Tips & Trik

Tabung Gas Bocor? Jangan Panik, Segera lakukan Ini

Mengatasi Tabung Gas Bocor

Tabung Gas Bocor? Jangan Panik, Segera lakukan Ini. Kebocoran tabung gas menjadi salah satu masalah utama dan paling banyak terjadi, meskipun hal ini sudah coba diantisipasi dengan penggunaan regulator yang terbilang aman.

Tak tanggung-tanggung, kebocoran tabung gas ini bisa saja menimbulkan masalah, bahkan kebakaran dalam skala yang besar. Hindari masalah kebocoran tabung gas dengan langkah yang tepat, sehingga berbagai masalah tidak perlu terjadi di rumah Anda.

Tidak perlu panik, sebab kepanikan Anda bahkan bisa saja membuat tak bisa berpikir jernih. Tetaplah tenang dan lakukan langkah tepat untuk mengatasi kebocoran gas dengan segera.

Tindakan Saat tabung Gas Bocor

  • Segera Cabut Regulator dari Tabung Gas
Baca Juga:  Memilih Genset untuk Back Up Listrik Rumah dan Kantor

Ketika sudah mencium aroma gas bocor segeralah untuk melepaskan regulator dari tabung gasnya. Untuk melepaskan regulatornya lakukan dengan hati – hati dan pastikan regulator tercabut dengan sempurna, agar tidak memicu kebocoran gas yang lebih parah.

  • Hindari Kontak Listrik dan Api

Jika tabung gas bocor hindari kontak langsung dengan listrik dan api. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas.

  • Buka Jendela atau Ventilasi dan Bawa Tabung Keluar Ruangan

Ketika gas mengalami kebocoran, gas akan menyebar dengan cepat di area dapur, hal ini mengharuskan kamu membuka ventilasi udara di dapur. Buka jendela atau ventilasi dengan lebar agar udara bersih masuk dan gas keluar. Apabila diperlukan lepaskan regulator dari tabung gas dan bawa tabung gas keluar ruangan.

  • Tutup Tabung dengan Kain Basah
Baca Juga:  Taman Indoor, Bagaimana cara membuat taman dalam ruangan?

Ketika gas mengalami kebocoran ada kemungkinan terdapat percikan api kecil yang timbul. Jika hal ini terjadi Sahabat harus tetap tenang dan segera ambil kain basah untuk menutup tabung gas dan memadamkan api. Selain untuk memadamkan api, kain basah juga akan menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas.

  • Alat Pemadam Api Ringan

Mengalami tabung bocor dirumah memang membuat kita menjadi was – was, oleh karena itu sebaiknya Sahabat menyediakan alat pemadam api ringan yang sesuai dengan ukuran ruang masing – masing.

 

Panduan membeli Gas

  • Pertama sebelum membeli perhatikan kondisi tabung gas. Mulai dari kondisi fisik tidak penyok dan segelnya belum terlepas.
  • Kedua Ketika akan memasang regulator perhatikan juga selang, cicin karet dan posisi pemasangan regulator. Untuk mencegah kebocoran gas cek bagian selang regulator minimal 1 bulan sekali dan jangan lupa untuk mengganti selang regulator kompor secara berkala sesuai dengan kondisi selang regulatornya.
  • Ketiga cek posisi tabung gas. Posisi yang baik adalah ketika tabung gas berdiri tegak agar regulator dapat mengunci dengan baik dan tidak mudah bergerak.
Baca Juga:  Beragam Keretakan Dinding dan Cara Mengatasinya

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker