Pertukangan Bangunan

Baja Sebagai Bahan Konstruksi, Kelebihan & Kelemahannya

Kelebihan Baja Sebagai Material Konstruksi Proyek

Baja Sebagai Bahan Konstruksi Bangunan dan Properti. Dewasa ini banyak bangunan dan gedung bertingkat yang menggunakan baja semakin penyangga properti. Baja merupakan bahan yang mempunyai sifat struktur yang baik. Baja mempunyai kekuatan yang tinggi dan sama kuat pada kekuatan tarik maupun tekan.

Berat jenis baja tinggi, tetapi perbandingan antara kekuatan terhadap beratnya juga tinggi sehingga komponen baja tersebut tidak terlalu berat jika dihubungkan dengan kapasitas muat bebannya, selama bentuk-bentuk struktur yang digunakan menjamin bahwa bahan tersebut dipergunakan secara efisien.

Sifat-sifat baja dapat dipengaruhi oleh campuran logam yang lain. Campuran logam itu dapat menambah kekokohan, kekerasan, keuletan regangan, kekuatan daya pikul, daya tahan karat, dan lain-lain. Namun demikian, campuran logam tertentu dapat pula mengurangi daya kekuatan pikul, daya tahan suhu tinggi, keuletan, regangan, dan sebagainya.

Baca Juga:  Mengenal Batu Kapur Limestone Atau Calcium Carbonate di Dunia Konstruksi

Baja sebagai bahan konstruksi terutama digunakan sebagai struktur utama yang meliputi batang tarik, batang tekan, dan batang lentur. Batang tarik adalah batang-batang dari struktur yang dapat menahan pembebanan tarik yang bekerja searah dengan sumbu batang.

Batang tarik umumnya terdapat pada struktur baja sebagai batang pada elemen struktur penggantung, rangka batang, seperti: jembatan, atap dan menara. Selain itu, batang tarik sering berupa batang sekunder seperti batang untuk pengaku sistem lantai rangka batang atau untuk penumpu antara system dinding berusuk (bracing).

Batang tekan adalah batang-batang dari struktur yang dapat menahan beban tekan aksial yang searah dengan sumbu batang. Pada struktur baja terdapat 2 macam batang tekan, yaitu: kolom dan bagian rangka batang yang memikul gaya tekan.

Batang lentur adalah batang struktur yang menahan baban transversal atau beban yang tegak lurus sumbu batang. Menurut Ariestadi, Dian, 2008, batang-batang lentur pada struktur yang biasanya disebut gelagar atau balok bisa dikategorikan sebagai berikut:

  • Joist: adalah susunan gelagar-gelagar dengan jarak yang cukup dekat antara satu dan yang lainnya, dan biasanya berfungsi untuk menahan lantai atau atap bangunan
  • Lintel: adalah balok yang membujur pada tembok yang biasanya berfungsi untuk menahan beban yang ada di atas bukaan-bukaan dinding seperti pintu atau jendela
  • Balok spandrel: adalah balok yang mendukung dinding luar bangunan yang dalam beberapa hal dapat juga menahan sebagian beban lantai
  • Girder: adalah susunan gelagar-gelagar yang biasanya terdiri dari kombinasi balok besar (induk) dan balok yang lebih kecil (anak balok)
  • Gelagar tunggal atau balok tunggal.
Baca Juga:  Kegunaan Besi Siku, Mempunyai Daya Support Terbaik

 

Kelebihan Baja Konstruksi

Keuntungan-keuntungan penggunaan baja sebagai bahan bangunan, antara lain adalah:

  • Proses pemasangan di lapangan berlangsung dengan cepat.
  • Dapat di las.
  • Komponen-komponen struktumya bisa digunakan lagi untuk keperluan lainnya.
  • Komponen-komponen yang sudah tidak dapat digunakan lagi masih mempunyai nilai sebagai besi tua.
  • Struktur yang dihasilkan bersifat permanen dengan cara pemeliharaan yang tidak terlalu sukar.

Masa pakai bahan bangunan baja sangat dipengaruhi oleh pencegahan terhadap korosi. Pencegahan korosi dapat dibedakan sebagai berikut:

Pencegahan terhadap korosi secara non-logam:

  • dicat dengan oli atau dengan gemuk;
  • dicat;
  • dilapisi dengan bahan sintetis; atau
  • dilapisi dengan email.

Pencegahan terhadap korosi secara logam:

  • menyepuh/melapisi dengan seng (Zn), timah (Sn), emas (Au), atau perak (Ag);
  • melapisi secara galvanis dengan seng (Zn), krom (Cr), nikel (Ni), atau kadmium; atau
  • oksidasi (khusus aluminium).
Baca Juga:  Beton Prategang (Pratekan), Keunggulan dan Pembuatan Beton Pratekan

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami