KonstruksiPertukangan Bangunan

Peralatan Bangunan yang Wajib Dimiliki Kontraktor

Jenis Peralatan Bangunan yang Penting

Peralatan Bangunan yang Wajib Dimiliki Kontraktor. Setiap kontraktor bangunan harus memiliki satu set alat yang lengkap untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebagian besar alat penting adalah basic dan tidak memerlukan investasi yang signifikan. Beberapa peralatan khusus lebih mahal dan layak investasi hanya jika alat diperlukan secara teratur. Kalau tidak, mungkin paling hemat biaya untuk menyewa barang tertentu saat dibutuhkan.

Screed (Perata) Beton

Screed adalah pipa yang panjang, lurus, kaku, atau papan yang digunakan untuk menghaluskan dan meratakan beton basah segera setelah dituang. Screed tersedia dalam berbagai ukuran dan bahkan bisa spesifik untuk proyek, seperti yang digunakan untuk membangun jembatan beton. Untuk screeding tangan, screed harus lebih panjang dari lebar bentuk beton sehingga dapat naik di sepanjang tepi atas formulir saat beton diratakan.

Screed Perata beton

Untuk banyak pekerjaan yang lebih kecil, seperti trotoar, garasi dan pelat jalan, dan teras, potongan kayu lurus yang sederhana, biasanya 2 x 4, cukup sebagai screed. Ada juga screed komersial yang tersedia, yang sering merupakan “papan” aluminium dengan bentuk yang mirip dengan 2 x 4. Mereka dijual dalam ukuran yang umum digunakan, seperti 6 kaki, 8, kaki, 10 kaki, dll. Beberapa screed komersial datang dengan vial leveling yang melekat padanya untuk memudahkan level level ketika screeding dilakukan.

 

Alat Pelindung Diri

Pekerjaan beton dapat menuntut fisik dan terkadang berbahaya, dan praktik keselamatan di tempat kerja yang tepat membutuhkan penggunaan alat pelindung:

  • Pelindung mata sangat penting bagi setiap pekerja yang menangani pencampuran dan penuangan beton. Semen Portland dalam beton sangat keras dan dapat membakar mata.
  • Pelindung pendengaran harus selalu dikenakan ketika gergaji listrik, pemadat pelat, mixer listrik, atau perkakas listrik lainnya beroperasi.
  • Perlindungan pernapasan harus digunakan selama pembongkaran atau saat menuangkan kerikil atau pasir untuk mencegah inhalasi kapur semen dan partikel debu.
Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Keramik, Granit, dan Aksesoris Lantai

 

Sarung Tangan Karet

Sarung tangan karet selalu dibutuhkan saat memegang beton. Beton mengandung bahan kimia dan campuran yang dapat mengiritasi kulit. Semen dalam beton menarik kelembaban dari kulit dan dapat menyebabkan kerusakan yang luas dari waktu ke waktu. Bahkan ada kasus pekerja seumur hidup yang membutuhkan amputasi setelah bertahun-tahun menangani beton dengan kulit yang tidak terlindungi. Menurut OSHA, masalah kulit adalah penyebab utama hilangnya waktu kerja bagi pekerja beton.

Sarung tangan kelas-kontraktor untuk pekerjaan beton datang dalam banyak jenis, dengan beberapa menawarkan fleksibilitas maksimum dan yang lainnya dirancang untuk ketahanan tusukan maksimum. Bahan berkisar dari lateks alami padat atau lateks sintetis (neoprene) hingga campuran kapas karet atau kain nilon. Untuk bekerja di cuaca dingin, Anda bahkan dapat membeli sarung tangan karet berlapis bulu.

 

Sepatu Boot Karet

Sepatu boot karet memastikan Anda siap melangkah ke beton kapan saja. Mereka memungkinkan Anda untuk bekerja sambil berdiri di beton dan pada saat yang sama melindungi Anda dari iritasi kulit.

Penting bagi pekerja beton untuk memilih alas kaki yang tidak hanya kedap air dan tahan terhadap bahan kimia, tetapi juga nyaman dipakai. Pekerja beton sering menghabiskan berjam-jam setiap hari di sepatu bot mereka, jadi pemilihan harus sama hati-hati dengan sepatu bot kulit berkualitas. Pros menyarankan bahwa sepatu bot karet harus memiliki jari-jari kaki baja untuk keselamatan dan atasan serut yang menyegel sepatu bot di sekitar betis Anda untuk mencegah beton masuk.

 

Peralatan bangunan: Gerobak Dorong

Gerobak diperlukan untuk memindahkan sejumlah kecil beton atau membawa alat di sekitar lokasi. Mereka juga berguna untuk mengambil sampel beton untuk tes kemerosotan atau penilaian lainnya.

Baca Juga:  Cacat Pada Plester Dinding, Penyebab Cacat Plesteran Dinding

gerobak beton

Gerobak dorong untuk pekerjaan beton harus menjadi alat tugas berat dengan ban pneumatik yang kokoh yang dapat menahan beban berat dan tugas konstan yang diperlukan di lokasi kerja. Baki yang terbuat dari baja atau poli berat adalah tipikal, dengan kapasitas 6 hingga 8 kaki kubik.

 

Peralatan Bangunan: Mixer Beton Portabel (Molen Beton)

Mixer portabel atau Molen merupakan peralatan bangunan yang memungkinkan Anda untuk mencampur beton dalam jumlah kecil di lokasi kerja. Mixer berguna untuk tuang yang terlalu kecil untuk menjamin pesanan campuran siap saji, tetapi lebih besar dari apa yang bisa Anda campur dengan mudah di gerobak dorong atau bak pencampur.

Mixer portabel datang dalam berbagai ukuran, mulai dari unit yang pas di belakang truk pickup hingga yang dapat ditarik ke lokasi kerja. Kedua model bertenaga listrik dan gas tersedia.

 

Peralatan Bangunan: Sekop

Sekop sangat penting untuk memindahkan sejumlah kecil beton di sekitar tuangkan untuk mengisi kekosongan atau depresi dan untuk mencapai area yang sulit dijangkau. Sekop juga dibutuhkan di tangan untuk menghilangkan kelebihan beton dari bentuk yang terlalu banyak. Sebagian besar kontraktor beton menggunakan shovel ujung persegi daripada versi taman tipe bulat.

 

Peralatan Bangunan: Laser Level

Level laser sekarang menjadi alat standar (dan lebih disukai) untuk meratakan bentuk dan mengatur ketinggiannya. Mereka juga berguna untuk membangun atau memeriksa ketinggian potongan tertanam, seperti baut dan jangkar lainnya.

laser level

Level laser mengirimkan sinar cahaya untuk memberikan level lurus atau garis tegak lurus. Tidak seperti garis tali tradisional, garis laser tidak pernah menghalangi, dan itu bisa tetap benar dalam jarak jauh.

 

Gergaji Beton dan Gerinda

Berbagai gergaji listrik biasa digunakan di lokasi kerja bangunan dan beton. Gergaji beton digunakan dalam pembongkaran dan penghapusan beton lama dan kadang-kadang digunakan untuk memotong sendi kontrol beton mengeras.

Baca Juga:  Konstruksi Drainase yang Tepat untuk Rumah dan Hunian

gergaji beton peralatan bangunan penting

Penting saat menggunakan gergaji beton adalah pisau diamond berkualitas baik yang dirancang untuk memotong beton. Gergaji kayu portabel standar, seperti gergaji bundar dan gergaji mitra, diperlukan untuk memotong bagian-bagian untuk bentuk kayu.

Gergaji reciprocating atau gergaji pemotong dengan pisau pemotong logam digunakan untuk memotong rebar atau bahan penguat logam lainnya.

 

Kompaktor Beton dan Vibrator

Kompaktor adalah alat bermotor besar yang digunakan untuk memadatkan permukaan granular, seperti kerikil atau dasar pasir, untuk membuat permukaan padat dan padat agar pelat beton dapat digunakan. Mereka paling berguna pada tanah yang tidak rata atau tidak stabil, di mana penting untuk mencapai dasar yang stabil untuk menuangkan beton.

Vibrator digunakan untuk mengendapkan dan memadatkan beton selama penuangan atau saat beton sedang selesai. Tujuannya adalah untuk mengguncang beton basah dan menghilangkan kantong udara sehingga pelat atau fondasi menjadi lebih padat. Ada empat jenis dasar vibrator beton:

  • Internal (juga disebut jarum atau poker): termasuk probe bergetar yang direndam dalam beton basah
  • Formulir: menempel pada bagian luar bentuk beton untuk membuat getaran yang menghilangkan rongga di sepanjang tepi formulir
  • Permukaan: menempel pada screed untuk menggetarkan permukaan beton selama screeding
    Tabel: memiliki meja logam bergetar untuk beton bergetar di dalam cetakan

 

Bor Standar dan Bor Hammer

Banyak pekerjaan yang berat membutuhkan penggunaan bor listrik dan palu rotari tingkat kontraktor. Baik yang bertenaga listrik dgn kabel dan bertenaga baterai sekarang tersedia. Bor sangat penting untuk banyak tugas finishing, seperti pemasangan tiang dan pagar untuk menuangkan langkah-langkah, atau menempelkan pelat ambang dan tiang ke fondasi.

Kata Kunci:

tukang gerobak bangunan

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker