ketika banyak orang berpikir tentang lantai olahraga, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah lantai kayu. Lantai kayu seperti Maple adalah jenis lantai olahraga dalam ruangan yang paling umum lantai yang disukai untuk lapangan basket.

Baca Juga:  Self compacting concrete, Inovasi Teknologi Pengecoroan Beton

Jenis lantai ini tahan lama dan estetis, dengan pilihan desain tanpa akhir yang mencakup warna tim dan logo. Sebagian besar lantai olahraga kayu keras memiliki sistem subfloor yang membantu dengan penyerapan goncangan, dan juga dimungkinkan untuk memasang sistem lantai kayu portabel sehingga lantai dapat dengan mudah dilepas dan dipasang kembali.

Satu-satunya kualitas negatif dari lantai olahraga kayu adalah bahwa ia memiliki biaya perawatan yang tinggi dan tidak serbaguna seperti jenis lantai olahraga lain yang dapat menangani berbagai jenis olahraga.

 

  • Lantai Vinyl Sport

Salah satu alasan penggunaan Lantai vinyl sebagai pelapis lantai pada lantai olahraga, adalah untuk memberikan keseimbangan dan kenyamanan pada setiap olahragawan dalam beraktifitas di atas lapangan. Sifat permukaan vinyl yang anti slip,terbukti membantu menjaga tingkat keselamatan yang lebih baik bagi setiap atlet.

Tinggginya berbagai kegiatan yang berlangsung di atas lapangan olahraga seperti  berlari,meloncat,berguling, bisa saja mengakibatkan terjadinya cedera dan luka. lapisan lantai vinyl Olahraga modern yang anti bakteri mampu mencegah terjadinya infeksi pada luka hal ini tentu mengurangi resiko cedera luka yang lebih berbahaya.

Aturan tentang Lantai olahraga sebenarnya telah memiliki suatu acuan standar minimum yang di haruskan. Hal ini diatur oleh asosiasi dunia yang menaungi bidang olahraga tersebut. Berbagai macam kriteria di cek dan di uji  oleh mereka untuk menentukan kelayakan penggunaan, daya tahan pakai, keselamatan atlit dan kesetaraan kualitas produk yang dapat dipergunakan oleh atlet dari seluruh negara.

  • Lantai Atletik Poliuretan
Baca Juga:  Beton Self Healing, Beton yang Bisa Menyembuhkan diri dari Kerusakan

Polyurethane adalah salah satu jenis lantai atletik dalam ruangan yang paling tahan lama karena dapat menangani dampak berat dari atlet dan peralatan.  Polyurethane adalah satu-satunya jenis lantai olahraga yang benar-benar mulus. Jenis lantai ini umum  di lapangan dan fasilitas serba guna lainnya di mana beberapa jenis olahraga dimainkan. Lantai poliuretan juga sangat dapat disesuaikan untuk semua jenis gym, fasilitas, atau pusat kebugaran.

 

  • Lantai Karet Daur Ulang

Lantai karet daur ulang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, tetapi sangat ideal sebagai lantai untuk pelatihan dan pusat kebugaran. Lantai jenis ini adalah salah satu lantai atletik yang paling ekonomis dan juga sangat tahan lama, mudah dirawat, tahan air dan noda, menyerap goncangan, dan memiliki penampilan yang mulus.

 

  • Lantai Karet Vulkanisir

Lantai atletik karet divulkanisir adalah salah satu lantai olahraga dalam ruangan yang paling tahan lama dan berkinerja tinggi di industri. Terdiri dari beberapa lapisan untuk memberikan kenyamanan maksimum dan serapan goncangan untuk berbagai penggunaan mulai dari lantai ruang berat hingga lapangan multi-guna.

Lapisan atas sangat tahan slip, anti mikroba, tidak berpori, dan mudah dirawat sementara lapisan bawahnya memberikan daya serap dan stabilitas guncangan maksimum. Karet yang divulkanisir juga dapat menahan kompresi dan alat berat lainnya.

 

Lantai Luar Ruangan

Banyak olahraga termasuk baseball, sepak bola, sepak bola, lintasan dan lapangan, lacrosse, tenis, dan lainnya dimainkan di luar ruangan dan mereka masing-masing membutuhkan permukaan bermain yang sesuai.

Baca Juga:  Kegunaan Besi Siku, Mempunyai Daya Support Terbaik

Permukaan olahraga luar ruangan harus cukup tahan lama untuk menahan unsur-unsur, serta kegiatan olahraga, untuk terus memberikan traksi dan serapan goncangan. Dua jenis permukaan atletik luar yang digunakan adalah permukaan lintasan dan lapangan dan rumput sintetis.

 

  • Track dan Lapangan

Permukaan track sering dibuat dari bahan karet daur ulang yang memberikan daya cengkeram dan daya serap yang sangat baik untuk menghindari cedera umum pada kaki, kaki, dan pergelangan kaki.

Permukaan track juga dirancang untuk mengalirkan air hujan secara efektif agar permukaan tetap kering dan aman. Karet vulkanisir untuk trek aman, tahan lama, konsisten, dan mudah dirawat. Mereka juga ramah lingkungan karena sering dibuat dari bahan daur ulang yang bebas dari CFC dan zat berbahaya lainnya, dan permukaan ini sendiri dapat didaur ulang.

 

  • Rumput Sintesis

Lebih banyak sekolah dan fasilitas olahraga telah menggunakan rumput buatan untuk permukaan mereka karena mereka meniru tampilan nuansa rumput alami tanpa pemeliharaan yang diperlukan untuk permukaan rumput alami.

Permukaan rumput sintetis terdiri dari serat filamen yang tahan lama untuk menciptakan kembali tampilan dan nuansa rumput, serta pengisi karet untuk bertindak sebagai “kotoran” dan memberikan daya serap dan stabilitas guncangan. Permukaan ini telah menjadi sangat umum untuk sepak bola, sepak bola, bisbol, dan olahraga lain yang secara tradisional dimainkan di permukaan rumput alami.

 

Komentar

comments

Tags
Jenis Lantai Olahraga jenis lantai sport lantai lapangan basket lantai untuk gym lantai untuk lapangan voly

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker