Kelistrikan dan ElektronikaPLTS dan Turbin Angin

Menghitung Kebutuhan Panel Surya untuk Rumah Tangga

Menghitung kebutuhan panel surya untuk rumah tangga didasarkan pada kebutuhan energi listrik rata-rata sehari.

Untuk mengetahui penggunaan energi listrik rata-rata, periksa tagihan listrik bulanan selama 12 bulan terakhir. Lihat jumlah total killowatt-jam (kWh) yang digunakan setiap bulan. Jumlahkan angka seluruh kWh kemudian dibagi 12 untuk mendapatkan rata-rata.

Hasil penghitungan diatas tentu tidak sama antara satu keluarga dengan keluarga lainnya, tergantung pada seberapa besar hunian, seberapa banyak anggota keluarga yang tinggal di dalamnya, serta peralatan listrik yang dimiliki dan seberapa efisien penggunaan alat hemat energi.

Berapa banyak panel surya yang dibutuhkan untuk rumah tangga?

Jumlah daya (kWh) yang dapat dihasilkan oleh sistem panel surya tergantung pada jumlah panel surya yang dapat menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik.

Baca Juga:  Tipe Sistem Daya Panel Surya untuk gedung komersial

Menghitung Kebutuhan Panel Surya untuk Rumah Tangga berapa banyak

untuk menentukan sendiri ukuran sistem tenaga surya sesuai dengan keadaan konsumsi energi listrik perbulan, dan berapa banyak panel surya yang dibutuhkan, maka hal dibawah ini perlu diperhatikan:

  • Berapa banyak biaya yang dialokasikan.
  • Seberapa banyak konsumsi listrik rata-rata perbulan.

Ukuran sistem tenaga surya biasanya digambarkan oleh “peak output” PV (dalam Watt atau kW) yaitu berapa banyak listrik yang akan dihasilkan pada hari yang cerah sempurna, ketika matahari cerah tak berawan. Sehingga, panel surya 5kW akan menghasilkan peak output 5kW atau 5000W.

Jika sistem panel surya 250W, ukurannya (kapasitas) akan menjadi 20 x 250W = 5000W puncak. Nilai energi listrik diukur dalam “kiloWatts” (kW). Watt adalah ukuran dasar daya listrik, dan kilo berarti 1000 sehingga 1 kW = 1000 Watt.

Baca Juga:  Power Inverter, Pengubah Listrik Baterai (DC) Menjadi Listrik Rumah Tangga (AC)

Patut diperhatikan dalam penghitungan kebutuhan panel surya adalah sistem panel surya berukuran 1kW hanya akan memberi daya 1kW selama beberapa jam sehari, dan jika itu adalah hari yang cerah. Artinya, untuk sebuah panel surya 1kW tidak secara terus menerus selama 24 jam memnghasilkan daya 1000watt.

Jika dalam perhitungan sederhana kebutuhan listrik sehari-hari adalah sebesar 16kWh, cek dahulu berapa rata-rata energi yang dihasilkan di hunian, misal dalam lingkungan tersebut rata-rata panel surya menghasilkan 4.2 kWh. Setelah itu barulah 16kWh dibagi 4.2kWh hasilnya adalah 3.8kW. Artinya untuk kebutuhan energi listrik perhari 16kWh membutuhkan sistem panel surya 3.8kW.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami