Pertukangan BangunanTips & Trik

Jenis Lantai Vinyl, Memilih Lantai Vinyl Untuk Rumah dan Kantor

Jenis Lantai Vinyl, Cara Pemasangan dan Perawatannya

Jenis Lantai Vinyl, Tips dan Panduan Memilih Lantai Vinyl Untuk Rumah dan Kantor. Saat ini pilihan material lantai semakin inovatif dan bervariasi. Selain lantai keramik, granit, dan lantai kayu, vynil juga semakin diminati.

Vynil mempunyai beragam motif dan aplikasi. Mulai bentuk serat kayu, bentuk granit, dan juga warna-warna solid. vynil juga ada yang dibuat dengan anti bacterial yang ditujukan untuk rumah sakit atau klinik.

Vinyl merupakan material yang terdiri dari tiga lapisan utama yaitu compact layer, glass fiber dan printing layer. Lapisan paling luar adalah UV Coated Wear Layer. Lapisan ini memberikan kesan mengkilap dan terkesan licin. Umumnya material vinyl tersedia dalam ketebalan 2 mm tetapi ada juga tipe atau merek tertentu yang mempunyai tebal lebih tipis (misal 1,6 mm, 1,8 mm) atau lebih tebal (misal 2,5 mm, 2,8 mm, 3,0 mm).

vinyl biasa digunakan pada bangunan rumah sakit, pabrik, gudang, sekolah dan sarana olah raga, serta jenis bangunan yang lain tetapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada lantai rumah tinggal.

Vinyl mempunyai berbagai macam spesifikasi antara lain: anti-bacterial, antistatic, antichemical, moving load resistant, anti slip, heavy duty, dan lain-lain.

Beberapa alasan mengapa menggunakan vinyl, diantaranya :

  1. Material lantai vinyl bersifat elastis, ringan dan dapat meredam suara.
  2. Material lantai vinyl mempunyai ketahanan yang baik, kuat dan tidak mudah robek.
  3. Ruangan terkesan lebih bersih, karena lantai vinyl umumnya tidak menggunakan nat dan plintnya berbentuk kurva, sehingga meminimalisir debu yang bersarang di nat lantai maupun sudut ruangan.
  4. Karena aplikasinya hanya ditempel, maka proses pemasangannya termasuk mudah, selain itu jika bosan dengan motifnya juga tidak sulit untuk dibongkar pasang dengan yang baru.
Baca Juga:  Akrilik, Aplikasi Akrilik untuk Interior, Eksterior, Serta kelebihan Akrilik

Anda akan kami arahkan untuk mendapatkan pilihan produk lantai vinyl yang tepat, ada beberapa hal untuk Anda pertimbangkan sebelum Anda menentukan pilihan.

 

Ketahanan Slip dan Ketebalan

Sebagian besar produk vinyl sudah dilengkapi dengan lapisan anti-slip, sehingga memudahkan Anda untuk mecari produk vinyl yang tidak licin. Atau, dapat ditambahkan karpet pada lantai baru Anda.

Ketebalan lantai vinyl sangat lembut dan hangat, ini akan terasa di telapak kaki jika Anda menggunakan vinyl, terutama bila dibandingkan dengan lantai berbahan ubin. Pilihan ketebalan vinyl dimulai dari 1 mm sampai dengan 4.5 mm.

Lantai yang tebal juga memiliki fungsi untuk mengisolasi suara yang lebih baik,  sehingga vinyl sangat cocok untuk ruang anak karena dapat meredam suara saat anak-anak sedang bermain. Selain itu, vinyl pada umumnya memiliki keunggulan tidak perlu menggunakan dasar. Dan jika permukaan lantai Anda sudah rata dan halus, lantai vinyl akan terasa nyaman saat di pijak.

 

Cara Pemasangan

Pemasangan vinyl dilakukan setelah proses screed perataan lantai dalam keadaan keras, kering dan tidak lembab,  rata dan tidak bergelombang.

 

Perawatan Jenis Lantai Vinyl

Perawatan vinyl terbilang cukup mudah, hanya perlu dibersihkan dari debu dengan cara dipel setiap hari dengan air bersih atau menggunakan vacuum cleaner. Selain itu jika permukaan lantai kotor perlu dipoles ulang dengan obat polish khusus sebulan sekali, tetapi untuk kondisi normal cukup tiga bulan sekali.

Apabila terkena cairan berwarna seperti sirop atau kopi, harus segera dibersihkan dengan kain pel atau tissue untuk menghindari bercak permanen pada lantai vinyl.

 

harga lantai vynil bentuk roll
lantai vynil bentuk roll

Tipe dan Jenis Lantai Vinyl

  • Jenis Vinyl Plank

Parket Vinyl plank adalah jenis vinyl dengan bentuk persegi panjang. Dimensi yang biasanya dimiliki oleh jenis vinyl ini adalah lebar berkisar antara 10 – 20 cm dan panjang berkisar antara 90 – 100 cm. Vinyl ini banyak dikenal dengan sebutan parket vinyl karena bentuknya yang menyerupai parket.

Teknik pemasangan karpet ini pun sangat mirip dengan parket, yaitu dengan sistem susun bata. Kami menyediakan berbagai jenis Parket vinyl plank dari beberapa merek ternama yang umumnya dengan motif kayu.

  • Jenis Lantai Vinyl Tile

vinyl tile adalah jenis vinyl yang berbentuk menyerupai keramik. Bentuk vinyl tile ini persegi dengan ukuran yang bervariasi. Walaupun bentuknya yang menyerupai keramik. Pemasangan vinyl ini tidak menggunakan nat seperti pada keramik.

Vinyl ini dipasang dengan sangat rapat sehingga sambungan antara vinyl yang satu dengan vinyl yang lain tidak akan tampak. Ketebalan vinyl ini pun bervariasi, untuk vinyl yang lebih tipis disarankan untuk meratakan media aplikasi terlebih dahulu.

vinyl tile memiliki banyak macam ukuran. Produk yang kami pasarkan memiliki 2 jenis ukuran yaitu 30 cm x 30 cm dan 45 cm x 45 cm. Ukuran tersebut menyerupai ukuran keramik, tapi pada teknik pemasangannya cukup jauh berbeda.

Lantai vinyl tile dipasang tidak menggunakan semen, melainkan menggunakan lem. Pemasangannya pun dapat divariasikan, mulai dari menyusun secara susun lurus, susun bata atau susun selang seling horizontal dan vertikal.

  • Jenis Lantai Vinyl Roll

Karpet vinyl roll adalah jenis vinyl gulungan yang menyerupai karpet. Perbedaannya adalah pada material dasarnya. Karpet pada umumnya memiliki bahan dasar cotton atau nylon, sedangkan karpet vinyl memilki bahan dasar PVC. Karpet vinyl tidak berbulu, melainkan memiliki permukaan solid yang halus dan kasar.

Vinyl roll pada umunya memiliki lebar 2 meter dan panjang antara 20 – 25 meter untuk setiap gulungnya. Pemasangan vinyl roll hampir sama dengan karpet pada umunya, yaitu digelar dan dipotong sesuai bentuk ruangan.

Anda dapat menemukan motif kayu, motif marmer, motif granit dan motif polos pada jenis vinyl ini. Karena motifnya yang begitu banyak, vinyl ini sangat cocok untuk berbagai kebutuhan.

Kata Kunci:

trik tukang bangunan,https://www builder id/lantai-vynil-tips-dan-panduan-memilih-lantai-vynil-untuk-rumah-dan-kantor/,lantai vinyl bisakah ditempel pada semen,lantay ago kantor,tips memilih vinyl,vYnil

Baca Juga:  Rayap di Rumah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Rayap

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker