Tips & Trik

Tips Agar Terhindar dari Kontraktor Atap Baja Ringan Nakal

Tips Agar Terhindar dari Kontraktor Atap Baja Ringan Nakal. Saat ini untuk melakukan pembangunan atau renovasi rumah, owner harus jeli dalam melihat spek barang maupun kontrak yang akan dibuat dengan pihak kontraktor. Persaingan ketat dalam dunia bisnis konstruksi telah membuat beberapa kontraktor meanwarkan harga yang sangat murah bahkan di luar kewajaran.

Saat ini beragam informasi dan spek barang bahan bangunan termasuk baja ringan atau galvalum sangat mudah ditemukan. bahkan sebelum melakukan pemesanan kepada kontraktor ada baiknya anda mendatangi suplier yang menjual baja ringan dan tanyalh detil tentang spek yang bagus dan sistem pemasangannya, ini bisa diginakan sebagai pembanding dengan pihak kontraktor.

Baca Juga:  Memasang Atap Baja Ringan, Panduan Teknis Terbaru

cara memasang atap baja ringan

Beberapa kontraktor nakal membuat modus yang bisa merugikan konsumen, berikut ini biasanya modus yang digunakan :

1. Menggunakan baja ringan yang tipis / murah
Biasanya mereka akan melihat-lihat kelemahan pemilik rumah. Bila memungkinkan maka akan menggunakan matreal yang tipis semua, bila tidak maka akan meng oplos matreal yang tebal dan tipis.

2. Menaikkan volume atap.
Selain mengoplos untuk menutupi harga/m yang murah maka volumenya akan dinaikkan. Misalkan yang seharusnya 90m, di hitung 120m dll.

3. Jarak antar kuda-kuda di renggangkan.
Jarak kuda-kuda yang seharusnya max 1.2m di naikkan menjadi 1.4 atau 1.5m.

 

Tips menghindari penipuan pemasangan rangka atap baja ringan :

1. Minta Sample bahan yang akan dipasang
Ada baiknya anda meminta sample dan membandingkan dari 2 sales yang berbeda. Secara manual di tekan dengan tangan akan terasa mana yang lebih kaku dan lembek. Pastikan matreal yang dikirim sesuai.

Baca Juga:  Panduan Menggunakan Mesin Router dan Profile untuk Pemula Agar Aman

2. Tanyakan jarak kuda2 yang akan dipasangkan.
Jarak setandar kuda-kuda adalah 1.2m. Jangan sampai melebihi jarak tersebut.

3. Tanyakan Perkiraan volumenya.
Untuk menghindari akal-akalan volume dapat meminta opsi opname ulang setelah dipasang.

4. Minta RAB (Rencana Anggaran Biaya).
Untuk merinci biaya apa saja yang akan dikenakan maka mintalah RAB ini. Agar tidak ada selisih paham antar anda dan pihak aplikator.

5. Garansi.
Untuk anda yang memasang melalui sales, cobalah untuk menghubungi kantor yang tertera di kartu nama. Atau jika kurang yakin coba cari di internet nama kantor tersebut apakah alamat dan no telp sesuai. Agar anda dapat menghubungi kembali bila ada pemasangan yang tidak sesuai. Sebagai konsumen alangkah baiknya jika ikut menambah pengetahuan tentang beragam material karena ini bisa mencegah kerugian properti Anda.

Baca Juga:  Memasang HPL Dinding, Berikut Ini Panduannya

 

Source: agenbajaringan.com

Kata Kunci:

atap baja ringan,vektor atap baja ringan

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker