Tips & Trik

Membasmi Kecoa yang Sering Berkeliaran di Dalam Rumah

Membasmi Kecoa yang Sering Berkeliaran di Dalam Rumah. Mungkin kita sering melihat kecoa yang keluar masuk dan berjalan-jalan di dalam rumah kita. kecoa yang berkeliaran bebas bukan cuma mengganggu pemandangan dalam rumah, tapi jugga berpotensi menyebarkan bibit penyakit.

Kecoa merupakan salah satu binatang yang menyukai tempat lembab, keluar masuk tempat saluran air sehingga berpotensi menyebarkan bibit penyakit di dalam rumah. Meskipun beberapa kali kita mencoba membersihkan rumah namun kecoa seringkali tetap datang mengganggu.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membasmi kecoa, yaitu

 

Membasmi Kecoa dengan Preventif dan Kebersihan

  • Singkirkan makanan hewan peliharaan Anda jika memungkinkan. Kecoak dan hama lainnya dapat hidup dari makanan tersebut. Jika memungkinkan, aturlah waktu makan untuk anjing atau kucing piaraan Anda, sehingga makanan tersebut dapat segera dihabiskan dan dibersihkan setelahnya.
  • Selalu simpan makanan di dalam kulkas jika memungkinkan. Jika tidak, simpanlah makanan tersebut dalam wadah kedap udara.
  • Gunakan tong sampah yang berpenutup rapat. Tong sampah dan tumpukan kompos yang terbuka dapat mengundang, menjadi sumber makanan, dan menciptakan hama yang lebih banyak. Buanglah sampah secara teratur setiap hari selama kecoak masih berkeliaran.
  • Bersihkan area di sekitar rumah dan halaman Anda. Kecoak tinggal di tempat-tempat yang jarang dibersihkan dan tidak tersentuh.

    • Lakukan daur ulang atas koran dan wadah makanan setiap minggu. Pastikan wadah daur ulang Anda memiliki penutup yang rapat.
    • Singkirkan kardus-kardus bekas. Kardus ini dapat menjadi tempat yang digemari kecoak untuk bersembunyi.

     

  • Temukan genangan air yang terdapat baik di dalam maupun luar rumah. Mangkuk air hewan peliharaan, terpal, gelas-gelas air, piring tanaman, tempat mandi burung, dan tempat penampung air hujan dapat menjadi tempat yang mengundang bagi kecoak untuk berkembang biak.

    • Berikan penutup untuk tempat penampungan air. Balik tempat mandi burung, pot, dan tempat penampungan lainnya selama musim hujan.

     

  • Bersihkan dapur dengan baik menggunakan disinfektan. Pastikan Anda juga membersihkan peralatan dapur seperti pemanggang roti, mesin pemroses makanan, blender, panggangan, dan area-area lain tempat sisa-sisa makanan dapat terjebak.

 

Membasmi Kecoa dengan Pestisida Alami

  • Tentukan letak dimana sarang-sarang kecoak berada. Hal ini dapat membantu Anda menyingkirkan masalah kecoak secara cepat dan tepat pada sasaran.
  • Tuangkan 0,4-0,9 liter cuka putih sulingan ke dalam semua saluran air Anda termasuk mesin pencuci piring, bak mandi, toilet, dan juga wastafel.
  • Tuangkan beberapa sdm cairan sabun cuci piring ke dalam kolam renang apabila Anda melihat kerumunan hama. Matikan pompa kolam Anda.

    • Biarkan mereka mati dan mengapung ke atas permukaan. Singkirkan mereka menggunakan jaring kolam beberapa jam kemudian. Hidupkan kembali pompa kolam Anda.

     

  • Buatlah campuran bubuk dari gula halus dan soda kue dengan perbandingan 1:1. Taburkan sedikit demi sedikit pada area kerumunan kecoak. Biarkan sampai mereka mati dan bersihkan setelahnya.

 

membasmi kecoa dengan mencegah dan menggunakan pestisida alami kauh lebih baik untuk kesehatan keluarga. namun jika cara-cara alami masih belum mampu mengusir kecoa. Anda bisa menggunakan bahan kimia atau pestisida untuk mengusir kecoa dari rumah Anda.

Komentar

comments

Baca Juga:  Lantai Vinyl, Panduan Membeli Lantai Vinyl dan Cara Memasang Lantai Vinyl
Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker