Pertukangan Bangunan

Cara Memoles Granit dan Marmer Top Table Secara Detail

Cara Memoles Granit dan Marmer Top Table Secara Detail. Granit dan dan marmer banyak digunakan sebagai top table (atas meja) baik meja makan maupun kitchen set. Granit dan marmer disukai karena memberi kesan yang mewah dan natural. Selain itu, Granit dan marmer terkenal dengan ketangguhannya sehingga mempunyai masa pakai yang panjang.

Ada beragam jenis marmer dan granit yang sering digunakan untuk top table diantaranya jenis granit hitam yang sangat populer. Granit bersumber dari alam, diekplorasi melalui proses penambangan dengan menggunakan teknologi yang sangat rumit karena terletak jauh dibawah permukaan bumi. Prosedur utamanya adalah sebagai berikut:

  • Proses penambangan, menghasilkan batu blok, sebagai bahan baku pembuatan slabs
  • Proses cutting, batu granit berbentuk blok dipotong dengan mesin pemotong khusus yang disebut Mesin Gangsaw, setelah proses pemotongan akan menghasilkan bentuk granit slabs
  • Proses polishing, granit slabs akan melalui proses polishing dengan menggunakan mesin poles dan melalui tahapan pemolesan dari tingkat paling kasar hingga paling halus dan hasil akhirnya menjadi granit slabs dengan permukaan yang mengkilap.
  • Proses akhir dari permukaan slabs granit bisa disesuaikan dengan keinginan, misalkan permukaan kilap, dop atau honed, leather finish, sandblast dan flammed atau dikenal dengan granit bakar.
Baca Juga:  Cara Memilih Papan Gipsum yang Berkualitas
alat poles granit dan marmer
Pads sebagai alat poles granit dan marmer

Cara Memoles Granit dan Marmer dari Batuan Kasar

Kali ini kami akan memberikan tips dan cara memoles marmer dan granit dari material yang masih kasar. Berikut ini adalah langkah detilnya:

  1. Siapkan mesin poles dengan tingkat putar yang rendah, jika menggunakan gerinda gunakan yang mempunyai variable speed (kecepatannya bisa di rubah) gunakan kecepatan yang rendah.
  2. Gunakan alat keselamatan yang standar yaitu kaca mata, sarung tangan latex, dan masker.
  3. Pasang Polishing Pads dengan Grit #50 dan jalankan mesin poles dengan perperakan yang pelan, jangan lupa membasahi permukaan granit atau marmer dengan air secukupnya. Lakukan pemolesan sampai terlihat textur batuan yang stabil.
  4. Ganti Polishing Pad dengan grit #80 lakukan seperti langkah diatas, lanjutkan dengan grit #150, #300, # 500, #800, #1000, dan #2000
  5. Setelah melewati polishing pad grit #2000 granit dan marmer sudah nampak mengkilap seperti cermin jika dirasa masih kurang lanjutkan dengan Grit #3000.
  6. Bersihkan dengan lap setengah basah seluruh permukaan granit atau marmer.
  7. untuk menghindari perubahan warna akibat tumpahan minyak, kopi, atau bahan kimia lainnya sebaikany permukaan top table granit dikunci dengan coating. Bahan coating banyak dijual di toko bangunan dan toko online, aplikasikan sesuai petunjuk yang tersedia dalam kemasan.
  8. Selain di coating biasanya juga dilakukan kristalisasi dengan cairan kimia sehingga nampak lebih mengkilat.
Baca Juga:  Dinding Semen Ekspos: Murah, Menarik, dan Kian Digandrungi

untuk lebih detail caranya silahkan tonton video cara memoles granit di bawah ini:

Demikian cara memoles Granit dan marmer, catatan penting yang harus dilakukan adalah jika untuk top table yang bersentukan dengan makanan gunakanlah bahan coating yang ramah lingkungan dan tidak mengandung racun timbal.

 

Kata Kunci:

cara memoles granit,cara memoles batu granit,cara memoles granit sendiri,amplas granit,cara moles marmer,amplas granit atau marmer,alat yang digunakan dalam proses polishing marmer,cara finishing granit,table set garden dari beton,cara memoles g

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker