Pertukangan BangunanTips & Trik

Cara Memilih Pasir Bangunan untuk Proyek Konstruksi

Cara memilih pasir bangunan untuk proyek konstruksi mempunyai peran penting dalam sebuah pembangunan. Pasir bangunan adalah agregat yang baik untuk campuran konsentrat, rata-rata berukuran antara 150 mikron hingga 4.75mm. Pasir yang berkualitas mempunyai kriteria(grade) tertentu sesuai dengan penggunaannya.

Tentu untuk mengetahui dan memilih pasir bangunan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konstruksi ada beberapa cara sederhana yang tidak perlu membawa sampel ke laboratorium, karena hal tersebut kurang praktis pada saat di lapangan. Untuk pembangunan skala kecil seperti rumah dan lain-lain tes laboratorium untuk kemurnian pasir tidak terlalu diperlukan.

Berikut dua cara yang dapat dilakukan dalam memilih pasir bangunan saat berada di lapangan(on-site).

Mengambil pasir dengan telapak tangan yang basah.

Dengan cara ini pasir bangunan yang berkualitas baik tidak akan menempel di telapak, tapi jika pasir yang mengandung lebih banyak lumpur akan menempel di telapak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kadar lumpur yang tercampur dalam pasir bangunan.

Baca Juga:  Cara Membuat Kolam Renang di Halaman Belakang Rumah

memilih-pasir-bangunan-dengan-telapak-tangan

Melihat secara kasat mata dengan teliti pasir bangunan.

Pasir bangunan harus bersih dari kotoran organic dan non-organik, seperti:plastik, dan kotoran hewan yang mengendap dipasir. Hal ini sering luput dari perhatian karena umumnya setelah pasir disaring tidak diperiksa kembali.

memilih-pasir-bangunan-dengan-melihat-konstruksi

Jika pasir bangunan terlalu banyak konsentrat lumpur(clay) hal tersebut sangat mempengaruhi kekuatan bangunan. Sedangkan endapan(silt) jumlahnya dapat dikira-kira sekitar delapan persen dari total seluruh pasir yang akan dipakai, karena untuk jenis pasir sungai umumnya tidak mungkin untuk mendapatkan pasir murni, selalu bercampur endapan, namun jumlahnya dapat dikontrol sehingga tidak mempengaruhi performa kekuatan bangunan.

Dua cara diatas jika sering dan terus-menerus dilakukan sebelum menggunakan pasir bangunan akan meningkatkan sensitifitas dan insting. Sehingga kedepan hanya dengan melihat dan meraba pasir yang akan digunakan saja sudah dapat diketahui seberapa baik kualitasnya.

Baca Juga:  Panduan Membeli Power Tools Peralatan Pertukangan

Komentar

comments

Tags
cara memilih pasir bangunan pasir bangunan pasir bangunan konstruksi tips memilih pasir bangunan

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker