Pertukangan Bangunan

Memasang Atap Baja Ringan, Panduan Teknis Terbaru

Teknik Merakit Rangka Atap Baja Ringan Standar SNI

Teknik dan Panduan Memasang Rangka Atap Baja Ringan. Konstruksi atap pada bangunan sangatkah penting. Atap pada bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya terhadap pengaruh panas, debu, hujan, angin atau untuk keperluan perlindungan.

Walaupun atap itu ringan, pengaruh luar terhadap konstruksi dan penutupnya baik terhadap suhu (sinar matahari), cuaca (air hujan dan kelembaban udara), serta keamanan terhahap gaya horizontal (angin dan gempa) dan kebakaran harus tetap dijamin.

Atap dapat dikatakan berkualitas jika strukturnya kuat/kokoh dan awet/tahan lama. Faktor iklim menjadi bahan pertimbangan penting dalam merancang bentuk dan konstruksi atap/bangunan.

Keberadaan atap pada rumah sangat penting mengingat fungsinya seperti payung yang melindungi seisi rumah dari gangguan cuaca (panas,hujan dan angin). Oleh karena itu, sebuah atap harus benar-benar kokoh/kuat dan kekuatannya tergantung pada struktur pendukung atap.

Dengan konstruksi baja ringan yang kuat dan benar akan mampu menopang beban yang berada di atas pada atap rumah. Dalam pemasangan konstruksi baja ringan untuk atap rumah akan dikerjakan oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidang pemasangan rangka atap baja ringan yang dilengkapi dengan perhitungan-perhitungan yang matang untuk setiap sisi pemasangan.

Galvalum merupakan produk rangka atap baja ringan yang terbuat dari bahan baja mutu tinggi yang dilapisi dengan Zinc-Aluminium atau Zinc Coated (Galvanized), sehingga selain kuat juga tahan terhadap segala cuaca, tahan karat dan anti rayap.

Pemasangan rangka atap baja ringan harus dilakukan secara cermat dan mengikuti standar serta prosedur yang telah ditentukan. Berikut beberapa persyaratan teknis yang harus dipenuhi.

  • Tidak boleh ada kerusakan lapisan pelindung pada baja ringan.
  • Rangka atap dipasang tegak lurus terhadap tumpuannya (ring balk)
  • Ikatan rangka atap dan ring balk harus diperkuat dengan baut angkur (dynabolt).
  • Puncak kuda-kuda (apex) harus sama tinggi dan nok terpasang rata.
  • Kemiringan rangka atap harus sama rata (tidak boleh bergelombang).
  • Tidak boleh terjadi kesalahan pengerjaan yang menyebabkan perubahan bentuk.
Baca Juga:  Keramik Motif Kayu, Panduan Sebelum Membeli Keramik Lantai Kayu

Teknik Proses Perakitan dan Memasang Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan didudukkan langsung di atas tumpuan (ring balk). Namun dalam kondisi tertentu, jika tumpuan tidak rata, maka rangka atap dapat didudukkan di atas wall platesebagai perantara. Pemasangan melalui tahapan persiapan, perakitan kuda-kuda, pemeriksaan tumpuan, dan peletakan kuda-kuda serta kelengkapannya.

Hal-hal yang harus disiapkan sebelum pemasangan ialah  gambar rencana atap yang menjelaskan letak kuda-kuda. Serta peralatan kerja (meteran, waterpass atau unting-unting, mesin potong, mesin bor sekaligus obeng, alat penyiku, palu).

Cara memasang baja ringan
Cara memasang baja ringan

Sedangkan bahan yang dibutuhkan tentu saja baja ringan (sesuai kebutuhan). Sebaiknya disiapkan juga peralatan keselamatan kerja (sarung tangan, kacamata, helm, sepatu kerja) agar peroses pengerjaan berlangsung dengan aman.

  • Merakit & Memasang Rangka Atap Baja Ringan

Jika tidak dibuat di pabrik, rangka atap dapat dirakit sendiri di lokasi. Prosesnya, pertama harus diukur panjang dan lebar bidang yang hendak ditutup atap dan mengetahui kemiringan atap. Ukuran digunakan sebagai patokan untuk menentukan panjang batang baja ringan pada kuda-kuda, meliputi batang luar atas atau sisi miring (top chord), batang luar bawah (bottom chord), dan batang dalam atau pengaku (web).

Spesifikasi baja ringan harus sesuai standar yang disarankan produsen. Setelah dipotong, batang-batang dirakit menjadi kuda-kuda sesuai bentang dan rencana bentuk atap. Bentuk standar kuda-kuda baja ringan bisa berupa segitiga utuh (untuk atap pelana atau limas), segitiga terpancung dan segitiga kecil.

cara memasang baja ringan
cara memasang baja ringan

Perakitan kuda-kuda idealnya dilakukan di area terbuka yang rata dan kering, bisa di bawah atau di atas (misal, diletakkan pada dak beton). Agar kekuatan dan kestabilan rangka atap terjamin, sambungan batang-batang baja harus digunakan baut khusus yang terbuat dari baja bermutu tinggi dan anti karat.

  • Pemeriksaan kerataan tumpuan dan pemberian tanda

Sebelum pemasangan, rangka atap yang telah dirakit perlu diperiksa lagi – pakah bidang tumpuan (ring balk)sudah rata dan siku. Harus dipastikan pula ikatan antara ring balk dan kolom di bawahnya sudah seberapa kuat.  Kemudian lakukan pengukuran untuk menentukan titik peletakan kuda-kuda sesuai gambar rencana, dan menandainya. Idealnya jarak maksimum antar kuda-kuda (as-as) adalah 1,2 meter.

  • Pemasangan rangka atap pada tumpuan

Setelah tumpuan siap, kuda-kuda yang telah dirakit dapat diangkat dan didudukkan pada tumpuan. Pengangkatan harus dilakukan secara hati-hati agar rakitan tidak rusak, dan dengan arah hadap serta posisi kanan-kiri yang tepat. Kuda-kuda didudukkan pada ring balk, tepatnya pada titik tumpuan (pitching point) sesuai tanda.

Harus dipastikan kuda-kuda telah berada pada posisi yang tepat dan tegak lurus terhadap ring balk. Selanjutnya kuda-kuda dan tumpuan disatukan dengan plat L (L bracket). Untuk sambungan kuda-kuda dan plat L digunakan sekrup. Sedangkan untuk penyatuan plat L dan ring balk digunakan baut angkur (dynabolt). L bracket dapat digunakan produk pabrik atau dibuat sendiri dari profil C.

metode pemasangan atap baja ringan
metode pemasangan atap baja ringan

Setelah kuda-kuda pertama terpasang, dilanjutkan dengan pemasangan kuda-kuda berikutnya, sesuai gambar rencana dan pada tumpuan yang telah ditandai. Selanjutnya harus diperiksa semua puncak kuda-kuda (apex) telah sama tinggi agar nantinya balok nok terpasang rata.

 

  • Pemasangan balok nok, pengaku, dan kelengkapan lain

Setelah dipastikan tinggi puncak kuda-kuda sama dan kemiringan rata, dipasang kelengkapan rangka atap, dimulai dari balok nok yang menghubungkan puncak kuda-kuda. Untuk menjamin kekuatan struktur harus dipasang batang pengaku (bracing) sebagai pengikat antar kuda-kuda (pada bagian bawah, tengah, diagonal, dan dekat dinding).

Selanjutnya dipasang kelengkapan lain berupa kasau atau usuk (rafter), reng (roof batten), dan talang jurai. Aluminium foil, jika ada, dipasang di antara kuda-kuda atau kasau dan reng dengan cara dijepit, dipaku atau disekrup.Jarak reng disesuaikan dengan jenis penutup atap yang hendak digunakan.

Pemeriksaan akhir dilakukan untuk memastikan rangka atap baja ringan telah terpasang dengan benar. Kesamaan kemiringan atap, kelurusan reng, ketepatan jurai, dan sebagainya. Jika sudah penutup atap yang dipilih (genting keramik, genting beton, genting metal, dan sebagainya) dapat dipasang sesuai prosedur. Lalu dilanjutkan dengan penutupan nok, pembuatan list plank, dan pekerjaan akhir lain.

Demikian ulasan tentang pemasangan rangka atap baja ringan dengan teliti agar atap kuat dan tidak berpotensi roboh. rangka atap baja ringan memang lebih mudah dan cepat dipasang. Namun butuh ketelitian dan kehati-hatian agar tidak berakibat fatal. Selamat mencoba.

Kata Kunci:

cara memasang baja ringan ke tembok,cara pasang baja ringan sendiri,cara pasang baja ringan,cara memasang rangka baja ringan,cara memasang usuk yang terbuat dari baja ringan,cara memasang atap dengan baja ringan,cara cara memasang atap rangka besih,cara buat kuda kuda baja ringan langsung diatas balok,unduh video cara menyambung baja ringan lurus,baut angkur bandsaw

Baca Juga:  Jenis Palu Atau Martil Dalam Pertukangan Kayu dan Konstruksi

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker