Pertukangan Bangunan

Pengeringan Beton, Berapa Lama Bisa Kita Lewati?

Berapa Lama pengeringan beton dan Bisa Kita Lewati?. Terkadang kita harus merenovasi halaman depan maupun halaman belakang entah untuk proses pengerasan atau sedang membuat jalan dari beton cor. Setelah selesai pengecoran kita akan mengira-ngira kapan beton akan mengering dan bisa untuk dilewati.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi proses pengeringan beton. Namun secara umum beton bisa mulai kita lewati setelah 24. Namun sebaiknya diatas beton kita berikan beberapa papan untuk menghindari telapak kaki atau sepatu membekas pada beton. Beberapa hal yang memperngaruhi pengeringan beton adalah:

 

Pengeringan Beton: Komposisi Air

Air adalah bagian besar dari pembuatan beton. Anda harus mengikuti rasio yang direkomendasikan produsen agar Anda tidak mendapatkan campuran yang terlalu berair atau terlalu kering.

Jika campuran beton memiliki terlalu banyak air, kita akan mendapatkan campuran berair yang membutuhkan waktu lebih lama untuk kering.

Di sisi lain, jika memiliki terlalu sedikit air, beton akan cepat kering dan tidak akan sekuat atau tahan lama seperti yang diinginkan.

Baca Juga:  Mengenal Berbagai Jenis Semen dan Kegunaanya

 

Pengeeingan Beton: Temperatur Suhu dan Angin

Suhu panas memungkinkan waktu pengeringan lebih cepat karena penguapan air lebih cepat. Angin juga bisa mempercepat waktu pengeringan.

 

Namun, yang lebih penting adalah bahwa campuran beton itu sendiri tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Mengeringkan beton dengan benar untuk mencapai kekuatan yang diinginkan. Akan lebih baik jika beton di tutup terpal agar tdk cepat mengering.

 

Pengeringan Beton: Komposisi

Hal terakhir yang mempengaruhi waktu pengaturan adalah campuran beton. Itu juga tergantung pada merek atau kandungan kimia dari campuran tersebut.

Bahkan saat ini ada additive atau bahan tambahan untuk proses pengeringan beton apakah ingin cepat atau lambat. Hal ini untuk memenuhi beragam kebutuhan secara spesifik.

 

Kesiapan Beton Berdasar Waktu

24 jam

Setelah 24 jam, beton akan padat. Namun, itu tidak akan mencapai kekuatan penuhnya. Masih akan cenderung meninggalkan bekas jejak jika diinjak. Kerusakan pada tahap ini akan menjadi permanen.

Baca Juga:  WPC, Wood Plastic Composite Sebagai Material Pengganti Kayu

Kami menyarankan Anda untuk tetap menjaga beton selama waktu ini. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda juga harus menjauhkan mereka dari beton.

 

48 jam

Setelah 48 jam, beton mungkin cukup keras untuk Anda lewati. Namun, kami menyarankan agar Anda tidak mengizinkan bersepeda, mengemudi, scooting, skateboard, dan mainan lainnya di atas beton.

Untuk mengemudi, Anda mungkin harus menunggu 4 minggu sebelum Anda dapat berkendara di atas beton tanpa menyebabkannya patah, retak, atau meninggalkan bekas.

 

1 minggu

Setelah 1 minggu, Anda dapat berkendara di beton baru Anda. Ini akan cukup sulit untuk dikendarai tetapi hindari ujung dan sudut karena mereka masih rentan untuk patah. Hindari penyaradan dan benda tajam juga.

 

1 bulan

Satu bulan setelahnya, beton baru Anda hampir mencapai kekuatan dan kekerasan optimalnya. Anda dapat kembali ke kehidupan sehari-hari dan tidak mengkhawatirkannya lagi.

Apa yang terjadi jika beton mengering terlalu cepat?

Jika beton mengering terlalu cepat, beton tidak akan sekuat dan tahan lama seperti yang diinginkan. Cracking sering terjadi, tetapi ketika air menguap terlalu cepat, ia memiliki kemungkinan retak yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Beton Prategang (Pratekan), Keunggulan dan Pembuatan Beton Pratekan

Temperatur ekstrem memainkan peran besar dalam hal ini. Hal-hal seperti selimut beton yang akan membantu mengeringkan beton Anda dengan benar dalam kondisi panas atau dingin.

Tips lain untuk hasil yang bagus
Campurkan beton Anda dengan benar, mengikuti rekomendasi rasio air.
Untuk mengetahui berapa banyak beton yang Anda butuhkan, Anda perlu tahu seberapa besar area tersebut.

Periksa cuaca sebelum Anda mengerjakan proyek Anda. Hindari suhu ekstrim untuk memungkinkan beton Anda untuk menyembuhkan dengan benar.

Kata Kunci:

peluran /rambatan jalan boleh dilewati berapa hari,berapa hari cor dak redymix bisa dibuka,berapa hari cor boleh di pakai,berapa hari cor beton kering,berapa hari beton kering,berapa hari bekisting bisa dilepas,berapa hari bekesting dak bisa di buka,berapa hari baru lepas semen pada tangan patah,berapa hari acian lantai kering diinjak,Waktu tunggu keeing setelah pengecoran jembatan dg semen

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker