Pertukangan BangunanTips & Trik

Cara menghitung kebutuhan keramik lantai bangunan.

Lima langkah cara menghitung kebutuhan keramik lantai bangunan baik hunian rumah ataupun bangunan lainnya merupakan hal wajib dan penting sebelum memulai pemasangan. Dengan menghitung kebutuhan keramik lantai diawal akan menghemat biaya dan menghindari kesalahan perhitungan atau prediksi kebutuhan keramik.

Mengukur Panjang Bidang Pemasangan.

Mengukur panjang bidang, jika dalam ruangan pemasangan terdapat hambatan semisal tiang beton, maka menghitungnya dapat dibagi per bagian.

Mengukur Lebar Bidang Pemasangan.

Sama halnya seperti mengukur panjang bidang, apabila ada hambatan maka menghitungnya dapat dibagi menjadi perbagian.

cara-menghitung-luas-bidang

Menghitung Luas Bidang Pemasangan.

Setelah perhitungan panjang dan lebar bidang, kemudian didapatkan luas bangunan dengan mengalikan pannjang dan lebar bidang. Jika ruangan mempunyai panjang 300cm dan lebar 300cm maka luasnya adalah 90.000cm atau 9M2

Baca Juga:  Cacat Pada Plester Dinding, Penyebab Cacat Plesteran Dinding

Menghitung Kebutuhan Keramik

Umumnya keramik lantai dijual dalam 1 box yang terdiri dari beberapa buah keramik. Cara untuk menentukan jumlah yang dibutuhkan adalah dengan membagi ukuran per keramik dibagi total luas bidang pemasangan. Contoh, apabila dalam satu box terdiri dari 10 keramik berukuran 60cmx60cm maka untuk bidang 9M2 diatas membutuhkan 25 buah keramik atau 3 box. Kelebihan keramik tentunya memiliki manfaat dari pada kekurangan jumlah keramik.

cara-menghitung-kelebihan-keramik

Menghitung Kelebihan Penggunaan Keramik

Kelebihan keramik dapat digunakan sebagai cadangan saat ada salah potong, retak sewaktu dipotong dan lain sebagainya terutama untuk mengantisipasi apabila ukuran dan motif keramik sulit didapatkan. Jika sudah begitu maka apabila kekurangan keramik tentunya susah untuk mendapatkan, dan otomatis biaya pemasangan juga membengkak. Sehingga kelebihan keramik mempunyai manfaat yang cukup signifikan.

Baca Juga:  Engsel Pintu, Berbagai Jenis Engsel, Cara Pasang dan Perawatannya

Namun tentunya kelebihan ini haruslah terukur. Cara agar kelebihan keramik terukur dan tidak membuang-buang biaya adalah dengan mengalikan luas bidang pemasangan dikali 10%. Jika total luas 9M2(90.000cm) maka 90.000 dikali 10% = 9000cm. Jika keramik berukuran 60x60cm maka kelebihan keramik yang terukur adalah 3 buah keramik. Jadi dengan pembelian 3 box(30 buah) akan kelebihan 5 buah keramik. Dan tentunya hal tesebut lebih dari cukup.

Kata Kunci:

keramik lantai

Komentar

comments

Tags
cara menghitung biaya lantai keramik cara menghitung keramik lantai 40x40 cara menghitung keramik lantai 60x60

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker